Kehamilan

KEHAMILAN
16 Agustus 2020

Ketahui 8 Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil dan Kulit, Catat!

Tahu mengandung antioksidan dan bisa mencegah kanker lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahu menjadi makanan yang banyak diminati oleh orang Indonesia, serta biasanya ditemani dengan tempe. Tahu banyak jenisnya, seperti tahu kuning, tahu putih, dan juga tofu.

Nah, apabila diperhatikan tekstur tofu akan jauh lebih lembut dari tahu biasa. Tofu juga kerap ditambahkan dalam menu sup, dan jarang diolah dengan digoreng karena mudah hancur.

Sebenarnya, manfaat tahu didapatkan dari segala jenis tahu karena makanan ini menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik.

Dilansir dari WebMD, tahu mengandung asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri. Protein yang menjadi kandungan utamanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh Moms dan ternyata juga memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit, lho!

Tahu kaya akan semua nutrisi penting dan dapat dikonsumsi selama kehamilan. Bahan makanan yang berasal dari kedelai ini tinggi zat besi, protein dan merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik.

Yuk, cari tahu seperti apa manfaat tahu untuk ibu hamil dan juga kulit berikut ini.

Baca Juga: Alasan Tahu dan Tempe Menjadi Makanan Terbaik untuk Kehamilan

Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil

manfaat makan tahu saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Mengetahui bahwa sedang hamil adalah salah satu perasaan yang menyenangkan, sekaligus deg-degan. Kehamilan membawa banyak larangan dan daftar yang harus dilakukan dalam rutinitas Moms. Salah satunya mengenai nutrisi.

Di antara berbagai pertanyaan yang muncul tentang asupan nutrisi tertentu, tahu adalah salah satunya.

Tahu umumnya masih aman dikonsumsi selama kehamilan. Tentunya dalam porsi sedang. Jika masih bingung apa saja manfaat makan tahu saat hamil, simak poin di bawah ini, yuk!

1. Protein Tinggi

Manfaat tahu saat hamil yang pertama adalah tahu mengandung protein tinggi. Tahu terbuat dari susu kedelai, sehingga keduanya memiliki susunan nutrisi yang sama.

Satu porsi tahu 3 ons biasanya mengandung hampir 10 gram protein, 15 hingga 20 persen dari porsi kalsium harian yang direkomendasikan dan kurang dari 100 kalori.

"Selain protein berkualitas tinggi, kedelai juga menyediakan folat, zat besi, kalsium, seng, dan mineral," kata Elizabeth Somer, MA, RD, Salem, penulis Eat Eat Way to Happiness. Ini artinya, tahu dikemas dengan protein yang membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Menurut American Pregnancy Association, para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 75-100 gram protein per hari. Protein memberikan pengaruh baik pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak. Ini juga membantu payudara dan jaringan rahim tumbuh selama kehamilan. Ini juga berperan untuk meningkatkan suplai darah.

2. Sumber Kalsium

Manfaat tahu saat hamil yang selanjutnya adalah sebagai sumber kalsium. Kalsium adalah komponen yang sangat diperlukan untuk perkembangan tulang yang tepat dalam tubuh ibu dan bayi.

Ini membantu dalam perkembangan tulang, gigi, saraf, dan otot pada janin Moms yang sedang tumbuh. Kedelai mengandung asam fitat, zat tumbuhan alami yang berikatan dengan mineral.

Asam fitat dapat menghalangi penyerapan beberapa logam berat, seperti merkuri, timbal, kadmium, dan uranium), yang sangat bagus.

”Tetapi juga dapat menghambat penyerapan mineral penting seperti niasin, kalsium, magnesium, besi dan seng, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin,” kata Brandon Horn, Ph.D., JD, L.Ac., seorang profesor kedokteran reproduksi di Universitas Pengobatan Tradisional Cina Yo-San di Los Angeles.

Baca Juga: Sebelum Ibu Hamil Minum Protein Shake, Tanyakan 4 Hal Penting Ini!

3. Membantu Produksi Sel Darah

Manfaat tahu saat hamil yang selanjutnya adalah membantu produksi sel darah. Tahu adalah sumber kaya zat besi dan tembaga, yang membantu pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, ini adalah bagian penting dari hemoglobin yang membantu dalam menciptakan energi dan melepaskan oksigen dalam tubuh. Efek makan tahu selama hamil lainnya, adalah manfaat dari zat besi yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Moms.

4. Mengandung Antioksidan

Manfaat makan tahu saat hamil yang selanjutnya adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan dalam tahu dikenal untuk memulai jenis respon yang sama dalam tubuh, seperti halnya obat-obatan hipertensi.

Flavonoid dan Isoflavonoid hadir dalam ahu adalah antioksidan yang baik dan bermanfaat dalam mencegah timbulnya penyakit potensial. Mengkonsumsi ini sebelum dan selama kehamilan dapat membantu melindungi bayi dari diabetes dan obesitas di masa depan.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat konsumsi tahu saat hamil yang selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Tahu kaya akan asam lemak omega 3, yang membantu menghindari gumpalan darah yang potensial, sehingga mencegah arteri tersumbat.

Selain itu, ia merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang baik dan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh Moms.

Kemampuan kacang-kacangan untuk menurunkan kadar kolesterol memang sudah tersohor. Namun ingatlah bahwa saat hamil, Moms juga membutuhkan kolesterol.

”Saat hamil, tubuh Moms membutuhkan kolesterol untuk membuat progesteron, estrogen, dan vitamin D,’’ kata Brandon Horn.

Baca Juga: Kenali Sumber Protein Penting Bagi Ibu Hamil!

Manfaat Tahu untuk Kulit

manfaat tahu untuk kulit

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk ibu hamil, ada juga manfaat tahu untuk kesehatan kulit yang mungkin belum Moms ketahui. Berikut ini daftarnya.

6. Menjaga Elastisitas Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit dapat mengendur karena persediaan kolagen yang perlahan berkurang.

Nah, makan tahu bisa menjadi pilihan untuk menjaga elastisitas kulit. Hal ini karena tahu kaya kalsium, vitamin E, dan protein yang mampu memperlambat pengurangan kolagen.

Selain itu, cara meningkatkan elastisitas kulit bisa dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, yaitu menghindari terlalu banyak mengonsumsi gula dan alkohol, serta tidak merokok.

Asupan nutrisi lainnya juga bisa didapatkan dari buah-buahan, lemak sehat, sayuran, minum banyak air putih, dan mengurangi makanan olahan.

“Perawatan dari luar seperti penggunaan krim topikal, misalnya retinoid dan peptida berbasis vitamin A membantu produksi kolagen alami kulit,” ungkap Dr. Rachel Nazarian, dokter kulit bersertifikat di American Academy of Dermatology, mengutip Health.

7. Melawan Radikal Bebas

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat tahu untuk kulit dapat melawan radikal bebas.

Menurut jurnal Biotechnology Research International, tahu tidak hanya akan protein, namun juga mengandung antioksidan yang baik, seperti karotenoid, vitamin C dan E.

Diketahui antioksidan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Journal of Cosmetic and Laser Therapy, antioksidan mampu melindungi kulit dan melawan dari radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga mampu mencegah penuaan dini dan munculnya keriput di wajah.

8. Menjaga Kelembapan Kulit

The Vegetarian Resource Group mengungkapkan, tahu juga menjadi sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Moms mungkin sudah tahu bahwa kalsium adalah mikronutrien lain, khususnya mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, kalsium ternyata membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, mencegah kulit iritasi, menjaga kelembapannya, dan mengatur produksi sebum dalam kulit.

Itulah manfaat tahu untuk kulit. Semuanya kembali pada cara pengolahannya, ya, Moms. Tofu sebaiknya diolah tanpa tambahan gula, lemak tidak sehat, natrium berlebihan, dan bahan pengawet.

“Sama seperti makanan olahan lainnya, nutrisinya akan lebih rendah dibandingkan yang langsung dimasak. Hal ini akan menghilangkan protein dari enzim dan bakteri lain yang diperlukan untuk memengaruhi kualitas gizi,” Dr. Taz Bhatia, pakar kesehatan dan penulis dari What Doctors Eat.

Jadi, jika diolah dengan menggunakan minyak dan garam berlebih, tentunya akan menghilangkan manfaat utamanya. Lebih baik konsumsi tofu dengan cara direbus atau dimasukkan ke dalam sup yang hangat. Nikmat sekali, ya!

Itulah beberapa manfaat tahu untuk ibu hamil dan juga bagi kulit. Selama porsinya cukup, tentu manfaatnya akan terasa.

(CIL/DBR)

Artikel Terkait