Resep

RESEP
23 Juni 2019

Makanan dengan Bau Kurang Sedap Tetapi Rasanya sangat Nikmat

Baunya tidak sedap, namun enak dicampurkan dalam masakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Umumnya makanan yang enak adalah makanan yang memiliki aroma harum, sehingga mengundang selera makan. Nyatanya, ada juga lho makanan yang baunya tidak sedap, namun rasanya tetap lezat saat dijadikan masakan.

Makanan bau ini memang terasa kurang sedap jika dimakan begitu saja tanpa dimasak menjadi sebuah hidangan. Namun lainnya ceritanya jika dicampur dengan bahan lainnya dan dibuat menjadi masakan yang nikmat sekali.

Apa saja makanan bau tersebut? Cari tahu di bawah ini ya.

Baca Juga: Jengkol VS Petai, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

1. Pete

makanan bau, bau tidak sedap

Foto: istockphoto.com/

Banyak yang menyebut makanan satu ini dengan pete atau petai, namun keduanya sama saja. Jika mecium bau buahnya saja, makanan ini mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga banyak orang yang tidak mau memakannya.

Namun saat dicampurkan dalam menu masakan seperti sambal udang pete, nasi goreng pete, atau cuma asin pete, surprisingly bau tidak sedapnya terkalahkan dengan wangi rempah-rempah yang dicampurkan. Makanan bau ini berubah menjadi makanan nikmat yang membuat ketagihan.

2. Jengkol

makanan bau, bau tidak sedap

Foto: beritagar.id

Sama halnya dengan pete, jengkol juga bisa dikategorikan sebagai makanan bau. Penampakannya mirip denga pete, hanya saja lebih besar dan kulit luarnya berbeda. Persamaannya? Sama-sama bau tidak sedap!

Lain halnya dengan pete, jengkol bisa dibuat menjadi sebuah hidangan yang berdiri sendiri, yaitu semur jengkol. Semur jengkol ini juga memiliki rasa yang nikmat loh. Bahkan hanya dimakan dengan nasi putih saja sudah cukup.

Baca Juga: Yuk Masak Jengkol Balado di Rumah, Ini Resepnya!

3. Bawang Putih

makanan bau, bau tidak sedap

Foto: brilio.net

Makanan bau selanjutnya ada bawang putih. Namun bawang putih sejatinya adalah penyedap rasa untuk makanan, jadi ia tidak untuk dimakan begitu saja.

Meski begitu, bawang putih jika dicium secara langsung memiliki bau yang menyengat dan mengganggu. Apalagi jika Moms sedang menyantap ramen, dan menambahkan saus bawang putih yang banyak, otomatis mulut akan berbau bawang putih dan mengeluarkan bau tidak sedap saat kita berbicara.

Namun memang tidak bisa dipungkiri, makanan tanpa bawang putih, rasanya tidak nikmat. Oleh karena itu, bawang satu ini hampir selalu ada dalam setiap masakan.

4. Buah Durian

makanan bau, bau tidak sedap

Foto: brilio.net

Meski enak bagi sebagian orang, ada juga lho mereka yang mengkategorikan durian sebagai makanan bau. Memang, bau buah ini menyengat sekali, namun saat dimakan, rasanya sangat enak dan membuat ketagihan. Para penyuka durian pasti setuju.

Baca Juga: Wow, Ada Pizza Durian di Pezzo Pizza!

5. Ikan Asin

makanan bau, bau tidak sedap

Foto: agrowindo.com

Makanan bau yang nikmat selanjutnya adalah ikan asin. Saat belum dijadikan masakan, memang ikan asin akan mengeluarkan bau amis yang benar-benar bau.

Tapi jangan salah lho, jika dijadikan sebagai teman makan, ikan asin adalah penambah nafsu makan alami dalam setiap masakan yang disantap. Makanan ini paling enak dinikmati dengan sayur lodeh atau sayur sop. Bahkan ikan asin goreng dimakan bersama nasi panas saja rasanya benar-benar nikmat.

Makanan-makanan di atas memang bau jika tidak diolah dalam sebuah masakan atau hidangan. Tapi jika sudah dicampur dalam masakan, nikmatnya tidak tergantikan. Moms dijamin akan sangat ketagihan, jika belum mencobanya.

(AWD/IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait