23 August 2018

8 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan, Lho!

Jahe membantu membersihkan lendir dari hidung dan tenggorokan

Salah satu penyakit yang paling mengganggu adalah sakit tenggorokan, karena gatalnya sangat menganggu. Tak jarang juga sakit tenggorokan membuat kita menjadi sulit bicara dan makan.

Selain obat dari dokter, ada juga beberapa makanan yang ampuh meredakan sakit tenggorokan lho, Moms. Yuk disimak ulasannya!

Madu dan Lemon

1 madulemon
Foto: 1 madulemon

foto: dabur.com

Salah satu solusi yang paling efektif untuk meredakan sakit tenggorokan adalah dengan minum ramuan air panas, madu dan lemon, karena madu sebenarnya adalah pereda batuk yang sangat efektif.

Mashed Potato

2 kentang
Foto: 2 kentang

foto: deliciousmeetshealthy.com

Makanan yang lembut seperti mashed potato memang mudah dimakan saat menderita sakit tenggorokan. Meskipun tidak ada obat yang khusus terdapat di dalam kentang, setidaknya makanan ini akan lezat dan tidak sakit saat ditelan.

Smoothies

3 smoothie
Foto: 3 smoothie

foto: ziploc.com

Menyegarkan dan lembut, smoothies dari campuran blueberry dan pisang akan mendinginkan tenggorokan Moms yang terasa sangat panas.

Hal ini karena blueberry yang mengandung tannin astringent dapat menenangkan sakit tenggorokan, sementara pisang yang lunak dan mudah ditelan mengandung serat dan vitamin C.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kubis

4 kubis
Foto: 4 kubis

foto: realfood.com

Kubis merupakan obat tradisional untuk sakit tenggorokan, makan kubis dapat memberikan manfaat kesehatan karena kubis mengandung antioksidan, vitamin C, belerang dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu mengurangi radang tenggorokan yang sakit.

Sup Wortel

5 wortel
Foto: 5 wortel

foto: wellplated.com

Sementara wortel mentah dapat memperparah tenggorokan yang iritasi, sup wortel adalah makanan yang sangat baik untuk mencerna semua nutrisi penyembuhan yang ditemukan dalam wortel, termasuk vitamin A, C, dan potasium.

Sup Ayam

6 sop ayam
Foto: 6 sop ayam

foto: cleanfoodcrush.com

Perawatan yang telah lama dihormati untuk pilek dan flu selama beberapa generasi, sup ayam buatan sendiri tetap menjadi makanan utama ketika melawan penyakit dan menenangkan sakit tenggorokan.

Jahe

7 jahe
Foto: 7 jahe (Orami Photo Stock)

foto: simplyrecipes.com

Jahe adalah salah satu senjata yang paling kuat untuk melawan sakit tenggorokan, karena ia membuka sinus dan membantu membersihkan lendir dari hidung dan tenggorokan. Selain itu, jahe juga menawarkan sifat anti-inflamasi.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk pada Anak

Oatmeal

8 oatmek
Foto: 8 oatmek

foto: milklife.com

Oatmeal adalah makanan yang enak dimakan ketika Moms merasa sakit, karena penuh dengan nutrisi dan serat yang akan membantu tubuh melawan penyakit. Sementara itu, oat mengandung asam lemak omega-3, folat, dan potasium, yang akan mempercepat proses penyembuhan.

Apakah Moms sudah mengonsumsi makanan-makanan ini ketika menderita sakit tenggorokan?

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb