Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
01 Agustus 2022

15 Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Tempe bisa membantu mengurangi kadar kolesterol lho, Moms
15 Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Manfaat tempe memang tak bisa lagi ditampik. Makanan khas Indonesia ini pun sedap untuk disantap dan diolah dengan berbagai macam cara.

Jika dibandingkan dengan daging, harga tempe jauh lebih murah. Jadi, Moms tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Namun, untuk urusan nutrisi, tempe juga mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), per 100 gram penyajian tempe Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi, seperti:

  • Air: 55,3 gram
  • Kalori: 201 kkal
  • Protein: 20,8 gram
  • Lemak: 8,8 gram
  • Karbohidrat: 13,5 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Kalsium: 155 miligram
  • Fosfor: 326 milligram
  • Zat besi: 4,0 miligram
  • Natrium: 9 miligram
  • Kalium: 234 miligram

Kira-kira, apa saja ya manfaat tempe untuk kesehatan? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Drama Korea tentang Tentara, Enggak Kalah Romantis!

Manfaat Tempe untuk Tubuh

tempe

Foto: tempe

Foto Tempe (Orami Photo Stock)

Siapa sangka tempe memiliki banyak manfaat? Meski harganya jauh jika dibandingkan dengan makanan yang memiliki protein tinggi lainnya, namun tempe memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Yuk ketahui manfaat tempe lebih dalam lagi di sini!

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tempe memiliki fungsi sebagai probiotik, hal ini dapat terjadi karena pembuatan tempe melalui proses fermentasi sehingga mikroflora yang hidup dapat memiliki fungsi membentuk lapisan pelindung di usus dan melindungi pencernaan dari bakteri jahat.

Studi telah menemukan bahwa probiotik dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus, mencegah diare, mengurangi kembung, dan mendukung keteraturan buang air besar.

2. Mencegah Kelahiran Prematur

Kandungan probiotik pada tempe juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.

Sebuah penelitian BMJ Clinical Evidence Archives, menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama kehamilan dapat menurunkan risiko seorang wanita untuk kelahiran prematur dan preeklamsia.

Baca Juga: Varikokel (Varises pada Testis): Gejala, Penyebab, Komplikasi, hingga Pengobatannya

3. Mengelola Stres

Manfaat tempe selanjutnya adalah dapat mengelola stres. Hal ini karena kandungan isoflavo-nya.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan isoflavon dapat mengurangi penanda stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

4. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kondisi tulang mengalami penurunan tingkat kepadatannya. Ada beberapa cara untuk mencegah terkena penyakit ini, salah satunya mengonsumsi tempe

Melansir International Journal of Food Sciences and Nutrition, mengemukakan hal yang menakjubkan dari kandungan kalsium pada manfaat tempe.

Penelitian ini menyatakan bahwa penyerapan kalsium dari tempe tidak berbeda jauh dengan susu sapi. Untuk mendapatkan nutrisi yang sama dengan segelas susu, Moms hanya perlu mengonsumsi empat potong tempe.

Hal ini tentu bermanfaat, terlebih pada kalangan yang memiliki kebiasaan konsumsi susu rendah.

Baca Juga: Ini 7+ Makanan Penambah Energi untuk Moms dengan Aktivitas yang Padat

5. Menurunkan Berat Badan

Banyak metode yang bisa diterapkan sebagai cara menurunkan berat badan, mulai dari diet yang banyak jenisnya, diet yang dibarengi olahraga atau sekadar menjaga pola makan.

Saat sedang diet, salah satu yang penting untuk Moms penuhi adalah protein. Untuk memenuhi asupan protein ada baiknya mengonsumsi protein yang non-hewani, seperti tempe.

Hal ini karena kandungan protein yang tinggi pada tempe dapat bekerja menstimulasi termogenesis, yaitu zat yang mengarah pada peningkatan metabolisme dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori setelah setiap kali makan.

Sebuah studi yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan diet tinggi protein berbasis kedelai memiliki efektivitas yang sama seperti pada daging atau produk hewani lainnya.

Selain mampu mengurangi berat badan, diet ini juga bisa menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang.

6. Sebagai Antibodi Tubuh

Manfaat tempe yang mengandung protein tinggi pun bisa membantu tubuh dalam membentuk antibodi. Jadi, tubuh bisa jadi lebih sehat jika Moms dan keluarga mengonsumsi tempe dengan rajin.

Dengan mengonsumsi protein yang cukup, setiap orang dapat terlindungi dari bakteri dan virus.

Melansir The Journal of Allergy and Clinical Immunology untuk mencegah infeksi, setiap orang membutuhkan protein dalam pembentukan antibodi dan imunoglobin.

Ketika tubuh membentuk antibodi alami untuk melawan bakteri atau virus tertentu, sel tubuh bisa merespons dengan cepat jika sewaktu-waktu bakteri atau virus yang sama datang kembali.

Baca Juga: 59+ Ucapan Selamat Menikah Kreatif dan Penuh Makna untuk Pengantin Baru

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat tempe selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Tempe secara tradisional dibuat dari kedelai, yang mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut isoflavon. Senyawa pada kedelai ini berkaitan langsung dengan penurunan kadar kolesterol.

Sebuah studi menemukan bahwa isoflavon kedelai mampu secara signifikan menurunkan kolesterol total dan LDL.

Studi lain melihat efek protein kedelai pada kadar kolesterol dan trigliserida.

Sebanyak 42 peserta diberi diet yang mengandung protein kedelai atau protein hewani selama periode enam minggu.

Dibandingkan dengan protein hewani, protein kedelai menurunkan kolesterol LDL 5,7 persen dan kolesterol total 4,4 persen. Ini juga menurunkan trigliserida sebesar 13,3 persen.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat tempe lainnya adalah dapat menguatkan tulang, karena kalsium juga ada di dalam tempe lho Moms.

Kalsium, bersama dengan mineral penting lainnya seperti vitamin K dan vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kepadatan mineral tulang dan mencegah tulang patah dan rapuh.

Ini membantu membentuk bagian dari hidroksiapatit, kompleks mineral yang membuat tulang dan gigi kita keras, mempertahankan kepadatan tulang dan membantu tulang pulih.

Orang dengan kekurangan kalsium lebih rentan memiliki tulang yang lemah dan lentur sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Tembaga, mineral lain yang ada di tempe, juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Trace Elements Research, konsumsi tembaga dapat meningkatkan laju penyembuhan tulang dan juga dapat memainkan peran kunci dalam pemeliharaan dan perbaikan jaringan.

Baca Juga: 21 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan, Baik untuk Kehamilan!

9. Mencegah Anemia

Penyakit anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah vitamin B12 lebih rendah dari jumlah normal.

Untuk mengatasi anemia, ternyata banyak sekali cara alami yang dapat Moms konsumsi selain obat generik salah satunya mengonsumsi tempe.

Hal ini karena per 100 gram tempe mengandung sekitar 1,7 mikrogram vitamin B12 yang menjadikan pangan nabati ini satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kandungan ini cukup untuk memenuhi 42 persen kebutuhan vitamin B12 setiap harinya. Dengan begitu Moms yang vegetarian dan vegan tidak perlu takut untuk kehilangan vitamin B12 pada asupan makanan sehari-hari.

10. Sumber Protein

Protein memiliki fungsi untuk menjaga jaringan otot dan penghasil enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein agar dapat diserap oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik.

Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh.

11. Melawan Radikal Bebas

Manfaat tempe lainnya adalah melawan radikal bebas di tubuh.

Tempe tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari, tetapi juga mengandung zat antioksidan dalam bentuk isoflavon yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

Salah satu efek radikal bebas adalah penuaan dini.

Moms bisa menghambat kondisi ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya tempe. Dalam setiap porsi tempe, mengandung sekitar 10-38 miligram isoflavon yang memiliki beragam manfaat.

Baca Juga: 13+ Rekomendasi Film dan Drama Gong Hyo Jin, dari Komedi Romantis hingga Action!

12. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang mulai terjadi pada salah satu organ atau jaringan di tubuh akibat sel abnormal tumbuh tidak terkontrol, menyerang area di sekitar atau menyebar ke organ lain.

Ternyata, salah satu manfaat tempe untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker lho Moms.

Tempe memiliki kandungan senyawa polifenol dan isoflavon yang bertugas menghambat proses produksi pembuluh darah sel kanker. Penelitian lain menemukan bahwa konsumsi isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian pada wanita dengan kanker payudara.

13. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson adalah kelainan sistem saraf progresif yang memengaruhi gerakan tubuh.

Kerusakan saraf tersebut menyebabkan tingkat dopamin menurun dalam tubuh. Dalam hal ini niasin berfungsi sebagai pembantu perbaikan sel-sel dan dapat mengurangi risiko penyakit parkinson.

Niasin terkandung di dalam manfaat tempe.

Niasin merupakan senyawa sejenis vitamin yang berperan penting dalam kesehatan otak dan gangguan neurologis lainnya. Orang yang sering mengonsumsi niasin dapat mengurangi risiko depresi, kelelahan, dan anemia.

14. Mencegah Asma

Manfaat tempe untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah asma.

Serat memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan terkait respon pernapasan. Tempe adalah makanan yang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh cara serat dan asam lemak memasuki aliran darah.

Serat yang terkandung di dalam tempe memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.

15. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Manfaat tempe selanjutnya adalah meningkatkan kecerdasan calon buah hati.

Saat mengandung buah hati, Moms perlu memenuhi nutrisi dengan baik. Salah satu asupan yang penting adalah protein rendah lemak, misalnya tempe.

Tempe juga mengandung asam folat yang bisa membantu meningkatkan sistem kerja otak bayi.

Dengan demikian, bayi yang lahir nantinya memiliki kecerdasan lebih. Bukan hanya itu, asam folat juga bisa membantu perkembangan bayi didalam perut.

Baca Juga: Kenalan dengan Kimbab Family, Keluarga Youtuber Indonesia-Korea Menggemaskan

Nah itu dia Moms berbagai manfaat tempe bagi kesehatan. Semoga membantu ya!

  • https://bmjopen.bmj.com/content/8/1/e018021
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19995131/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24944057/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3670108/
  • http://www.panganku.org/id-ID/beranda
  • https://www.healthline.com/nutrition/tempeh#about-tempeh
  • https://www.hollandandbarrett.com/the-health-hub/food-drink/diets/vegan/health-benefits-of-eating-tempeh/