Kesehatan

13 Juni 2021

Berapa Kadar Kolesterol Normal Wanita dan Pria? Simak Berikut Ini

Cari tahu kadar kolesterol normal pada pria dan wanita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kadar kolesterol normal dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, berat badan, dan jenis kelamin.

Seiring waktu, tubuh seseorang cenderung menghasilkan lebih banyak kolesterol, artinya semua orang dewasa harus memeriksa kadar kolesterolnya secara teratur, idealnya setiap 4 hingga 6 tahun.

Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak yang diproduksi secara alami oleh hati. Zat ini sangat penting untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Kolesterol tidak larut dalam air, sehingga tidak dapat berpindah melalui darah. Untuk membantu mengangkut kolesterol, hati akan memproduksi lipoprotein.

Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein. Mereka membawa kolesterol dan trigliserida melalui aliran darah. Dua bentuk utama lipoprotein adalah lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Kolesterol normal terjadi jika darah tidak banyak mengandung LDL. Jika ini terjadi, tubuh akan berisiko mengalami masalah kesehatan, termasuk serangan jantung atau stroke.

Sayangnya, saat kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Itulah mengapa penting untuk memeriksakan kadar kolesterol secara teratur.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Jenis Kelamin

Kolesterol normal pria dan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Jurnal StatPearls menjelaskan tingkat kolesterol berperan penting dalam proses penyakit kardiovaskular. Kadar kolesterol dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk usia dan jenis kelamin.

Total kolesterol normal seseorang di bawah 19 adalah kurang dari 170 mg/dL, Non-HDL kurang dari 120mg/dL, LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL 45 mg/dL.

Sementara itu, angka ini akan berubah sesuai dengan pertambahan usia dan jenis kelamin lho Moms. Berikut kadar kolesterol normal berdasarkan gender dan usia yang perlu Moms ketahui.

1. Kolesterol Normal Pria

Medlineplus menjelaskan total kolesterol normal pada pria berusia di atas 20 tahun adalah 125 hingga 200 mg/dL.

Sementara tipe kolesterol normal Non-HDL kurang dari 130mg/dL, LDL kurang dari 100mg/dL dan HDL 40 mg/dL atau lebih. Penting untuk memeriksakan kolesterol untuk menjaga Kesehatan.

2. Kolesterol Normal Wanita

Sementara itu, total kolesterol normal pada wanita tidak berbeda dengan pria, yaitu 125 hingga 200 mg/dL. Untuk kadar jenis kolesterol Non-HDL kurang dari 130 mg/dL, LDL kurang dari 110 mg/dL dan HDL 50mg/dL atau lebih.

Baca juga: Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

Penyebab Kadar Kolesterol Meningkat

Penyebab kolesterol tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Konsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Faktor gaya hidup lain, seperto merokok atau tidak berolahraga juga bisa berkontribusi pada peningkatan kolesterol.

Selain itu, faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Gen tertentu menginstruksikan tubuh tentang cara memproses kolesterol dan lemak. Jika orang tua memiliki kolesterol tinggi, Moms berisiko lebih tinggi akan memiliki kondisi yang sama

Dalam kasus yang jarang terjadi, kolesterol tinggi disebabkan oleh hiperkolesterolemia familial. Kelainan genetik ini mencegah tubuh Anda menghilangkan LDL.

Menurut National Human Genome Research Institute, kebanyakan orang dewasa dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol total di atas 300 mg / dL dan kadar LDL di atas 200 mg / dL.

Kondisi kesehatan lain, seperti diabetes dan hipotiroidisme, juga dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan komplikasi terkait.

Baca juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dari Hidangan Bersantan

Faktor Risiko Kolesterol Tinggi

Faktor penyebab kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Kadar kolesterol akan meningkat jika Moms memiliki kondisi seperti obesitas atau kelebihan berat badan, makan tidak sehat, jarang berolahraga, perokok aktif, penderita diabetes, penyakit ginjal.

Selain itu kolesterol tinggi juga bisa menyerang dari segala usia, jenis kelamin, dan etnis. Penting untuk Moms selalu menjaga makanan dan rajin berolahraga, sehingga tidak ada peningkatan jumlah kolesterol di dalam tubuh.

Baca juga: Apa Dampak Kolesterol Tinggi Pada Anak?

Komplikasi Kolesterol Tinggi

kolesterol normal

Foto: Orami Photo Stock

Jika tidak ditangani, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Seiring waktu, plak ini bisa mempersempit arteri atau disebut sebagai aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah kondisi yang serius. Kondisi ini dapat membatasi aliran darah melalui arteri. Selain itu, kondisi ini juga meningkatkan risiko mengembangkan pembekuan darah yang berbahaya.

Aterosklerosis dapat menyebabkan banyak komplikasi yang mengancam jiwa, seperti stroke, serangan jantung, angina (nyeri dada), tekanan darah tinggi, penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit ginjal kronis.

Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan empedu, meningkatkan risiko batu empedu.

Baca juga: Kolesterol Tinggi Sebabkan Asam Urat, Benarkah?

Cara Mengetahui Perubahan Kadar Kolesterol Normal

kolesterol normal

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mengukur kadar kolesterol, dokter akan menggunakan tes darah sederhana. Pemeriksaan ini dikenal sebagai panel lipid atau pemeriksaan lipid lengkap.

Mereka dapat menggunakannya untuk menilai kadar kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida yang ada di dalam tubuh.

Untuk melakukan tes ini, dokter atau ahli kesehatan lainnya akan mengambil sampel darah. Mereka akan mengirim sampel ini ke lab untuk dianalisis.

Ketika hasil tes tersedia, mereka akan memberi tahu jika kadar kolesterol atau trigliserida Moms terlalu tinggi.

Untuk mempersiapkan tes ini, dokter mungkin meminta Moms untuk menghindari makan atau minum apapun setidaknya 12 jam sebelumnya. Pelajari lebih lanjut tentang menguji kadar kolesterol Anda.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Kolesterol tanpa Obat, Catat!

Cara Menurunkan Kolesterol di Dalam Tubuh

Bahaya Kolesterol Tinggi, Berikut Adalah 4 Penyakit Berat yang Disebabkan Keadaan Ini.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika memiliki kolesterol tinggi, dokter mungkin merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk membantu menurunkannya.

Misalnya, mereka mungkin merekomendasikan perubahan pada diet, kebiasaan olahraga, atau aspek lain dari rutinitas harian. Jika Moms perokok, kemungkinan besar dokter akan menyarankan untuk berhenti.

Dokter mungkin juga meresepkan obat atau perawatan lain untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Moms. Beberapa kasus, mungkin akan disarankan untuk mengalami pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: 5 Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol, Ampuh!

Tips Menjaga Kolesterol Normal

Tips menjaga kadar kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Gaya hidup sehat merupakan salah satu cara menjaga kolesterol normal di dalam tubuh. Moms dapat melakukan kegiatan olahraga dan menjaga asupan makanan sehari-hari. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak lho Moms.

Karena anak-anak yang tidak banyak bergerak dan kelebihan berat badan yang mengonsumsi makanan tinggi olahan kemungkinan besar memiliki kolesterol tinggi. Anak-anak yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi juga berisiko.

Secara umum, semakin dini orang dewasa menjalani gaya hidup sehat, semakin baik kadar kolesterolnya. Kadar kolesterol normal akan meningkat seiring waktu.

Perubahan gaya hidup yang tiba-tiba pada akhirnya akan membantu, tetapi semakin tua usia seseorang, semakin sedikit dampak yang akan mereka lihat pada kadar kolesterol.

Semua orang dewasa harus tetap aktif dan mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur.

Wanita yang mengalami menopause dan orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi mungkin ingin mempertimbangkan pengobatan yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol lebih cepat daripada diet saja.

Kolesterol tinggi pada usia berapa pun menempatkan seseorang pada risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Risiko ini hanya meningkat seiring waktu, terutama untuk orang dewasa yang tidak mengambil tindakan untuk mengurangi penumpukan kolesterol mereka.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat Dalam Waktu Cepat

Makanan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Kolesterol Berlebih

kolesterol normal

Foto: Orami Photo Stock

Produk hewani, seperti daging, telur dan susu merupakan jenis makanan yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sehingga dokter akan menyarankan Moms untuk mengganti makanan ini saat kadar kolesterol Moms di atas normal.

Jika tidak ingin kolesterol terus bertambah, Moms dapat menghindari atau mengurangi jenis makanan tersebut. Menurut ahli, konsumsi daging merah sebaiknya satu kali dalam seminggu, sehingga risiko kelebihan kolesterol tidak akan terjadi.

Baca juga: 10 Makanan Pantangan Kolesterol yang Bisa Perburuk Kondisi Kesehatan

Demikian penjelasan mengenai kolesterol normal dan cara menjaganya. Semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://www.healthline.com/health/high-cholesterol#highcholesterol-foods
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/315900#treatment-options
  • https://medlineplus.gov/cholesterollevelswhatyouneedtoknow.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait