Kesehatan

1 April 2021

5+ Manfaat Sari Kurma, Si Manis Pengganti Gula yang Sehat!

Mari kita lihat lihat manfaat kesehatan apa yang dimiliki sari kurma dan bagaimana cara mengkonsumsinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms sedang mencari pengganti gula yang sehat? Bagi penyuka makan makanan manis tetapi tidak tahan dengan gula, produk kurma adalah alternatif yang bagus. Sari kurma adalah salah satu produk olahan kurma yang paling enak dan popular yang bisa dijadikan pengganti gula.

Tidak hanya manis, sari kurma juga memiliki semua manfaat yang dimiliki kurma. Oleh karena itu, sari kurma bisa menjadi alternatif pengganti gula yang aman, juga bisa dimasukkan ke dalam tambahan makanan lainnya yang enak dan menyehatkan.

Meski begitu, bukan berarti Moms boleh mengonsumsi sari kurma untuk mengobati berbagai penyakit. Sebab, produk ini hanya bisa membantu tubuh menjadi lebih kuat dan lebih kebal tapi jangan mengandalkannya sebagai obat.

Baca Juga: Konsumsi Kurma Muda Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Kandungan Nutrisi Sari Kurma

Sari Kurma -1.jpg

Foto: Freepik.com

Karakteristik sari kurma biasanya tidak lebih manis dari dari agave, madu, atau sirup maple. Selain itu, bentuknya mirip dengan molase tetapi lebih encer. Rasanya juga sedikit terasa seperti campuran karamel, vanilla, dan maple.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram sari kurma mengandung:

  • Energi, 310 kkal
  • Protein, 5 g
  • Total lipid (lemak), 0 g
  • Karbohidrat, selisih 75 g
  • Serat total, 10 g
  • Gula total termasuk NLEA, 65 g
  • Kalsium, Ca 50 mg
  • Besi, Fe 0,9 mg
  • Magnesium, Mg 40 mg
  • Fosfor, P 50 mg
  • Kalium, K 700 mg
  • Sodium, Na 165 mg
  • Seng, Zn 0,75 mg
  • Vitamin C, total asam askorbat 3 mg
  • Kolesterol 0 mg

Seperti kurma utuh dan produk kurma lainnya, sari kurma memiliki banyak nutrisi. Karena sirup kurma merupakan gula invert, sehingga mudah diserap dan diasimilasi oleh tubuh. Ini juga merupakan sumber serat yang baik, terutama serat larut beta-D-Glucan, yang membantu orang merasa kenyang.

Baca Juga: Manfaat Kurma Sebagai Makanan Pendamping Bayi

Manfaat Sari Kurma

Sari Kurma -2.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Karena sirup kurma merupakan salah satu olahan dari kurma, rasanya memiliki manis yang alami. Dan tentunya juga menyimpan semua khasiat dari kurma utuh. Beberapa manfaat sari kurma untuk kesehatan yakni:

1. Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan polifenol tinggi menjadikannya anti-inflamasi yang hebat. Antioksidan terbukti dapat menetralkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan akibat peradangan. Ini dapat berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan, menurut International Journal of Clinical and Experimental Medicine

Ini membuat sari kurma bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dapat menghindarkan sel dari kerusakan akibat penuaan atau kurangnya kekebalan. Mengkonsumsi secara rutin dapat terhindar dari gangguan pernapasan, penyakit jantung, atau kerusakan otak akibat penuaan.

2. Memiliki Khasiat Antibakteri

Dikutip dari studi Society for General Microbiology sari kurma menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap sejumlah bakteri penyebab penyakit, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, namun karena adanya senyawa fenolik dalam kurma, ini telah menunjukkan hasil yang efektif dalam mengurangi pertumbuhan beberapa bakteri. Misalnya baik untuk menyembuhkan luka yang dapat mendukung keefektifannya sebagai produk antibakteri.

3. Kaya Akan Serat

Serat dapat membantu sistem pencernaan dan kurma kaya akan serat makanan. Oleh karena itu, tidak hanya sari kurma yang mudah dicerna, tetapi produk ini juga dapat membantu menyerap makanan lain. Ini juga akan membantu mendapatkan serat yang cukup secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian The British Journal of Nutrition, 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi tinja dan mengalami peningkatan buang air besar yang signifikan dibandingkan saat tidak makan kurma.

4. Dapat Memudahkan Persalinan

Kurma telah dipelajari untuk potensinya dalam memudahkan persalinan jangka panjang pada ibu hamil. Memakan buah ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan menurunkan kebutuhan persalinan yang diinduksi.

69 perempuan yang mengkonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu sebelum waktu melahirkan, 20 persen lebih mungkin untuk melahirkan secara alami dan dalam waktu yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak memakannya, menurut Journal of Obstetrics and Gynaecology.

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Studi laboratorium menemukan bahwa kurma dapat membantu menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer, dikutip Neural Regeneration Research

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, ini dapat mengganggu komunikasi antar sel otak, yang akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

6. Bisa Menangkal Penyakit

Antioksidan melindungi sel dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh dan juga dapat menyebabkan penyakit, menurut International Journal of Biomedical Science.

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko dari beberapa penyakit. Jika dibandingkan dengan jenis buah serupa seperti buah ara dan plum kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan yang tertinggi .

Baca Juga: Manfaat Infused Water Kurma, atau Nabeez untuk Kesehatan

Cara Mengkonsumsi Sari Kurma

Sari Kurma -3.jpg

Foto: Supplierstoexport.com

Sirup kurma memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut sehingga mirip dengan madu. Oleh karena itu, dapat dikonsumsi juga seperti madu. Moms juga bisa mengkonsumsi sari kurma dengan beberapa cara, seperti:

  • Mudah menambahkan sirup kurma ke berbagai resep, termasuk kue dan makanan penutup. Ini adalah alternatif gula yang luar biasa.
  • Sari kurma bisa dimakan langsung. Beberapa orang suka menikmati sari kurma yang enak ini saat sarapan, misalnya dengan mencampurkan sari kurma ke dalam air hangat dan meminumnya, atau sebagai toping di atas roti.
  • Orang yang menyukai rasa manis bisa membuat saus unik dengan produk ini.
  • Ini adalah bahan yang disukai untuk diet yang berbeda, seperti diet vegan dan paleo.
  • Ini juga digunakan sebagai tambahan yang enak di atas es krim.

Orang yang tidak memiliki penyakit diabetes dapat makan antara 4 hingga 6 kurma dalam sehari berdasarkan jenis kurma, sebab kurma yang lebih besar mungkin memiliki lebih banyak kalori dan gula. Tetapi tidak ada hitungan khusus mengenai jumlah kurma per porsi sari kurma.

Oleh karena itu, lebih baik hindari makan terlalu banyak sari kurma, terutama jika ingin menurunkan berat badan. Sari kurma mengandung kalori tinggi dan kaya gula alami, yang berarti jika dimakan berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Melihat berbagai manfaatnya, Moms bisa mengkreasikan cara mengkonsumsi sari kurma agar bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dengan enak dan menyenangkan.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3992385/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26428278/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614697/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4994443/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21280989/
  • https://ratinkhosh.com/date-syrup-benefits-and-uses/
  • https://www.earthseats.com/blogs/blogs/date-syrup-nutrition-facts
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2015/03/150330213949.htm
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1137218/nutrients
  • https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates#TOC_TITLE_HDR_2
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait