Kesehatan

KESEHATAN
9 Januari 2021

Menyegarkan, Berikut 11 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tidak hanya segar di masakan, lemon juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kulit.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms pasti sudah cukup akrab dengan buah satu ini. Buah yang masih tergolong ke dalam keluarga sitrus dan memiliki kulit kuning cerah ini sering dijadikan penambah rasa pada makanan maupun minuman agar terasa semakin segar.

Meskipun rasa asamnya sangat dominan, tapi tidak sedikit orang yang menyukai buah satu ini. Buah lemon terkenal akan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk biasa.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Karena keunggulan ini, buah lemon sering digunakan dalam resep pengobatan tradisional seperti irisan buah lemon yang dicampur dengan air jahe hangat untuk meredakan gejala flu, serta meminum rutin jus lemon untuk mendukung program penurunan berat badan.

Kedua manfaat ini hanya sebagian kecil dari manfaat buah lemon sesungguhnya. Lalu, apa saja ya manfaat buah lemon yang lainnya?

Manfaat Buah Lemon untuk Wajah

Buah lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Buah lemon juga dikenal dengan efek detoksifikasinya, terutama jika menambahkan irisan buah lemon atau sari lemon ke dalam air untuk diminum.

Buah lemon sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk masalah kulit.

Karena banyaknya manfaat buah lemon untuk wajah dan kulit, banyak produk kecantikan di berbagai belahan dunia mengandung lemon sebagai komponen utamanya.

Penasaran apa saja manfaat buah lemon untuk wajah?

1. Mengatasi Jerawat

lime-2481358_640.jpg

Foto: pixabay.com

Manfaat buah lemon untuk wajah yang pertama dan cukup terkenal adalah buah lemon dapat membantu mengobati jerawat.

Karena kandungan asam sitratnya, buah lemon memiliki sifat astringen alami, yaitu zat kimia alami berbasis air dan bermanfaat untuk membersihkan wajah.

Selain membantu membersihkan wajah, astringen juga mampu mengencangkan pori-pori dan dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang merupakan faktor utama tumbuhnya jerawat.

Tingkat keasaman lemon yang cukup tinggi juga memiliki efek antibakteri atau antimikroba yang dapat membantu mengurangi inflamasi sehingga dapat mencegah jerawat tumbuh dan meradang.

Akan tetapi, terapi perasan buah lemon untuk mengobati jerawat ini tidak dianjurkan untuk Moms yang memiliki masalah kulit sensitif, karena justru dapat memicu peradangan dan membuat wajah merasakan sensasi panas dan juga gatal.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Untuk menyiasatinya, Moms dapat menggunakan madu sebagai campuran masker perasan buah lemon. Faktanya, kombinasi madu dan buah lemon untuk mengobati jerawat terbukti ampuh.

Para peneliti menemukan bahwa madu dapat membantu mengurangi tumbuhnya jerawat dengan membunuh sejumlah jenis bakteri penyebab jerawat.

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon membuatnya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Banyak sekali produk pencerah wajah yang mengandung ekstrak lemon.

Perlu diketahui, kulit kita juga membutuhkan vitamin C, karena merupakan antioksidan yang bertindak untuk melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta salah satu faktor kulit kusam.

Vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit yang membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, meratakan warna kulit dan meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

3. Meredakan Gatal

manfaat buah lemon untuk kulit

Foto: pixabay.com

Manfaat buah lemon untuk wajah selanjutnya adalah membantu meredakan gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, bahwa perasan buah lemon memiliki sifat anti jamur.

Lemon juga dapat membunuh strain jamur Candida yang merupakan jamur penyebab infeksi pada kulit.

4. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tentu banyak perubahan yang terjadi di kulit, khususnya di wajah. Menurunnya kadar kolagen dalam kulit menjadi faktor timbulnya bintik hitam, kerutan halus, serta kulit kusam.

Munculnya gejala-gejala tersebut di wajah dapat dianggap sebagai beberapa tanda kulit sudah mengalami tanda-tanda penuaan.

Walaupun Moms rela mengeluarkan uang untuk menjalani treatment kecantikan, pertimbangkan juga khasiat buah lemon yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon tidak hanya dapat mencerahkan kulit saja, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi garis-garis halus.

5. Menghilangkan Komedo

khasiat lemon untuk komedo

Foto: pixabay.com

Manfaat buah lemon untuk wajah lainnya adalah buah lemon dapat membantu menghilangkan komedo.

Lemon mengandung asam sitrat yang merupakan bentuk alami dari Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Mengutip dari Healthline, Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah sekelompok asam yang diturunkan dari tumbuhan dan hewan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Produk yang biasanya mengandung AHA adalah produk perawatan anti-aging harian, seperti serum, toner, dan krim.

Zat ini juga dapat membantu dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Seperti buah-buahan pada umumnya, buah lemon menyimpan berbagai macam manfaat untuk kesehatan karena memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Buah kuning ini populer karena rasanya yang segar dan mudah dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk makanan dan minuman maupun sebagai bumbu tambahan masakan.

Walau bukan buah asli Indonesia, buah ini cukup mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

Meskipun berukuran hanya sebesar kepalan tangan, buah lemon memiliki manfaat yang besar, terutama untuk kesehatan.

Lemon kaya akan vitamin C, asam sitrat, magnesium, serta beberapa senyawa kimia alami seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid yang berperan penting dalam menyehatkan tubuh.

Ada beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan, yaitu:

6. Menyehatkan Jantung

manfaat lemon untuk jantung

Foto: pixabay.com

Manfaat buah lemon untuk kesehatan yang pertama adalah buah lemon terbukti dapat menyehatkan jantung.

Dalam satu buah lemon terkandung sekitar 31 mg vitamin C, yang memenuhi 51% kebutuhan angka kecukupan gizi (AKG) per hari.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain vitamin C yang dapat menyehatkan jantung, serat dan senyawa kimia alami di dalam lemon juga dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung secara signifikan.

Senyawa kimia yang ditemukan dalam lemon, yaitu Hesperidin dan Diosmin juga terbukti dapat menurunkan kolesterol.

7. Membantu Mengontrol Berat Badan

Buah lemon sering dijadikan rekomendasi sebagai buah yang wajib dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa buah lemon bermanfaat untuk mengontrol berat badan.

Yang pertama adalah serat pektin yang terkandung di dalam buah lemon dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Teori lainnya mengatakan bahwa minum air hangat dengan campuran lemon dapat membantu menurunkan berat badan.

Tetapi, dalam Water-induced thermogenesis menyatakan bahwa, minum air mineral memang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Jadi, kemungkinan yang membantu menurunkan berat badan adalah air, bukan lemon.

Penelitian lain mengungkapkan, bahwa zat polifenol pada lemon dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, penelitian ini baru dilakukan kepada tikus dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek penurunan berat badan dari senyawa polifenol pada lemon di manusia.

8. Mencegah Batu Ginjal

manfaat lemon untuk kesehatan ginjal

Foto: pixabay.com

Manfaat buah lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah buah lemon dapat mencegah batu ginjal.

Batu ginjal adalah gumpalan kecil seperti batu yang terbentuk ketika produksi limbah mengkristal dan menumpuk di dalam ginjal. Masalah kesehatan satu ini cukup umum dan penderitanya cenderung dapat mengalaminya kembali (kambuh).

Asam sitrat pada buah lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin.

Untuk Moms dan Dads yang ingin mencegah batu ginjal, disarankan untuk mengonsumsi setengah cangkir (125ml) jus lemon setiap harinya.

Hal ini dapat membuat tubuh mendapatkan asupan asam sitrat yang cukup untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Meskipun sudah terbukti, namun penelitian lebih besar mengenai efek asam sitrat dalam buah lemon untuk mencegah batu ginjal masih diperlukan.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

9. Mencegah Anemia

Manfaat buah lemon untuk kesehatan satu ini mungkin belum sering terdengar. Faktanya, lemon dapat mencegah dan melindungi seseorang dari anemia.

Mengutip dari Mayo Clinic, anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah yang sehat, untuk membawa oksigen yang cukup ke dalam jaringan tubuh. Akibatnya, anemia dapat membuat seseorang merasa lelah dan lemas.

Lemon memang mengandung zat besi, namun cara kerja lemon mencegah anemia adalah dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Selain itu, lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang berperan untuk memastikan tubuh menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini lah yang membuat lemon dapat mencegah anemia.

10. Mencegah Kanker

lemon bisa mencegah kanker

Foto: pixabay.com

Manfaat buah lemon untuk kesehatan lainnya adalah buah lemon dapat mencegah kanker.

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah jeruk paling banyak, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker.

Dalam penelitian tabung reaksi, senyawa dari buah lemon dapat membunuh sel-sel kanker.

Dalam National Center for Health Research, penelitian menunjukkan bahwa lemon dan buah jeruk lainnya memiliki zat alami yang mungkin memiliki sifat melawan kanker, yaitu pektin jeruk dan limonoid yang dimodifikasi.

Sayangnya walaupun terlihat sangat menjanjikan, sifat-sifat ini belum pernah diuji pada manusia dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

11. Melancarkan Pencernaan

Lemon mengandung sekitar 10% karbohidrat yang sebagian besarnya dalam bentuk serat larut dan gula sederhana.

Lemon juga mengandung serat utama yaitu serat pektin, yang terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dengan melancarkan pencernaan serta memperlambat pencernaan gula dan pati yang berefek pada penurunan kadar gula dalam darah.

Namun, perlu diperhatikan ya Moms, jika ingin mendapatkan manfaat dari serat pektin pada buah lemon, maka daging buahnya juga harus ikut dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Diet, Bisa Buat Langsing!

Perlu diingat ketika membuat olahan atau campuran buah lemon, hindari suhu panas agar kandungan vitamin C di dalamnya tetap terjaga. Buah lemon yang penuh manfaat ini bisa menjadi salah satu buah pilihan yang dapat dikonsumsi secara rutin.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait