Kesehatan

KESEHATAN
25 November 2020

16 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan dan Kesehatan

Bunga yang sering kita jumpai tapi manfaatnya jarang diketahui
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Tumbuhan yang masuk ke dalam marga Plumeria atau yang umumnya disebut sebagai kamboja di Indonesia, merupakan jenis bunga yang terkenal berkat aroma harumnya.

Kamboja yang juga dikenal dengan nama frangipani ini memiliki bunga berwarna kuning, putih, atau merah muda.

Meski tanaman ini memiliki habitat asli di Amerika Tengah, namun bunga kamboja kini banyak tumbuh di Indonesia, khususnya pulau Jawa dan Bali. Bahkan, bunga kamboja sudah sangat melekat dengan kebudayaan serta acara keagamaan di Bali.

Bunga kamboja sering kali digunakan pada acara-acara adat juga keagamaan karena mengeluarkan aroma yang khas. Selain itu, warna dan bentuknya yang indah membuat bunga kamboja kerap dijadikan tanaman hias, baik ditanam dalam pot maupun tumbuh sebagai pohon.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat bunga kamboja? Yuk, cari tahu daftar lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: 21+ Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan ASI

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

hotel-towel-shampoo-soap-bath-bottle-set-white-bed-with-plumeria-flower-decorated-relax-vacation-hotel-resort-concept.jpg

Foto: freepik.com

Ternyata manfaat bunga kamboja sudah dikenal sejak berabad-abad silam baik sebagai parfum, bahan untuk berwatan kecantikan, hingga sebagai obat tradisional alami. Berikut ini adalah 16 manfaat bunga kamboja yang bisa Moms dapatkan.

1. Sebagai Parfum Alami yang Menyegarkan

Bagi sebagian besar orang, aroma tubuh yang wangi merupakan salah satu faktor penting dalam keseharian. Tubuh yang harum karena parfum tertentu dapat menambah rasa percaya diri dan juga menunjang penampilan agar makin sempurna.

Salah satu bunga yang kerap dimasukkan sebagai bahan campuran parfum adalah bunga kamboja. Karena aromanya yang khas, bunga kamboja bahkan sudah digunakan dalam pembuatan parfum sejak abad 16.

Hasil salah satu studi literatur Jurnal Bahan Alam Terbarukan yang dipublikasikan Universitas Negeri Semarang menunjukkan bahwa dalam kamboja ada beberapa senyawa atsiri, yang menyebabkan bunga tersebut berbau harum.

Senyawa-senyawa atsiri yang terdapat dalam kamboja diantaranya geraniol, sitronelol, dan linalool.

Senyawa-senyawa tersebut tak hanya memunculkan aroma harum, namun memiliki khasiat lainnya seperti dapat memberi efek relaksasi, mengurangi stress, dan mengusir nyamuk.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Menurut Journal of Medicinal Plants Research, manfaat bunga kamboja yang telah diekstrak menjadi minyak esesnsial adalah berguna untuk menenangkan kulit.

Bunga kamboja juga kerap disarankan sebagai salah satu bentuk perawatan alami bagi orang yang memiliki penyakit kulit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bau harum dari kamboja putih telah digunakan sebagai aromaterapi. Keharuman ini berasal dari kandungan minyak atsiri yang memiliki nilai tinggi dalam bisnis kecantikan.

Minyak dari frangipani dipercaya dapat membuat kulit menjadi rileks dan menjauhkan potensi parasit di kulit.

3. Memiliki Manfaat untuk Mengusir Serangga

lady-hand-pick-plumeria-flower-from-green-grass-ground-people-with-beautiful-nature-concept.jpg

Foto: freepik.com

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, manfaat bunga kamboja bagi kulit salah staunya adalah dapat menjadi senyawa repelan (repellent).

Repelan adalah bahan-bahan kimia yang mempunyai kemampuan untuk menjauhkan serangga dari manusia sehingga dapat dihindari gigitan serangga atau gangguan oleh serangga terhadap manusia.

Salah satu penelitian melaporkan pemanfaatan bunga ini dengan penyulingan minyak atsiri menggunakan air. Minyak yang terkumpul kemudian diformulasikan menjadi basa gel dengan konsentrasi 5 sampai 10 persen dan diaplikasikan sebagai repelan.

Baca Juga: 11+ Manfaat Bunga Telang, Bisa Obati Asma dan Lancarkan Menstruasi!

4. Melembapkan Kulit

Minyak bunga kamboja kerap digunakan untuk pemijatan karena khasiatnya yang melembabkan. Minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering atau pecah-pecah.

Hal ini karena manfaat bunga kamboja yang dapat mengikat molekul air. Minyak dari bunga kamboja juga dipercaya bisa mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga kelembaban kulit Moms akan terjaga.

5. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Manfaat bunga kamboja terutama pada ekstrak minyaknya memiliki sifat deep cleansing, yang bisa meningkatkan kemampuannya untuk membersihakn kulit.

Dalam penelitian Jurnal Natural Unsyiah, kombinasi ekstrak etanol yang terkandung dari bunga kamboja dengan zat tertentu menunjukkan efek sinergis pada aktivitas antibakteri.

Penelitian ini menjadi informasi baru untuk menemukan kombinasi peran minyak bunga kamboja terhadap aktivitas antimikroba dan antioksidan.

6. Menyehatkan Rambut

cara-melembutkan-rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya untuk wajah, manfaat bunga kamboja juga ada bagi rambut, lho, Moms. Ekstrak minyak yang ada pada bunga kamboja ternyata memiliki khasiat membuat rambut lebih lembap, lembut, halus, dan sehat.

Minyak ini juga melindungi rambut dari sinar UV yang dapat merusak kesehatannya. Manfaat minyak kamboja juga dapat melembabkan kulit kepala sehingga mengurangi kemungkinan kulit kepala terkelupas atau berketombe.

Selain itu, minyak kamboja dapat meningkatkan sensitivitas indra kita sekaligus memberikan efek tenang. Untuk hasil terbaik, cuci rambut Moms secara teratur dan pijat kulit kepala serta rambut menggunakan sedikit minyak frangipani.

Selanjutnya tutup kepala dengan handuk hangat selama 15 menit. Lalu bilas keramas kembali hingga bersih untuk hasil rambut yang halus.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

7. Meningkatkan Kolagen dan Mencegah Penuaan Dini

Kolagen adalah serat protein tak larut yang sangat dibutuhkan tubuh. Zat ini berfungsi penting dalam memperkuat jaringan kulit, tulang, gigi, sendi, ligament, urat, dan pembuluh darah.

Istilah kolagen berasal dari kata ‘kolla’ dalam Bahasa Yunani yang berarti lem, karena keunikan cara kerja kolagen seperti lem yang memiliki fungsi merekatkan dan menghubungkan berbagai bagian tubuh.

Nah, manfaat bunga kamboja lainnya yang luar biasa adalah meningkatkan kadar kolagen dalam kulit. Jika digunakan secara teratur pada kulit, manfaat bunga kamboja akan membantu membuat kulit tetap kenyal, serta mengurangi tanda penuaan dini.

Kebutuhan tubuh terhadap kolagen cukup besar yang mencapai sekitar 30 persen dari total protein tubuh. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan menurunnya kekuatan jaringan tubuh dan terganggunya kesehatan.

8. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Seperti diketahui, ekstrak bunga kamboja memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kulit wajah. Salah satu manfaat bunga kamboja dan kandungan antioksidannya adalah untuk mencerahkan kulit wajah.

Radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit dan menyebabkan warna kulit tidak merata. Antioksidan yang terdapat dalam bunga kamboja dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal.

9. Melindungi Kulit Wajah dari Efek Sinar UV

Keracunan Matahari, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Foto: Orami Photo Stock

Kulit bisa mengalami kerusakan jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Namun, kerusakan ini bisa dicegah berkat adanya vitamin C pada kulit dan bunga kamboja merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik.

Menurut penelitian dalam jurnal Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, ekstrak air bubuk kamboja memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Manfaat bunga kamboja lainnya adalah memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Hal ini terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Vitamin C juga diduga dapat membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit.

Baca Juga: Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya

10. Mencegah Jerawat di Wajah

Manfaat bunga kamboja yang lain adalah dapat digunakan sebagai masker anti jerawat karena kandungan senyawa antibakteri di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Moms bisa membuat masker dari sari bunga kamboja. Caranya pun sangat mudah, cukup menyiapkan sari bunga kamboja yang kini sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk.

Moms bisa mencampurkan bubuk bunga kamboja dengan air lalu mengoleskannya ke wajah. Tunggu selama 15 hingga 20 menit lalu bilas. Ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

11. Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah

Manfaat bunga kamboja yang lain adalah dapat menghilangkan tahi lalat. Tahi lalat memang tak selamanya mengganggu, namun apabila Moms ingin menghilangkannya untuk alasan kenyamanan, Moms bisa menggunakan getah dari bunga kamboja ini.

Caranya, ambilah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas.Setelah itu oleskan dan tempelkan kapas tersebut pada tahi lalat yang ingin dihilangkan.Lakukanlah secara rutin hingga tahi lalat berangsur pudar.

12. Meningkatkan Elastisitas Kulit Wajah

Mengenal 5 Jenis Kulit Wajah untuk Tahu Perawatan yang Tepat

Foto: Orami Photo Stock

Bunga kamboja memiliki kandungan vitamin E dan emolien yang sangat baik untuk kulit. Selain berguna sebagai relaksasi, zat tersebut juga dapat melemaskan otot dan menyehatkan kulit.

Kadar kolagen yang tinggi dalam bunga kamboja juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

Selain vitamin E dan emolin yang meningkatkan elastisitas kulit, bunga kamboja juga mengandung glikosia dan konstituen lain yang dapat melembapkan kulit. Zat ini juga menenangkan kulit dan mencegah pecah-pecah dan kekeringan.

Baca Juga: Hadirkan 15 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat untuk Kesehatan

13. Sebagai Bahan Dasar Skincare

Skincare dan produk kecantikan berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, manfaat bunga kamboja banyak digunakan sebagai bahan dasar skincare atau produk kecantikan kulit.

Jiak Moms tidak punya banyak waktu untuk mengolah bunga kamboja secara langsung,Moms bisa membeli skincare berbahan dasar bunga kamboja yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Jenis skincare berbahan dasar bunga kamboja ada berbagai macam mulai dari masker wajah, body lotion, bedak, ataupun yang berbentuk ekstrak minyak.

14. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan

Arti 10 Tahapan Pembukaan Persalinan yang Wajib Moms Tahu, Simak di Sini!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nyeri selama persalinan merupakan salah satu ketakutan yang dirasakan oleh sebagian besar wanita hamil.

Jika tidak dapat beradaptasi dengan rasa nyerinya, hal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim semakin tidak terkoordinasi dan menyebabkan persalinan menjadi lebih lama.

Ada beberapa cara yang dipercaya dapat mengurangi intensitas nyeri persalinan, termasuk menerapkan pijatan menggunakan minyak esensial. Salah satu minyak esensial yang dapat digunakan adalah minyak bunga seperti kamboja.

International Journal of Therapeutic Massage & Bodywork melakukan penelitian pada 70 wanita yang bersalin di Pembantu Dauh Puri Health Center Denpasar, Bali.

Satu kelompok partisipan medapatkan dua sesi pijat, yakni menggunakan minyak kelapa dan menggunakan minyak aromaterapi kamboja. Mereka dipijat dengan cara menggosok dan menekan telapak tangan ke daerah punggung, pada ruas toraks 10, 11, 12 dan lumbal 1.

Sebelum dipijat, sebagian besar responden mengalami nyeri persalinan yang hebat. Selama dipijat tanpa aromaterapi, sebagian besar responden masih mengalami nyeri yang cukup parah.

Namun, setelah dilakukan perawatan pijat menggunakan aromaterapi minyak kamboja, sebagian besar responden mengalami pengurangan intensitas nyeri.

Secara statistik, ada pengaruh yang signifikan pada perawatan pijat menggunakan minyak aromaterapi kamboja terhadap intensitas nyeri persalinan. Ini bisa menjadi manfaat bunga kamboja yang lainnya.

15. Sebagai Obat Penurun Demam

Bunga kamboja mempunyai sejumlah senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yakni triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin.

Dilansir dari Resep sehat Alami Wied Harry di TV, zat-zat tersebut bersifat antipiretik yang dapat menurunkan demam, antiinflarnatif yang dapat mengatasi radang, dan analgesik yang dapat meredakan rasa sakit.

Karena kandungan-kandungan inilah, manfaat bunga kamboja bagi kesehatan juga sangat baik. Termasuk untuk mengurangi nyeri datang bulan hingga mencegah heat stroke atau pingsan akibat udara panas atau terkena sinar matahari.

16. Mengatasi Penyakit Disentri Secara Alami

Menurut buku Ensiklopedia Millenium:Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia yang terbit pada 2009, manfaat bunga kamboja untuk kesehatan lainnya adalah dapat mengatasi disentri. Caranya dengan merebus 12-24 gram bunga kamboja kering dengan 400 cc air.

Rebus bunga kamboja hingga menyisakan air 200cc. Dinginkan, lalu konsumsi.

Itu dia Moms, ragam manfaat bunga kamboja untuk kesehatan dan kecantikan. Apakah Moms jadi tertarik mencoba untuk gunakan bunga kamboja sebagai perawatan tubuh?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait