14 Juni 2022

Masjid Al Mumtadz, Masjid yang Didesain Ridwan Kamil untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Di kawasan tersebut juga akan dibangun Islamic Center
Masjid Al Mumtadz, Masjid yang Didesain Ridwan Kamil untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Foto: instagram.com/ridwankamil

Moms, seperti yang sudah diketahui, jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau biasa disapa Eril baru saja dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022. Masjid Al Mumtadz sendiri sudah direncanakan akan dibangun di samping makam Eril.

Eril merupakan putra pertama dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meninggal akibat tenggelam di Sungai Aare pada Kamis, 26 Juni 2022 dan ditemukan 2 minggu setelahnya.

Kejadian ini menjadi sorotan banyak netizen lantaran Eril dikenal sebagi sosok anak yang baik. Sehingga kepergian Eril pun menimbulkan tangis untuk banyak orang.

Bangunan Masjid Al Mumtadz ini memiliki desain modern yang megah dan dirancang sendiri oleh sang ayah, Ridwan Kamil. Lokasi masjid ini bertepatan di Kabupaten Bandung.

Seperti apa Masjid Al Mumtadz nantinya? Yuk, Moms simak di sini serba-serbi Masjid Al Mumtadz yang diambil dari nama belakang Eril.

Baca Juga: Serba-Serbi Bendungan Engehalde Tempat Ditemukannya Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz

Masjid Al Mumtadz Berlokasi di Bandung

masjid al mumtadz
Foto: masjid al mumtadz

Foto: instagram.com/ridwankamil

Moms, Senin, 13 Juni 2022, jenazah Eril dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan setelah disalatkan di Gedung Pakuan.

Lokasi Masjid Al Mumtadz ini berada di Kampung Geger Beas RT 01/05 Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Lokasi ini sekaligus menjadi kampung halaman dari keluarga Ridwan Kamil.

Tepatnya, melansir dari berbagai sumber, tanah yang dijadikan tempat pemakaman Eril merupakan tanah lapang olahan waris dari keluarga Atalia Praratya, ibu kandung dari Eril.

Tidak hanya dibangun masjid, di sekitar Masjid Al Mumtadz juga akan dibangun Islamic Center oleh Ridwan Kamil. Saat ini juga Ridwan Kamil sedang membangun masjid di area tersebut.

Sehingga, siapapun nantinya yang akan berkunjung ke Masjid Al Mumtadz, akan bisa melihat makam Eril yang juga bertepatan di sana, dengan jarak yang cukup jauh namun masih berdampingan.

Baca Juga: Serba-Serbi Cimaung, Lokasi Pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz

"Di kesempatan ini izinkan saya memohon doa restu, di kawasan ini kami sedang membangun masjid Islamic Center, sudah 2 tahun. Tidak diniatkan untuk siapa-siapa, semata-mata sebagai dakwah kami dan juga tempat ibadah untuk masyarakat," kata Ridwan Kamil usai pemakaman," jelas Ridwan Kamil yang kerap disapa Kang Emil usai pemakaman sang anak.

Setelah Kang Emil memohon doa restu, dirinya juga mengatakan bahwa Masjid Al Mumtadz sesuai syariatnya.

"Sesuai syariatnya, lokasi makam terpisah dari masjid, bukan di dalam kawasan, tidak menempel, tidak di depan kawasan masjid, jauh. Cukup untuk memadai sebagai tempat yang berdampingan dengan baik," tambah Kang Emil.

Sedangkan, untuk makam Eril sendiri, berada di sebelah sungai dengan pemandangan gunung dan persawahan yang hijau permai.

Maka bisa dikatakan Masjid Al Mumtadz akan memiliki pemandangan gunung, sawah, dan sungai juga ya Moms, karena seperti yang diketahui makam Eril berdampingan dengan masjid.

Masjid Al Mumtadz Diambil dari Nama Eril

masjid al mumtadz berdampingan dengan makam eril
Foto: masjid al mumtadz berdampingan dengan makam eril

Foto: instagram.com/ridwankamil

Moms pastinya sudah tahu ya mengenai informasi ini. Masjid yang akan dibangun Ridwan Kamil ini memang diambil dari nama mendiang Emmeril Khan Mumtadz.

Tepatnya diambil dari nama belakang Eril, yaitu Mumtadz. Hal ini diinformasikan dari Kang Emil, lho Moms.

"Dear Eril. Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai," seperti dikutip dari unggahan Twitternya @ridwankamil, Sabtu 11 Juni 2022.

Kang Emil pun menambahkan bahwa masjid ini dibangun dan dinamai sesuai dengan namanya.

"Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu dan, yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz," tambah Ridwan Kamil.

Cuitan yang cukup menyentuh hati ini juga mengundang tangis bagi yang membaca, lho Moms! Semoga sosok Eril yang dinilai baik akan membawa kebaikan juga bagi masjid Al Mumtadz, ya Moms.

Baca Juga: 11 Tips Mengajak Anak Kecil Tarawih ke Masjid agar Tak Rewel

Arti Nama Mumtadz

Cimaung Lokasi Pemakaman Eril
Foto: Cimaung Lokasi Pemakaman Eril

Foto: instagram.com/ridwankamil

Setelah Moms mengetahui nama Masjid Al Mumtadz yang diambil dari nama Eril, tapi apa arti nama Mumtadz yang kemudian membuat Ridwan Kamil memutuskan untuk menamai masjid tersebut dengan Mumtadz?

Menurut Kang Emil sendiri, Mumtadz artinya terbaik yang diambil dari Bahasa Arab. Maka, Masjid Al Mumtadz memiliki arti yang terbaik.

"Terbaik" sendiri diartikan Kang Emil sebagai cara Eril menjalankan hidup dengan baik di dunia fana. Gubernur Jawa Barat ini juga menyebutkan bahwa tidak sia-sia memilih nama yang penuh doa tersebut.

"Masjid Al Mumtadz yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu (Eril) menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," jelas Kang Emil dari Twitternya.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Taman Menteng Jakarta Pusat dan Kunjungi Rumah Kaca Unik di sini

Masjid Al Mumtadz di Desain oleh Ridwan Kamil

artis/tokoh yang jadi relawan vaksin corona
Foto: artis/tokoh yang jadi relawan vaksin corona

Foto: instagram.com/ridwankamil

Seperti dari informasi yang beredar, Masjid Al Mumtadz didesain khusus oleh sang ayah. Jauh sebelum Ridwan Kamil menjadi seorang Gubernur Jawa Barat, dirinya sempat berkarir di bidang arsitektur.

Ia lulus dari Institut Teknologi Bandung atau ITB dan melanjutkan studi magister di University of California dan membuat Kang Emil bersinar di bidang arsitektur.

Latar belakang pendidikannya tersebut, membuat Kang Emil pernah terlibat dalam proyek pembangunan masjid di beberapa lokasi.

Beberapa diantaranya adalah Masjid Al Irsyad yang dibangun pada 2008 di Kabupaten Bandung Barat, Museum Tsunami Aceh pada tahun 2004, dan yang terakhir adalah Masjid Al Mumtadz.

Tentunya dengan pengalaman desain bangunan yang pernah dikerjakan Kang Emil, netizen sudah tidak kaget lagi ya Moms kalau makam Eril juga akan didesain oleh sang ayah.

Sejauh ini desain Masjid Al Mumtadz cukup dinilai sangat modern dan megah.

Nah, Moms itu dia serba-serbi Masjid Al Mumtadz yang berdampingan dengan makam mendiang Eril. Semoga nama Mumtadz berperan sebagaimana arti namanya, ya!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb