Kesehatan

3 Desember 2020

Agar Tidak Kambuh, Hindari 7+ Makanan Penyebab Vertigo Ini!

Jika Moms dan Dads takut vertigo kambuh, hindari makanan berikut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Makanan yang kita makan membawa pengaruh penting bagi kesehatan.

Tetapi menderita beberapa jenis penyakit atau kondisi kesehatan tertentu mengharuskan Moms dan Dads untuk menghindari makanan-makanan yang memicu gejalanya.

Vertigo adalah salah satu penyakit yang mudah terpicu akibat mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan Penyebab Vertigo

Vertigo adalah salah satu keluhan medis yang sering terjadi. Orang yang mengalami vertigo berilusi diri sendiri atau lingkungannya terasa berputar. Para penderita vertigo umumnya menggambarkan sensasi tersebut sebagai rasa pusing.

Penyebab paling umum dari vertigo adalah benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, dan vertigo onset akut.

Vertigo atau pusing mungkin hanyalah gejala dari beberapa penyakit pada telinga bagian dalam, sistem saraf, atau otak.

Baca Juga: Penyebab-Penyebab Vertigo yang Terkadang Tidak Disadari, Waspada!

Banyak faktor yang mempengaruhi penyebab vertigo. Sensitif terhadap makanan penyebab penyakit vertigo adalah satu faktor yang harus diwaspadai.

Bagi Moms atau Dads yang mengalami vertigo, cobalah mengurangi beberapa makanan penyebab vertigo, seperti:

1. Tyramine

Penderita vertigo hindari makanan yang mengandung tyramine

Foto: freepik.com

Tyramine adalah zat asam amino alami yang biasanya terdapat dalam makanan dengan protein. Tyramine telah diketahui sebagai salah satu makanan penyebab vertigo.

Beberapa jenis kacang, seperti kacang tanah, memiliki kadar tyramine tinggi yang disebut-sebut sebagai pemicu utama vestibular migraine, salah satu penyebab vertigo.

Contoh makanan tinggi tyramine lainnya yang menjadi makanan penyebab vertigo adalah hati ayam, daging asap, sour cream, yogurt, coklat, pisang, buah sitrus, serta beberapa jenis keju.

Dalam Effect of tyramine in migraine: a double-blind study, menyatakan bahwa meskipun tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi tyramine dan terjadinya sakit kepala, perubahan elektroensefalografi (EEG) yang diamati selama penelitian mendukung hipotesis bahwa tyramine memiliki aksi pada sistem saraf pusat pada beberapa pasien migrain.

2. Makanan Bersantan

Penderita vertigo sebaiknya indari makanan bersantan

Foto: freepik.com

Makanan penyebab vertigo selanjutnya adalah makanan bersantan. Dalam jumlah yang tepat, santan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seperti yang dikutip dari Medical News Today, beragam manfaat santan bagi kesehatan di antaranya dapat menurunkan berat badan, baik untuk jantung, dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, jika dikonsumsi berlebihan makanan bersantan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya vertigo.

Santan mengandung kalori dan lemak yang tinggi, sehingga selain dapat menambah berat badan, kandungan lemak yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol yang memicu terjadinya sakit kepala dan vertigo.

Baca Juga: Tetap Aktif, Ini Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak Selama Pandemi

3. Makanan Mengandung MSG

MSG adalah salah satu pemicu vertigo

Foto: freepik.com

MSG (monosodium glutamat) telah lama disebut sebagai makanan penyebab vertigo. Beberapa orang yang sensitif terhadap MSG mungkin akan merasa pusing setelah memakan makanan dengan MSG.

Alasan lain makanan dengan MSG menjadi makanan penyebab vertigo adalah tingginya kandungan tambahan sodium dalam makanan, yang kemudian memicu salah satu penyebab vertigo, yaitu penyakit Meniere.

Meniere’s Disease adalah kelainan telinga bagian dalam yang menyebabkan pusing yang parah (vertigo), telinga berdenging (tinnitus), kehilangan pendengaran sementara, dan perasaan penuh atau tersumbat di telinga. Biasanya, penyakit Meniere hanya terjadi di salah satu telinga.

Dugaan lainnya adalah vertigo sebagai salah satu gejala migrain yang jarang disadari orang. Beberapa orang dapat merasakan migrain yang dipicu oleh konsumsi MSG.

4. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula dapat memicu vertigo

Foto: freepik.com

Walau terasa lezat, makanan yang tinggi gula sangat tidak baik bagi kesehatan.

Makanan tinggi gula sering dikaitkan dengan munculnya berbagai macam peningkatan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanter.

Selain itu, makanan tinggi gula juga merupakan makanan yang menyebabkan vertigo kambuh.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar wanita membatasi asupan gula tambahan mereka menjadi 6 sendok teh (25 gram) per hari, sementara pria harus membatasi asupannya menjadi 9 sendok teh (37,5 gram).

Baca Juga: Tak Cuma Makanan Manis, Ini 6 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Gigi

5. Makanan & Minuman Berkafein

Kurangi konsumsi kafein agar vertigo tidak kambuh

Foto: freepik.com

Makanan yang menyebabkan vertigo kambuh salah satunya adalah yang mengandung kafein.

Kafein memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun Moms dan Dads yang memiliki riwayat vertigo sebaiknya menghindari makanan ataupun minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat, minuman berenergi dan soda.

Makanan atau minuman tinggi kafein dapat meningkatkan sensasi telinga berdenging (tinnitus) pada orang yang mengalami masalah vertigo.

6. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam dapat memicu vertigo

Foto: freepik.com

Makanan tinggi garam juga menjadi salah satu makanan penyebab penyakit vertigo kambuh.

Garam terdiri dari sekitar 40% natrium dan 60% klorida. Natrium merupakan mineral yang sangat penting untuk fungsi otot dan saraf.

Bersama dengan klorida, garam dapat membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan air dan mineral dengan tepat.

Namun, jika tubuh mengonsumsi makanan yang tinggi garam, maka akan ada beberapa risiko penyakit yang menghampiri, salah satunya adalah menyebabkan vertigo kambuh.

Baca Juga: 4 Jenis Gerakan Efektif untuk Atasi Penyakit Vertigo

7. Minuman Beralkohol

Meminum alkohol dapat memicu sakit kepala dan vertigo

Foto: freepik.com

Tidak hanya makanan yang menyebabkan vertigo kambuh, tetapi juga minuman seperti minuman berkafein dan minuman beralkohol.

Minuman beralkohol dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi dan metabolitnya berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak.

Alkohol dapat memicu serangan vertigo yang parah, migrain, muntah dan mual. Minuman beralkohol dapat mengganggu proses otak dan mempengaruhi fungsi kognitif pada otak.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki riwayat vertigo untuk tidak meminum minuman beralkohol.

8. Gorengan

Gorengan adalah salah satu pemicu vertigo

Foto: freepik.com

Gorengan menjadi makanan yang menyebabkan vertigo kambuh dan harus dihindari.

Salah satu alasannya adalah karena minyak yang umumnya dipakai untuk menggoreng adalah minyak goreng yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Faktor lain yang dapat memperburuk makanan yang digoreng untuk penderita vertigo adalah minyak jelantah atau minyak yang dipakai berulang kali.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan minyak goreng dapat memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk dapat memicu penyakit vertigo.

Penderita vertigo sebaiknya menghindari makanan yang digoreng. Namun, jika ingin menggoreng, penderita vertigo disarankan untuk mengganti minyak goreng dengan minyak yang lebih rendah lemak jenuh, misalnya minyak canola, minyak zaitun atau minyak kelapa.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Vertigo Sebelum Ganggu Aktivitas

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko vertigo kambuh, yaitu dengan menggabungkan makanan yang bersifat anti-inflamasi dan bersifat detoksifikasi.

Hal ini dapat mengurangi pembengkakan jaringan di telinga bagian dalam, memperbaiki sel, dan memastikan regenerasi sel yang sehat.

Minum banyak air mineral juga menjadi salah satu hal yang dapat meminimalisir kambuhnya vertigo karena makanan-makanan di atas.

Konsumsi makanan yang kaya akan kalium, Vitamin B dan C, seng, serta magnesium juga dapat mencegah risiko serangan vertigo.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait