Home & Living

HOME & LIVING
31 Januari 2021

Ketahui Ciri Fisik, Harga, dan Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki penggemar di berbagai belahan dunia, sulitkah merawatnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Kucing Anggora atau Turkish Angora berasal dari kota Ankara di Turki yang dulu disebut Angora.

Ras kucing ini termasuk salah satu ras kucing yang tertua dan murni yang tidak dengan sengaja dibiakkan oleh manusia.

Dipercaya sebagai kucing peliharaan Nabi Muhammad, kucing Anggora memang memiliki penampilan yang memukau dan cantik.

Kucing Anggora dikenal sebagai ras kucing yang memiliki bulu panjang dan halus, serta cara berjalan yang anggun seperti ballerina.

Kucing cantik ini senang bermain dengan tuannya dan menyukai anak-anak. Selain itu, kucing ini juga dapat berteman dengan hewan peliharaan lainnya di rumah.

Jika Moms dan Dads mencari tipe kucing yang suka dimanja dan diberi banyak perhatian, kucing ini mungkin cocok untuk rumah Moms dan Dads.

Baca Juga: Rayakan International Cat Day, Ini 5 Jenis Ras Kucing Peliharaan yang Lucu dan Super Gemas!

Kucing ini tidak suka ditinggal sendirian, level energinya cukup tinggi, dan dapat merusak benda-benda di rumah jika merasa bosan.

Jika Moms dan Dads berminat untuk menambah kehadiran anggota keluarga baru ini, ketahui beberapa informasi ini sebelum memutuskan mengadopsi Anggora!

Ciri Fisik Kucing Anggora

Kucing Anggora digemari karena bulu dan matanya yang cantik

Foto: unsplash.com

Popularitas kucing Anggora semakin mendunia karena sering dijadikan souvenir dan dibawa ke benua Eropa dan Amerika.

Di tahun 1900an, kucing Anggora juga mulai dikawinsilangkan dengan kucing Persia, ras kucing lain yang memiliki bulu-bulu yang panjang untuk menghasilkan kucing yang berbulu halus dan lembut, hasil persilangan ini ikut populer selama beberapa puluh tahun hingga semua kucing berbulu panjang sering disebut sebagai Anggora.

Para pecinta kucing dan peternaknya mulai menyadari turunnya populasi ras murni kucing Anggora hingga hampir punah, sehingga ras ini kemudian dilestarikan di penangkaran sehingga tetap terjaga spesiesnya, khususnya Anggora berwarna putih. Karena usaha melestarikannya begitu penuh perjuangan, tak heran kucing ini menjadi kucing kebanggaan Turki.

Inilah ciri fisik kucing Anggora menurut Turkish Van Cat and Turkish Angora Cat: A Review dan Cat Fanciers Association. Jangan sampai tertukar, ya!

1. Badan dan Kepala Kucing Anggora

Kucing Anggora biasanya berukuran sedang dengan tubuh kucing jantan sedikit lebih besar dibandingkan yang betina.

Tubuhnya panjang dan langsing dengan lebar bahu sama dengan lebar pinggul. Tulang-tulangnya terlihat tegas dan ototnya padat.

Bentuk dan besar kepala kucing Anggora seimbang dengan tubuhnya. Bentuknya seperti segitiga dengan lekukan-lekukan yang halus.

Hidungnya tidak panjang dan tidak terlalu pendek, lehernya langsing, anggun, dan agak panjang. Telinganya runcing ke atas dengan bulu-bulu di ujungnya.

Ekor kucing Anggora panjang dengan bulu-bulu panjang indah yang menghiasi seluruh ekornya.

2. Bulu Kucing Anggora

Kucing Anggora mungkin paling terkenal karena bulunya yang panjang dan menawan.

Bulu kucing Anggora yang sehat dan terawat memang istimewa, halus, dan berkilau ketika si kucing bergerak.

Bulu di area leher dan ekor adalah bagian bulu yang paling panjang dibandingkan dengan area tubuhnya yang lain.

Di negara dengan musim panas dan dingin, kucing Anggora dapat menyesuaikan panjang bulunya sesuai musim.

Di musim panas, bulunya akan rontok dan menipis, sedangkan di musim dingin, bulunya yang panjang akan kembali menebal.

3. Warna Kucing Anggora

Warna kucing Anggora yang paling diminati adalah warna putih. Namun kucing Anggora sebetulnya memiliki beberapa macam varian warna, misalnya hitam, biru, merah, krem, dan lain-lain.

4. Mata Kucing Anggora

Salah satu kualitas kucing Anggora yang juga digemari adalah kecantikan matanya yang berbentuk seperti almond.

Beberapa warna yang dapat ditemui pada kucing ini antara lain coklat kemerahan, hijau, biru, atau heterochromatic (warna berbeda di mata kiri dan kanan) dengan kombinasi biru-merah atau biru-hijau.

Baca Juga: Pelihara Kucing Bikin Susah Hamil? Ini Kata Ahli

Harga Kucing Anggora

Kucing Anggora asli biasanya dihargai cukup fantastis

Foto: unsplash.com

Berbicara tentang harga, sudah pasti kucing menawan ini tidaklah murah. Di Indonesia, ada beberapa jenis perkawinan silang dengan kucing Anggora yang membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

1. Harga Kucing Anggora Murni

Jika Moms dan Dads ingin mengadopsi kucing Anggora yang rasnya masih murni dan belum tercampur dengan ras lain, siapkan budget sekitar Rp3.000.000 untuk anak kucing berusia 3 bulan yang belum divaksin.

Sedangkan kucing dewasa yang berusia setidaknya 6 bulan dan belum divaksin, harganya naik sekitar Rp8.000.000 hingga 9.000.000.

Namun, jika Moms dan Dads ingin mengadopsi kucing yang telah divaksin, siapkan anggaran lebih besar lagi, yaitu dengan tambahan sekitar Rp3.000.000 hingga Rp4.000.000

2. Harga Kucing Anggora-Persia

Kucing campuran Anggora dan Persia ini tidak kalah lucu dan cantik. Pasalnya, keduanya sama-sama memiliki bulu yang panjang dan mata yang cantik.

Ras campuran ini umumnya memiliki bentuk badan yang cenderung bulat dan lembut ketika dipegang seperti ciri kucing Persia.

Ras campuran Anggora-Persia ini cenderung lebih umum dijumpai dan lebih terjangkau harganya.

Untuk anak kucing Anggora-Persia yang belum divaksin, Moms dan Dads dapat menyiapkan sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000.

Sedangkan kucing yang sudah divaksin sekitar Rp900.000 hingga Rp1.000.000an untuk anak kucing, dan Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000 untuk kucing dewasa atau di atas 6 bulan.

3. Harga Kucing Anggora-Lokal

Ada pula kucing Anggora yang disilangkan dengan kucing lokal untuk menghasilkan jenis kucing yang ciri fisiknya mirip Anggora dengan harga lebih murah.

Umumnya kucing campuran lokal dapat mengambil corak dan warna seperti kucing lokal dengan panjang bulu dan bentuk muka yang mirip dengan Anggora.

Untuk harga kucing campuran Anggora-lokal harganya cukup terjangkau, rentang harganya sekitar Rp200.000 hingga Rp600.000 saja.

Baca Juga 6 Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora relatif mudah dirawat

Foto: pxhere.com

Kucing cantik nan anggun ini tentunya memerlukan komitmen dari pemiliknya untuk mendapatkan perawatan rutin agar bulunya tetap cantik dan kesehatannya tetap terjaga. Apa saja cara merawat kucing Anggora yang perlu diperhatikan?

1. Vaksin

Sebagian dari Moms dan Dads mungkin mengadopsi kucing dari breeder yang belum divaksin karena alasan umur atau lainnya.

Sebagai langkah awal, bawalah kucing untuk menerima vaksinasi sekaligus pemeriksaan menyeluruh di dokter hewan terdekat.

Vaksin-vaksin ini penting untuk menjaga si kucing tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam nyawanya.

Kucing Anggora juga sebaiknya dijaga agar selalu di dalam rumah saja. Walaupun sudah di vaksin, kucing cukup mudah tertular penyakit lain dari kucing liar, misalnya saja penyakit kulit.

Selain penyakit, menjaga kucing di rumah juga melindunginya dari ancaman lain, seperti infeksi kutu dan cacing, serangan dari binatang lain, menghindari tertabrak mobil, dan menghindari penculikan.

2. Sterilisasi

Selain vaksin, pertimbangkan juga untuk membuat kucing peliharaan menjadi steril.

Selain mencegah overpopulasi kucing, kucing yang telah disteril juga lebih sehat untuk jangka panjang dan juga mendatangkan manfaat bagi pemilik dan si kucing itu sendiri.

Cat Fanciers Association menyebutkan manfaat hewan peliharaan yang sudah steril salah satunya adalah tidak lagi menjalani siklus birahi untuk berkembang biak. Normalnya, kucing akan mengalami beberapa kali siklus birahi dalam setahun.

Hewan yang tidak disterilisasi akan sulit mengontrol birahi dan kelakuannya.

Kucing betina dan jantan yang sedang birahi akan secara aktif meninggalkan urin dan kotoran di mana-mana untuk memberikan tanda kepada kucing lawan jenisnya.

Tidak jarang kucing-kucing ini kabur dari rumah ketika ada kesempatan untuk mencari pasangan kawin.

Hal inilah yang dapat menjadi masalah yang sulit dikontrol, misalnya overpopulasi kucing, kucing tertular penyakit, kucing hilang, dan lain-lain.

Pertimbangan lain dari sisi kesehatannya adalah kucing yang telah steril akan terhindar dari infeksi saluran kencing yang disebut Pyometra.

Kucing-kucing yang mengalami pyometra akan merasa sangat kesakitan dan diperlukan tindakan cepat karena dapat mengancam nyawa.

3. Sisir Bulunya Secara Teratur

Bulu kucing Anggora akan mencapai panjang yang optimal di umur sekitar 2 tahun.

Walau bulu kucing Anggora panjang, tetapi kucing ini tidak memiliki bulu undercoat (bulu lapisan bawah), sehingga tidak mudah kusut dan jarang rontok.

Cukup sisir kucing Anggora seminggu sekali untuk menjaga bulunya tetap indah, rapi, dan mengurangi bulu-bulu mati yang menempel.

4. Sikat Gigi dan Potong Kuku

Seperti manusia, hewan peliharaan tercinta Moms dan Dads perlu perawatan gigi untuk mencegah penyakit mulut.

Jika memungkinkan, latih kucing Anggora kesayangan agar dapat disikat giginya setiap hari atau minimal seminggu sekali.

Umumnya tidak perlu menggunakan pasta gigi, namun jika ingin menggunakannya, gunakan pasta gigi khusus hewan agar tidak meracuni hewan kesayangan.

Gunting kukunya setiap beberapa minggu sekali agar tidak terlalu panjang dan tidak melukai dirinya sendiri ataupun manusia.

Baca Juga: 4 Cara Agar Hewan Peliharaan Bersahabat dengan Bayi

5. Bersihkan Mata dan Telinga

Kucing Anggora juga secara alami mengeluarkan kotoran mata yang bercampur dengan air mata atau sering juga disebut tear stain.

Agar tidak berkerak dan menjadi lebih sulit dibersihkan, lap mata kucing dengan hati-hati menggunakan lap yang lembap dan lembut. Gunakan bagian lap yang berbeda pada kedua mata agar tidak menyebarkan infeksi.

Jangan lupa untuk memeriksa telinga si kucing setiap minggu. Untuk membersihkan telinganya, gunakan kapas atau lap lembut yang dibasahi oleh campuran 1:1 antara cuka apel dan air hangat.

Hindari penggunaan kapas lidi agar tidak melukai bagian dalam telinga kucing.

6. Perhatikan Kebersihan Toiletnya

Bersihkan secara teratur kotak pasir toilet kucing. Kucing Anggora dan kucing lainnya adalah hewan yang suka kebersihan, terutama terkait dengan tempat mereka buang air.

Jika toilet mereka kotor, kucing dapat mencari tempat lain yang dianggapnya bersih untuk mereka buang air.

Pastinya Moms dan Dads juga ingin menjaga kebersihan rumah bukan? Selain itu, kotak pasir yang bersih juga menjaga kebersihan bulu si Kucing Anggora yang cantik.

Baca Juga: Balita Minta Hewan Peliharaan, Berikan atau Tidak?

Nah inilah beberapa informasi yang sebaiknya Moms dan Dads ketahui sebelum memelihara kucing Anggora. Apakah cocok dengan tipe kucing yang Moms dan Dads cari?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait