Home & Living

30 Juni 2021

10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Rumah Mungil

Jadikan tampilan kamar minimalismu lebih luas tapi tetap terlihat apik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bagi pemilik rumah mungil yang memiliki kamar minimalis pastinya kita harus memutar otak saat akan mendesainnya supaya bisa terlihat lebih luas dan nyaman.

Kamar tidur merupakan salah satu area privasi pada rumah yang fungsinya untuk beristirahat. Jadi desain kamar minimalis tersebut sangatlah penting supaya pemiliknya bisa beristirahat dengan santai dan tenang.

Kamar tidur minimalis rata-rata berukuran 2x3 meter, 2,5x3 meter, 3x3 meter, bahkan ada yang lebih kecil ukurannya. Hal ini membuat ruang penyimpanan dan ruang gerak jadi lebih terbatas.

Tapi tahukah Moms kalau sebenarnya kamar minimalis ternyata juga bisa didesain dengan tampilan yang lebih artistik atau yang lebih dikenal dengan sebutan lebih estetis.

Tak perlu bingung untuk mendesain ulang kamar minimalis milikmu karena di bawah ini sudah ada sepuluh inspirasi kamar minimalis yang bisa Moms terapkan langsung di rumah mungil.

Baca Juga: Yuk Simak Cara Aman Mengecat Kamar Bayi!

Tips Mendekorasi Kamar Minimalis

Sebelum mendekorasi kamar minimalis milikmu, ada baiknya Moms mengetahui beberapa tipsnya terlebih dahulu karena ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya nantinya kamar minimalismu bisa terlihat lebih luas, apik, dan estetis. Coba lihat yuk apa saja tips mendekorasi kamar minimalis di bawah ini!

1. Gunakan Furniture yang Mungil

Hal pertama yang harus Moms perhatikan adalah pemilihan furniture alias perabotan yang ada dalam kamar minimalis. Namanya juga minimalis, ruangan kamar pastinya kecil sehingga Moms harus menggunakan furniture yang juga kecil.

Hindari menggunakan furniture yang berukuran besar karena akan makan tempat sehingga ruangan jadi lebih sempit.

Furniture yang disarankan berukuran kecil adalah ranjang tempat tidur, lemari penyimpanan pakaian, dan meja rias. Usahakan ketiga furniture tersebut berukuran kecil sehingga tidak menyita sebagian besar luas ruangan.

Untuk lemari baju, Moms bisa memilih yang memiliki pintu kaca pada bagian besarnya supaya ruangan jadi terlihat lebih luas. Selain itu, pemilihan lemari baju dengan kaca pada bagian depannya membuat Moms tidak usah memasang cermin tambahan.

Sedangkan untuk meja rias, lebih baik gunakan meja rias tempel sehingga tidak ada kaki meja yang bisa membuat ruangan menjadi lebih sempit.

2. Hindari Terlalu Banyak Barang

Kamar Minimalis

Foto: historiskahem.se

Saat mendesain ulang kamar minimalis, kita memang terkadang ingin memasukkan barang-barang yang lucu dan sesuai dengan desain kamar. Tapi ingat, hindari untuk meletakkan terlalu banyak barang di kamar minimalis.

Barang yang terlalu banyak di dalam kamar minimalis akan membuat kamar terasa lebih penuh dan sesak. Tiga furniture wajib yang ada pada kamar minimalis adalah tempat tidur, lemari baju, dan meja rias atau meja kerja.

Barang-barang penting yang tidak bisa dikeluarkan dari kamar minimalis sebaiknya dimasukkan dalam wadah kotak penyimpanan supaya ruangan terlihat rapi.

Baca Juga: Ingin Hubungan Lebih Harmonis? Lakukan 7 Tips Dekorasi Kamar Berdasarkan Feng Shui

3. Gunakan Perabotan Multifungsi

Menggunakan perabotan multifungsi menjadi hal terbaik yang bisa Moms terapkan saat akan mendesain kamar minimalis. Dengan menggunakan perabotan yang multifungsi, maka furniture di kamar bisa lebih berkurang.

Contoh perabotan multifungsi seperti ranjang tidur yang bagian bawahnya ada laci penyimpanan barang sehingga Moms bisa meletakkan sebagai baju atau barang-barang lainnya di tempat tersebut.

4. Pilih Kasur Tanpa Ranjang

Pemilihan kasur tanpa ranjang juga bisa menjadi solusi saat kita akan mendesain kamar minimalis. Salah satu furniture yang memakan banyak tempat adalah ranjang. Jadi kalau Moms menyingkirkan ranjang tersebut, maka ruangan kamar bisa lebih luas.

Sebagai alas kasur, gunakanlah karpet yang agak tebal di bagian bawahnya. Dengan begitu, kasur tidak langsung bersentuhan dengan lantai.

5. Berikan Pencahayaan yang Cukup Terang

Pencahayaan sangatlah penting dalam mendesain kamar minimalis. Dengan pencahayaan yang cukup terang, maka kamar akan terlihat jauh lebih luas.

Pencahayaan yang terbaik adalah cahaya alami sehingga jendela kamar haruslah besar. Dengan begitu, cahaya matahari bisa menyoroti kamarmu. Selain itu, cahaya matahari juga bisa membuat kuman-kuman yang ada dalam kamar hilang.

Jika tidak punya jendela yang besar, maka tambahkan cahaya dengan pencahayaan buatan alias dengan menggunakan lampu. Tapi pilihlah lampu yang tidak membuat kamarmu terasa panas.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

6. Pilih Perpaduan 2-3 Warna

Kamar Minimalis Pastel

Foto: blog.sampleboard.com

Menggunakan hanya dua hingga tiga warna sebagai warna kamar minimalismu adalah sebuah pilihan yang tepat. Penggunaan warna yang beragam justru akan membuat kamar terasa lebih sumpek.

Tapi jika tetap ingin menggunakan warna lebih dari tiga, sebaiknya pilih warna-warna yang cerah dan kalem sehingga kamar menjadi lebih luas. Pemilihan warna bisa diterapkan pada warna cat dinding, seprei, gorden, karpet, hingga perabotan yang ada di dalam kamar minimalis.

7. Cermin Berukuran Besar Wajib Ada

Cermin menjadi salah satu benda wajib yang harus ada pada kamar minimalismu. Supaya tidak mempersempit ruangan, gunakanlah cermin gantung.

Tidak seperti perabotan lain yang sebaiknya dipilih ukuran kecil, untuk cermin justru sebaliknya, pilih cermin yang berukuran besar. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan ilusi mata sehingga kamar minimalis jadi terlihat lebih luas daripada yang sebenarnya.

Moms bisa menggantung cermin di atas atau samping tempat tidur. Tapi pastikan untuk menggantungnya dengan benar supaya tidak mudah jatuh. Jika sudah memiliki cermin pada lemari baju, maka tak perlu menambah cermin tambahan.

Baca Juga: Tidak Cuma Pink, 5 Warna Cat Dinding Ini Juga Cocok untuk Kamar Anak Perempuan

8. Manfaatkan Floating Shelves

Barang-barangmu tidak muat dimasukkan dalam lemari? Salah satu cara mengakalinya adalah dengan memanfaatkan floating shelves alias rak gantung.

Cara ini sangat bagus diterapkan pada kamar minimalis. Moms bisa meletakkan rak gantung di atas meja rias atau tempat tidur. Supaya tidak tampak berantakan, masukkan barang-barang yang ingin disimpan dalam box terlebih dahulu, barulah letakkan di atas rak gantung sehingga terlihat lebih rapi.

9. Buat Mezzanine di Dalam Kamar

Mezzanine pada Kamar Minimalis

Foto: lowes.ca

Tips terakhir saat akan mendesain kamar minimalis adalah dengan cara membuat mezzanine di dalam kamar. Hal ini bisa dilakukan jika ukuran langit-langit kamarmu lebih dari tiga meter tingginya.

Mezzanine adalah sebuah ruang atau lantai tambahan yang berada di antara lantai dan langit-langit kamar dengan konsep semi terbuka. Nantinya akan ada tangga yang menghubungkan antara lantai bawah dengan mezzanine.

Biasanya orang akan menggunakan mezzanine ini sebagai lokasi untuk meletakkan tempat tidur atau digunakan sebagai tempat menyimpan barang yang jarang dipakai.

Cara ini memang agak ribet dan membutuhkan dana lebih karena Moms harus membangun mezzanine dengan konstruksi yang kokoh supaya kuat membangun beban di atasnya.

Baca Juga: 5 Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana, Ternyata Mudah Dilakukan!

Desain Inspirasi Kamar Minimalis

Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan mendesain kamar minimalis, di bawah ini ada beberapa desain kamar minimalis yang bisa Moms pilih untuk diterapkan di kamar sendiri, yaitu:

1. Kamar Minimalis Bertema Serba Putih

Kamar Minimalis Serba Putih

Foto: pinterest.com

Desain inspirasi kamar minimalis yang pertama adalah bertema serba putih. Pemilihan warna putih akan membuat kamar minimalis terlihat jauh lebih luas.

Hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah mengecat warna dinding menjadi warna putih. Lalu pilih perabotan berwarna putih dan gunakan seprei serta gorden berwarna putih.

Untuk memperindah tampilannya agar tidak membosankan, Moms bisa menambahkan satu warna lagi selain warna putih. Misalkan saja warna biru muda atau merah muda. Pilih warna yang lebih muda supaya tampilannya tetap terlihat kalem.

Tapi tentu saja, warna putih harus tetap lebih dominan dibanding dengan warna lain tersebut. Misalkan saja pilih sarung bantal atau karpet yang menggunakan warna beda.

2. Kamar Minimalis Bertema Industrial

Kamar Minimalis Industrial

Foto: pinterest.com/Felix Tedjamulja

Tema kamar minimalis industrial saat ini sedang digandrungi. Pasalnya ada banyak kafe yang menggunakan tema ini sehingga banyak orang yang ingin mengaplikasikannya di rumah sendiri karena terlihat keren.

Kamar minimalis bertema industrial memiliki tiga warna yang dominan yakni, abu-abu, hitam, dan putih. Tapi beberapa ada yang menambahkan warna cokelat tua juga.

Selain pemilihan warna, kamar minimalis bertema industrial memiliki ciri khas furniturenya yang berbahan dasar besi, alumunium, dan kayu.

Moms bisa mendesain kamar minimalis dengan menggunakan cat dinding berwarna abu-abu muda. Lalu untuk pemilihan seprei, padukan warna abu-abu tua dengan muda atau hitam.

3. Kamar Minimalis Bertema Vintage

Kamar Minimalis Vintage

Foto: thewilddecoelis.com

Selanjutnya ada kamar minimalis yang bertema vintage. Tema vintage cocok diaplikasikan pada kamar minimalis karena warna-warnanya cerah.

Ciri khas dari kamar minimalis bertema vintage adalah furniturenya yang jadul dan penggunaan motif bunga. Moms bisa mengaplikasikan motif bunga ini pada wallpaper dinding atau bisa juga pada seprei juga selimut.

Tapi gunakan motif bunga hanya pada satu atau dua perabotan saja karena jika terlalu sering menggunakan motif bunga, maka tampilan kamar minimalis justru akan terlihat sumpek. Untuk motif bunga yang digunakan juga sebaiknya pilih warna yang kalem.

Baca Juga: Mengenal 5 Ciri Orang Ambisius dan Penyebabnya, Moms Termasuk?

4. Kamar Minimalis Bertema Pastel

Kamar Minimalis Pastel

Foto: ohjoy.blogspot.com

Tema pastel sangat cocok jika diaplikasikan pada kamar minimalis karena warna-warna pastel yang cerah dan kalem bisa membuat ruangan kamar jadi lebih luas.

Pilihan warna-warna pastel seperti biru muda, merah mudah, kuning, putih, krem, hingga orange muda bisa menjadi pilihan sebagai warna dasar yang bisa diaplikasikan pada cat dinding, seprei, hingga karpet.

Moms juga bisa menggunakan motif-motif bunga atau garis-garis pada sarung bantal hingga karpet untuk membuat tampilan kamar jadi lebih estetis lagi.

Untuk mempercantik tampilan, perabotan yang dipilih bisa berwarna putih atau gold sehingga terkesan lebih mewah dan tidak monoton dengan warna pastel terus.

5. Kamar Minimalis Bertema Natural

Kamar Minimalis Natural

Foto: greenweddingshoes.com

Tema Natural paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini karena terlihat lebih kalem dan adem. Ciri khas dari kamar minimalis bertema natural ini adalah pemiliihan warna yang natural yakni cokelat muda, cokelat tua, krem, putih, dan hijau.

Untuk mendesain kamar minimalis dengan tema natural, mula-mula cat dinding dengan warna putih atau krem, lalu pasang seprei berwarna senada. Jika seprei berwarna putih, maka gunakan selimut berwarna krem atau cokelat, begitu pula sebaliknya.

Pasang perabotan berbahan rotan atau eceng gondong sebagai pemanis ruangan. Untuk hiasan dindingnya, Moms bisa memasang anyaman tassel atau makrame. Jangan lupa untuk menambahkan dua atau tiga buah tanaman hijau di dalam kamar minimalis sehingga suasanya jadi lebih asri. Tanamannnya bisa berupa tanaman segar maupun artificial.

Baca Juga: 6 Resep Bolu Jadul, Super Lembut dan Anti Gagal!

6. Kamar Minimalis Bertema Boho

Kamar Minimalis Boho

Foto: pinterest.com/Pigletish Anneli

Sekilas kamar minimalis bertema boho ini seringkali disamakan dengan tema natural. Keduanya ini memang terlihat mirip satu sama lain karena penggunaan warna naturalnya, tapi ada perbedaan dari keduanya loh.

Kamar minimalis bertema boho punya ciri khas pencahayaan yang lebih dengan lampu-lampu gantung atau lampu dinding yang dipasang di sekitar kamar. Selain itu, peletakan tanaman juga lebih sedikit dibanding tema natural.

Ciri khas dari tema boho adalah lantainya yang menggunakan kayu atau parket dan juga anyaman yang digunakan pada perabotannya seperti pada selimut, gorden, hingga karpetnya.

7. Kamar Minimalis Bertema Maskulin

Kamar Minimalis Maskulin

Foto: digsdigs.com

Tema maskulin juga cocok untuk kamar minimalis. Jika tema boho sering disamakan dengan tema natural, tema maskulin ini sering disamakan dengan tema industrial.

Perbedaan dari keduanya adalah tema industrial lebih kental warna abu-abu mudanya, sedangkan tema maskulin lebih dominan warna gelapnya yakni warna hitam. Biasanya tema maskulin hanya memiliki dua warna yakni hitam dan putih saja.

Supaya tidak monoton, maka ada permainan motif dalam tema maskulin ini. Misalkan saja motif garis-garis yang digunakan pada seprei, gorden, atau karpet.

Untuk mempermanis ruangan, Moms bisa menambahkan sedikit hiasan seperti bingkai foto kecil di beberapa sudut ruangan atau bisa juga tambahkan pajangan bunga yang berwarna putih sehingga warnanya masih senada dengan tema maskulin yang ada dalam kamar minimalis.

Baca Juga: 19 Fakta Anak Pertama yang Belum Banyak Diketahui

8. Kamar Minimalis Bertema Pop Art

Kamar Minimalis Pop Art

Foto: paintyourselgasmile.com

Suka komik? Pastinya tema pop art ini akan sangat Moms sukai sebagai desain kamar minimalis. Desain kamar minimalis pop art ini memiliki ciri khas dari pop artnya yang bisa Moms aplikasikan pada dinding, seprei, karpet, atau gorden.

Berhubung tampilan pop art ini akan ramai, kita bisa meminimalisasinya dengan menggunakan perabotan berwarna putih atau hitam untuk menetralisirnya. Lebih bagus lagi kalau dindingnya dicat menjadi warna putih.

Hindari untuk mengaplikasikan tampilan pop art dengan motif komik ini pada semua barang-barang di kamar karena nanti akan jadi lebih ramai. Pilih satu atau dua furniture yang menggunakan motif komik. Misalkan saja hanya pada dinding atau seprei saja.

9. Kamar Minimalis Bertema Korea

Kamar Minimalis Korea

Foto: m.vk.com

Kalau tema kamar minimalis bertema Korea ini pasti disukai oleh para penggemar drama Korea. Ciri khas tampilan kamar minimalis bertema Korea adalah penggunaan bahan kayu yang dominan, mulai dari lemari hingga rak.

Warna yang dominan pada tema Korea ini adalah warna cokelat muda atau krem. Warna ini bisa diaplikasikan pada cat dinding, seprei, gorden, hingga karpet.

Untuk kasurnya, biasanya tidak menggunakan ranjang. Jangan lupa juga untuk meletakkan cermin berukuran besar dengan lampu bercahaya kuning yang membuat suasana menjadi lebih hangat. Pasang juga beberapa lukisan dinding dengan warna yang senada.

Baca Juga: 9 Manfaat Jintan Putih, Mulai dari Mencegah Diabetes hingga Kanker!

10. Kamar Minimalis Bertema Jungle

Kamar Minimalis Hutan

Foto: simos.ca

Inspirasi kamar minimalis yang terakhir bertema jungle yang memiliki tampilan unik. Untuk mendesain kamar minimalis bertema jungle ini, Moms bisa mengaplikasikan warna hijau dan warna-warna natural di dalamnya.

Gunakan warna hijau sebagai cat dindingnya. Sedangkan untuk sepreinya, pilih motif daun atau pohon yang berwarna hijau atau cokelat. Padukan dengan bantal berwarna putih atau cokelat supaya tidak monoton.

Supaya lebih menambah kesan junglenya, letakkan beberapa tanaman di dalam kamar, bisa berupa tanaman asli maupun artificial.

Itulah inspirasi kamar minimalis yang bisa Moms terapkan pada rumah mungil. Jangan lupa juga ununtuk menerapkan tips-tips mendesain kamar minimalis agar tampilannya nanti bisa lebih maksimal dan pastinya memuaskan Moms.

  • https://www.dekoruma.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait