Kesehatan

25 November 2019

Mengidap Hipotensi? Konsumsi 6 Makanan Ini!

Bagi Moms yang mengidap tekanan darah rendah, sebaiknya konsumsi makanan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, pernahkah mendengar tentang hipotensi? Hipotensi adalah nama lain dari tekanan darah rendah, yang bisa dialami siapa saja. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah ketika berada di bawah 90/60 mm/Hg.

Tekanan darah rendah berdasarkan ukuran kekuatan yang diberikan darah ke dinding arteri saat dipompa ke seluruh tubuh.

Dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute, orang dengan hipotensi bisa mengalaminya setiap saat sampai menjadi hal yang normal, tapi beberapa orang lainnya mengalami penurunan tekanan darah yang mendadak.

Penyebab hipotensi biasanya karena pengobatan, perdarahan, usia, dehidrasi, ibu hamil, diabetes, dan masalah jantung. Ibu hamil rentan mengalami hipotensi karena sistem peredaran darahnya yang mengalir dengan cepat.

Nyatanya, seseorang dengan tekanan darah rendah tidak selalu mengalami gejala yang serius. Mereka tetap bisa beraktivitas seperti biasa, namun hati-hati jika Moms mulai mengalami tanda seperti pusing, pandangan buram, atau merasa mual dan lemas.

Untuk bisa meminimalisirnya, yuk konsumsi makanan untuk pengidap hipotensi di bawah ini!

Baca Juga: 6 Langkah Mengobati Tekanan Darah Rendah

Makanan untuk Pengidap Hipotensi

Jika Moms mempunyai tekanan darah rendah, sebaiknya perhatikan setiap makanan yang dikonsumsi.

Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang memang cocok apabila Moms memiliki hipotensi, yaitu:

1. Perbanyak Minum Air Putih

makanan untuk hipotensi 1.jpg

Dehidrasi adalah kondisi yang berbahaya untuk seseorang dengan tekanan darah rendah.

Hal ini diungkapkan juga oleh Priyanka Aashu Singh, ahli gizi dari Portea Medical, Bangalore. Untuk itu, pastikan asupan cairan tubuhmu cukup setiap hari terutama saat banyak aktivitas dan cuaca sedang panas.

“Ketika kamu memiliki tekanan darah rendah dan mengalami dehidrasi, tubuh berjuang untuk memberikan oksigen dan nutrisi. Sedangkan tubuh tidak dapat menyimpan cairan sehingga butuh minum air yang cukup untuk menggantikan kehilangan cairan ini. Setidaknya coba minum 8 gelas per hari atau sesuaikan dengan kebutuhan tubuh,” ujar Priyanka.

Asupan cairan juga bisa didapatkan juga dari air kelapa atau jus delima karena memiliki elektrolit yang diperlukan untuk menjaga tekanan darah tetap optimal.

2. Tingkatkan Konsumsi Garam

makanan untuk hipotensi 2.jpg

Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan memang tidak baik, namun untuk pengidap hipotensi sebaiknya meningkatkan konsumsi garam dalam makanan yang dikonsumsi.

Sebagai alternatifnya, Moms bisa mengonsumsi sea salt, black salt, dan garam Himalaya karena kandungan mineralnya lebih tinggi dibandingkan garam putih.

Baca Juga: Hati-Hati dengan Tekanan Darah Rendah Saat Hamil!

3. Makanan Mengandung Vitamin B-12

makanan untuk hipotensi 3.jpg

Anemia yang menyebabkan tekanan darah rendah bisa terjadi ketika kamu mengonsumsi terlalu sedikit vitamin B-12. Untuk itu, perbanyak makanan tinggi B-12 seperti telur, sereal, dan daging sapi.

4. Makanan Tinggi Folat

makanan untuk hipotensi 4.jpg

Makanan terlalu sedikit folat ternyata memiliki efek yang sama dan bisa menyebabkan tekanan darah rendah.

Oleh sebab itu, makanan yang baik untuk pengidap hipotensi adalah yang kaya akan folat, seperti asparagus, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, dan kacang polong, serta buah bit, pisang, avokad, dan melon.

5. Makanan Tinggi Kalsium dan Magnesium

makanan untuk hipotensi 5.jpg

Dr. Janet Brill, ahli gizi dan penulis buku Blood Pressure Down! mengungkapkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah rendah harus banyak mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan magnesium.

Kandungan kalsium bisa didapatkan dari sarden, susu bebas lemak, kol, dan brokoli. Sumber makanan mengandung magnesium bisa didapatkan dari almond, roti gandum, kacang kedelai, dan oatmeal.

Baca Juga: Benarkah Kopi Memicu Maag? Ini 7 Cara Minum Kopi Agar Tidak Sakit Perut

6. Kafein

makanan untuk hipotensi 6.jpg

Kafein sudah dikenal mampu meningkatkan tekanan darah sementara. Nah, apabila tekanan darah Moms tiba-tiba menurun dan mulai merasa pusing, tidak ada salahnya untuk membuat secangkir teh atau kopi.

Menurut penelitian yang diterbitkan Harvard Health Publishing, kafein membantu meningkatkan tekanan darah dengan merangsang sistem kardiovaskular dan meningkatkan denyut jantung.

Itulah makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat kamu mengalami hipotensi. Cobalah untuk makan dalam porsi lebih kecil dan sering.

Nyatanya, makan dalam jumlah besar dapat menyebabkan penurunan tekanan darah lebih cepat. Hindari juga mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat tinggi, terutama karbohidrat olahan.

(DG)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait