Newborn

10 Maret 2021

Ketahui Mainan Bayi 4 Bulan yang Aman dan Tepat Berikut Ini!

Bermanfaat untuk merangsang motorik halusnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mainan bayi 4 bulan sebaiknya diperhatikan dengan baik. Mainan bayi 4 bulan yang aman pun memiliki berbagai macam kriteria dan tidak bisa dibeli sembarangan.

Seperti yang Moms lihat, bayi baru lahir menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur, makan, dan memandangi wajah kita. Namun, setiap harinya selalu ada kejutan demi kejutan terkait tumbuh kembang yang mulai ditunjukkan Si Kecil.

Misalnya, ketika ia menunjukkan ketertarikannya pada apa yang ada di sekitarnya. Nah, di momen seperti itu, mainan bukan hanya berfungsi untuk menghibur Si Kecil, melainkan juga untuk membantu perkembangannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukatif Bayi di Bawah 1 Tahun, Wajib Tahu!

Terutama ketika ia telah melewati fase 3 bulan pertama setelah kelahiran. Sebab ketika memasuki usia 4 bulan, ia sudah menemukan hal baru yang baginya sangat menyenangkan yaitu gerakan tangannya sendiri yang lebih aktif dan bukan hanya sebatas mengepal.

Si Kecil pun mulai bisa menghisap jari tangannya.

Selain itu, jarinya juga mulai digunakan untuk menangkap mainan yang Moms tempatkan di tangannya maupun mulai meraih mainan yang ada di sekitarnya. 

Si Kecil juga akan mulai belajar untuk membolak balikan mainan yang sedang ia genggam maupun melakukan gerakan memasukkan benda ke dalam mulutnya. 

Untuk itu, mainan bayi akan berfungsi untuk memberinya perspektif dan stimulasi mengenai kehidupan melalui warna, bunyi maupun tekstur.

Perkembangan Bayi

mainan bayi 4 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui bahwa saat berusia 4 bulan, berat badan bayi akan naik hingga dua kali lipat dari beda badannya saat lahir.

Tak hanya mengalami pertumbuhan fisik, Si Kecil pastinya akan menunjukkan perkembang lain dalam sisi komunikasi, motorik, berpikir, dan mulai menunjukkan emosinya.

Nah ketika untuk mengasah motoriknya, Moms perlu mengetahui mainan bayi 4 bulan yang tepat nih!

Perubahan Emosi Bayi

mainan bayi 4 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Ketika berusia 4 bulan, Si kecil mungkin akan mengalami perubahan yang dramatis secara emosional.

Ketika lahir mungkin saja Si Kecil memiliki sifat yang pasif dan tidak mempedulikan sekitar. Ia hanya akan diam ketika sudah mendapatkan makanan, tidur, dan perhatian yang cukup dari Moms.

Dilansir dari healthychildren.org ketika ia semakin besar dan mulai belajar untuk duduk, menggerakan tangan dan bergerak, Si Kecil bisa berubah menjadi atentif.

Jadi, Moms jangan heran ketika Si Kecil mulai mengeksplor berbagai macam barang serta lingkungan sekitarnya. Bahkan mungkin Si Kecil bisa saja meminta bantuan dengan berteriakm melempar dan menjatuhkan barang di sekitarnya.

Seperti yang sudah dibahas, Si Kecil kini sudah mulai bermain dan juga berinteraksi dengan berbagai macam benda di sekitarnya.

Pada usia ini, Moms dan Dads sudah bisa memberikan mainan bayi 4 bulan untuk Si Kecil. Tapi ingat, mainan bayi usia 4 bulan tidak boleh sembarangan, lho!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

Mainan Bayi 4 Bulan yang Aman

Dilansir dari kidshealth.org, di usia 4 bulan, Si Kecil pun ini bisa mengetahui dan menyadari orang-orang yang selalu ada di sekitarnya, lebih fokus dan memberikan perhatian pada sekitar serta secara aktif meminta perhatian dari Moms.

Nah dengan bermain bersama Si Kecil, Moms bisa melatihnya untuk berinteraksi, merespon suatu tindakan dan mengajarinya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Nah, apakah saat ini ia sudah berusia 4 bulan dan Moms mulai kebingungan dalam menentukan mainan yang tepat untuk bayi?

Berikut merupakan panduan singkat dalam memilih mainan bayi 4 bulan yang tepat.

1. Mainan Ikat

jungle wrist rattle foot finder 3

Mainan bayi 4 bulan pertama yang bisa Moms berikan adalah mainan ikat.

Mainan bayi 4 bulan ini bisa Mama ikatkan pada tangan maupun kaki Si Kecil.

Dengan begitu gerakannya akan menjadi lebih aktif untuk berusaha menggerakkan mainan tersebut. Bagi Moms yang ingin memperkenalkan mainan jenis ini, jangan lupa untuk memperhatikan ikatannya ya.

Usahakan tidak menggunakan tali yang terlalu panjang sehingga membuatnya kesulitan bergerak. Ikatan yang dipasang juga jangan terlalu ketat karena bisa mengganggu peredaran darah Si Kecil.

Baca Juga: 4 Ide Kado Tidak Biasa untuk Bayi Baru Lahir

2. Mainan Sumber Suara

best music toys for baby and toddlers 1

Mainan bayi 4 bulan yang aman selanjutnya adalah mainan yang bisa merangsang pendengaran Si Kecil.

Mainan yang menimbulkan suara juga bisa menjadi mainan bayi 4 bulan yang tepat. Misalnya, alat musik yang ringan dimainkan oleh bayi.

Dengan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi, Si Kecil akan merasa tertarik.

Cobalah untuk meletakkannya sedikit lebih jauh dari jangkauannya agar ia berusaha berguling dan meraihnya. Pasti ia sangat senang setelah berhasil meraihnya dan membuat mainan tersebut mengeluarkan bunyi.

Tapi jangan membunyikan mainan suara ini terlalu dekat dengan telinga Si Kecil ya, Moms! Perlu diingat bahwa gendang telinga Si Kecil masih sangat sensitif.

Baca Juga: Hati-hati! Sering Membentak Anak Akan Membuat Sel Otaknya Terputus

3. Mainan Merangkak

mainan bayi

Nah mainan bayi 4 bulan yang terakhir adalah jenis mainan yang bisa membantu melatihnya merangkak.

Saat usianya 4 bulan, keinginan untuk meraih benda yang ada di sekitarnya memang sudah mulai tumbuh. Oleh karena itu, ia akan lebih sering terlihat mencoba berpindah tempat dengan cara menggeserkan tubuhnya.

Perlahan-lahan Si Kecil juga akan mulai belajar untuk mengangkat tubuhnya dan merangkak.

Ada beberapa mainan yang bisa Moms berikan untuk menstimulasi gerakan merangkak Si Kecil. Caranya yakni menggunakan mainan lembut yang memiliki tali. Seperti boneka kucing kecil berwarna cerah atau mobil-mobilan flanel.

Tempatkan mainan tersebut di depan Si Kecil, saat ia terlihat berusaha meraihnya, jauhkan sedikit demi sedikit dari jangkauannya. Gerakan mainan tersebut sehingga bisa merangsang fisik motoriknya untuk mencoba merangkak.

Namun, dalam memilih mainan yang tepat untuk bayi, Mom juga perlu memastikan tidak memberikan mainan dengan bahan yang rapuh maupun membahayakan buah hati. 

Terlebih pada usia 4 bulan gerakan Si Kecil akan menjadi lebih aktif lagi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Baca Juga: Simak 6 Ide Permainan Untuk Membuat Bayi Tertawa Ini, Yuk

4. Mainan Melatih Bahasa

mainan bayi 4 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Mainan bayi 4 bulan selanjutnya berhubungan dengan motorik halus. Seperti yang sudah dibahas, Si Kecil bukan hanya butuh dilatih perkembangan motorik kasarnya saja, namun juga motorik halus.

Mainan yang merangsang kemampuan berbahasa pun diperlukan agar bisa membantu Si Kecil untu mengembangkan kemampuan berbicara serta kecerdasannya.

Jadi, Moms dan Dads bisa meluangkan waktu sejenak sebelum tidur untuk membacakan buku cerita, dongeng atau bisa juga bernyanyi.

Baca Juga: Mau Membeli Mainan Bayi? Penuhi 5 Unsur Ini untuk Mengasah Perkembangannya

Dengan demikian, Si Kecil bisa melatih kemampuan berbahasa dan mengembangkannya dengan melihat ekspresi serta mendengar intonasi dari Moms dan Dads.

Nah bagaimana artikel mainan bayi 4 bulan yang sudah dibahas Moms? Jika Moms masih memiliki pertanyaan seputar mainan bayi 4 bulan yang aman, jangan lupa untuk tuliskan di kolom komentar ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait