Kehamilan

8 Juni 2020

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Heartburn saat Hamil

Jahe menenangkan saluran pencernaan dan aman dikonsumsi saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Heartburn merupakan salah satu hal yang cukup menganggu selama kehamilan. Heartburn merupakan sensasi terbakar yang tidak nyaman di dada setelah makan.

Heartburn bisa dipicu karena mengonsumsi makanan pedas, makan dalam porsi besar, makan jeruk, atau lainnya. Seiring janin yang semakin tumbuh juga dapat meningkatkan rasa tidak nyaman tersebut.

Heartburn terjadi karena hormon progesteron yang mengendurkan otot saat kehamilan, juga melemaskan katup lambung yang menjaga asam keluar dari kerongkongan sehingga memungkinkan asam mengalir ke kerongkongan.

”Juga dikenal sebagai refluks asam, heartburn adalah gejala umum kehamilan,” kata Nirmala Chandrasekaran, OB / GYN di Rumah Sakit St. Michael di Toronto.

Baca Juga: Mengatasi Heartburn dan 3 Manfaat Lain Madu untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bahan Alami untuk Mengatasi Heartburn saat Hamil

Jika sudah mengalami heartburn, Moms pasti akan merasa tidak nyaman. Tapi jangan khawatir. Ada kok bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Jahe

Cara Mudah Atasi Heartburn saat Hamil - 1.jpg

Foto: bbcgoodfood.com

Bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil yang pertama adalah jahe. Jahe dikenal dapat mengurangi mual.

”Selain itu, jahe juga memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan,” kata Erica Nikiforuk, seorang dokter naturopati di Toronto.

Moms dapat mencoba memasukkan jahe alami ke dalam masakan, seperti memasukkannya ke dalam tumisan atau bisa juga merebusnya dalam air untuk teh. Jahe juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

2. Cuka Sari Apel

Cara Mudah Atasi Heartburn saat Hamil - 2.jpg

Foto: healthline.com

Bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil yang selanjutnya adalah cuka sari apel. Encerkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air dan minumlah sehari sekali untuk menghilangkan rasa panas dalam perut.

Pastikan cuka sari apel yang dikonsumsi tidak dipasteurisasi. "Orang-orang cenderung menganggap cuka sangat asam, padahal cuka sari apel sebenarnya cukup netral dan menenangkan asam," jelas Carly Beaulieu, bidan di Edmonton.

Baca Juga: Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

3. Teh Herbal

Cara Mudah Atasi Heartburn saat Hamil - 3.jpg

Foto: healthline.com

Bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil yang selanjutnya adalah teh herbal. Cobalah menyeduh teh herbal setelah makan malam. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi teh herbal saat hamil.

”Peppermint dan akar marshmallow dikenal akan khasiatnya yang menenangkan pencernaan dan dianggap aman selama kehamilan,” kata Nikiforuk.

Teh dandelion juga dapat menjadi pilihan, berdasarkan studi klinis yang diterbitkan Jurnal Pytotherapy Research, akar dandelion mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

4. Probiotik

probiotik.jpg

Bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil yang selanjutnya adalah probiotik. Konsumsi suplemen probiotik untuk meningkatkan bakteri "baik" dalam sistem pencernaan dan memerangi bakteri "jahat".

Nikiforuk menyarankan untuk mengonsumsi suplemen probiotik secara teratur untuk membantu mengatasi mulas. American Pregnancy Association juga menyebutkan probiotik aman selama kehamilan, meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Heartburn Saat Hamil

5. Madu

Perhatikan Beda Asal-usul Madu Hutan Murni dengan Oplosan!.jpg

Bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil yang selanjutnya adalah madu. Untuk menyembuhkan heartburn, Moms hanya perlu mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas susu. Kemudian minumlah ramuan ini ketika merasakan gejala heartburn.

Itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi heartburn saat hamil. Jalan kaki setengah jam setelah makan selama sepuluh menit juga dapat membantu mengurangi tekanan pada perut. Dengan demikian dapat meminimalisir heartburn.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(SWN)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait