Scroll untuk melanjutkan membaca

HOME & LIVING
11 Juli 2022

Tips Memilih Keramik Teras, Rumah Jadi Semakin Cantik!

Keramik teras rumah bisa memberikan keindahan pada rumah
Tips Memilih Keramik Teras, Rumah Jadi Semakin Cantik!

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat memilih keramik teras rumah. Diantaranya seperti tekstur, bentuk serta motif.

Selain itu, pemilihan keramik teras rumah juga perlu pertimbangan dari segi kekuatan.

Berhubung penempatannya di area luar, keramik teras rumah perlu daya tahan yang lebih kuat dari panas matahari, hujan maupun debu yang mudah menempel.

Sebetulnya, teras rumah tidak hanya terletak di area depan. Ada juga teras area samping maupun belakang. Beda letak, beda juga fungsinya.

Teras rumah biasanya sebagai ruang tunggu bagi tamu yang datang.

Teras samping bisa untuk bersantai. Sedangkan teras belakang biasanya sebagai tempat makan atau berkumpul bersama keluarga terdekat.

Dilansir dari Homify, teras bisa menjadi tempat yang ideal untuk bersosialisasi, bersantai atau bahkan bekerja dari rumah.

Di samping itu, desain tentu saja memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan kenyamanan. Selain dekorasi, lantai juga berperan penting.

Untuk lahan yang terbatas, teras hanya terletak di area depan saja. Adanya perbedaan fungsi inilah yang membuat teras memiliki desain berbeda-beda, termasuk dalam pemilihan keramik.

Menurut Colorker terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih keramik. Diantaranya sebagai berikut!

  1. Porositas. Lantai dengan porositas rendah bisa menjadi pilihan untuk keramik teras. Apabila porositasnya rendah, air yang menyerap lebih sedikit, tahan terhadap cuaca dan goresan.
  2. Ketebalan. Semakin tebal keramik, semakin kuat. Lantai yang tebal biasanya lebih mudah dipasang dan praktis.
  3. Tidak licin. Untuk keramik teras, penting sekali memilih yang tidak licin dan memiliki anti selip.

Baca juga: 8 Inspirasi Model Gorden Minimalis, Bikin Ruangan Tampak Luas dan Modern

Motif dan Model Keramik Teras

keramik teras

Foto: keramik teras

Foto: ornamen keramik (Orami Photo Stock)

Ada beberapa ide keramik untuk teras yang bisa Moms pilih, diantaranya sebagai berikut!

1. Keramik Teras Model Kayu

Keramik bermotif kayu bisa Moms pilih untuk memberikan efek rumah pedesaan.

Tidak perlu memikirkan perawatan seperti kayu asli. Tapi dengan keramik bermotif kayu bisa menciptakan suasana yang asri untuk rumah Moms.

2. Keramik Teras Model Batu

Motif batu bisa jadi salah satu pilihan untuk membuat keramik teras lebih asri. Keramik dengan motif ini biasanya bertekstur sehingga tidak licin.

3. Keramik Teras Model Semen

Ini juga bisa jadi pilihan terbaik untuk keramik teras rumah Moms. Motif ini tidak licin dan bisa memberikan estetika dalam menciptakan lingkungan yang harmonis.

4. Keramik Teras Model Tile

Keramik tile bisa menjadi pilihan untuk keramik teras. Warna dan motifnya yang menarik tidak hanya cocok untuk dapur tapi juga teras.

5. Keramik Teras Motif Bunga

Keramik teras bermotif bunga bisa digunakan untuk area teras, ruang tamu maupun dapur. Motifnya unik membuat teras menjadi lebih cantik.

6. Keramik Teras Model Bata

Keramik bermotif bata untuk teras bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Sebab, teras rumah bisa tampil lebih menarik. Meskipun sederhana, keramik ini bisa menghidupkan suasana depan rumah.

7. Keramik Teras Motif Batik

Motif ini cocok untuk membuat tampilan area depan rumah lebih mencolok. Motif batik ini tampil begitu unik dan cantik. Nuansa tradisional pun terasa kental.

8. Keramik Teras Motif Geometri

Ingin teras rumah tampil lebih modern? Keramik bermotif geometri bisa jadi pilihan yang tepat. Cocok untuk rumah yang memiliki konsep minimalis.

Agar lebih hidup, coba tambahkan elemen kayu dan cat dinding warna putih.

Baca juga: 7 Ide Memanfaatkan Ruangan Bawah Tanah dan Tips Membangunnya

Rekomendasi dan Tips Memilih Keramik Teras

keramik teras

Foto: keramik teras

Foto: motif keramik teras (Orami Photo Stock)

Teras rumah biasanya identik dengan area terbuka. Oleh karena itu, pemilihan keramik untuk teras rumah pun sangat penting.

Keberadaan teras rumah bisa mendukung keindahan. Bahkan mewakili kenyamanan dari rumah itu sendiri.

Keramik teras penting memiliki sentuhan desain yang indah dan menawan. Ada banyak pilihan keramik teras, mulai dari warna, motif hingga ukuran.

Lalu apa saja tips memilih keramik teras untuk hunian Moms?

1. Ukuran Keramik Teras

Keramik teras memiliki ukuran yang beragam.

Tentunya Moms bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Umumnya keramik teras terdiri dari ukuran 30x30 cm, 40x40 cm dan 100x100 cm.

Perhatikan juga luas dari lahan untuk teras rumah Moms ya.

Sebelum memasang keramik, ukur terlebih dulu luas lahannya. Setelah itu, tentukan ukuran keramik yang akan dipasang. Lalu pilih warna dan motif yang sesuai dengan konsep rumah.

Apabila Moms sudah mengetahui berapa banyak kebutuhan keramik teras.

Selanjutnya Moms bisa mencari model dan harga keramik yang diinginkan. Sesuaikan juga dengan budget yang Moms miliki.

Kemudian, Moms juga bisa hitung biaya pemasangannya. Selain itu, cek juga material yang mendukung proses pemasangannya.

2. Jenis Keramik Teras

Meskipun ditutupi atap, teras rumah tetap terpapar sinar matahari ataupun air hujan. Pemilihan material keramik yang tepat penting sekali untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penghuninya.

Pemilihan keramik teras rumah disarankan memiliki tekstur yang tidak licin (matte), anti selip. Supaya saat terkena hujan, teras ini tetap aman, tidak licin dan tidak berbahaya bagi penggunanya.

Sedangkan untuk teras rumah yang lebih tertutup dan tidak mudah terkena matahari ataupun air hujan, boleh menggunakan lantai keramik dengan permukaan glossy seperti porselen.

Keramik seperti porselen ini memiliki daya serap air yang cukup rendah. Di samping itu, porselen memiliki tingkat kekuatan dan kepadatan yang baik.

Pasanglah keramik teras saat musim kemarau. Sebab, keramik bisa melekat lebih baik dibanding saat dipasang pada musim hujan.

3. Memilih Warna dan Motif Keramik

Tahap selanjutnya, Moms bisa pilih warna dan motif keramik teras sesuai dengan konsepnya. Selaraskan dengan gaya bangunan yang dimiliki.

Pemilihan warna dan motif keramik yang tepat bisa menambah keindahan hunian.

Agar lebih yakin, Moms bisa berkonsultasi dulu dengan ahlinya atau pada pihak penjual keramik teras. Mana yang tepat untuk konsep rumah Moms.

Apabila pemilihan warna dan motif keramik teras sesuai, tentu akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Bahkan teras rumah bisa jadi area terfavorit bersama keluarga.

Baca juga: 17 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Mudah untuk Dirawat

4. Pilih Toko yang Tepat

Sebelum memilih keramik teras, pertimbangkan dulu di mana Moms akan membelinya. Bisa di toko bangunan atau toko khusus keramik.

Biasanya di toko khusus keramik, pilihan warna dan motifnya lebih beragam dibanding toko bangunan. Jadi Moms memiliki banyak referensi pemilihan keramik yang sesuai selera dan konsep hunian.

Moms juga bisa pelajari mutu dan harga sebelum memilih keramik. Biasanya ada harga, ada kualitas.

Di toko khusus keramik, ada banyak pilihan mutu dan harga. Moms bisa mempertimbangkan terlebih dulu harga keramik teras di beberapa toko.

Pilih juga toko keramik yang sudah banyak direkomendasikan. Cara termudah, Moms bisa cari toko terdekat dengan tempat tinggal Moms melalui Google.

Carilah toko yang memiliki banyak ulasan positif dari customer-nya. Moms juga bisa pilih datang langsung ke toko keramik atau hanya memesannya via online.

Itulah beberapa motif dan tips memilih keramik teras yang bisa Moms jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

  • https://www.homify.co.uk/ideabooks/3937258/10-great-ideas-for-terrace-flooring
  • https://www.colorker.com/en/blog/outdoor-floor-tiles.html