Kehamilan

KEHAMILAN
26 Mei 2020

Ibu Hamil Menggunakan Obat Kumur, Amankah?

Jangan abaikan kesehatan gigi dan mulut saat hamil ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di masa kehamilan, Moms tentu perlu memerhatikan asupan makanan dengan membiasakan pola hidup sehat, demi kesehatan Moms dan janin.

Tetapi, Moms juga jangan lupa menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan, yang mungkin kerap terlupakan. Salah satunya dengan rajin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur.

Namun, untuk Moms yang terbiasa menggunakan obat kumur sebelum hamil. Apakah aman untuk tetap menggunakan obat kumur saat hamil?

Baca Juga: Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

Keamanan Ibu Hamil Menggunakan Obat Kumur

menggunakan obat kumur saat hamil-1.jpg

Foto: patch.com

Paul Casamassimo, DDS, profesor kedokteran gigi pediatrik di Ohio State University College of Dentistry, mengatakan bahwa menggunakan obat kumur saat hamil tidak akan membahayakan Moms atau janin.

"Obat kumur tanpa resep tidak akan membahayakan Anda atau bayi, selama Anda tidak meminumnya," jelasnya mengutip Baby Center.

American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) merekomendasikan penggunaan obat kumur bebas fluorida dan alkohol setiap hari untuk memperkuat enamel gigi dan mencegah gigi berlubang.

Menggunakan obat kumur saat hamil dapat membantu para Ibu hamil, terutama untuk Moms yang sering mengalami mual muntah karena morning sickness selama masa kehamilan.

Dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, menggunakan obat kumur saat hamil tidak menyebabkan perubahan usia kehamilan, melainkan dapat meningkatkan kesehatan mulut Moms.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mulut, Yuk Ketahui Dulu 3 Macam Obat Kumur

Kandungan Obat Kumur yang Harus Dihindari Ibu Hamil

menggunakan obat kumur saat hamil-2.jpg

Foto: dailymail.co.uk

Sebaiknya hindari menggunakan obat kumur saat hamil yang mengandung fluorida dan antimikroba, karena mengandung alkohol dalam jumlah tinggi.

"Meskipun alkohol dalam obat kumur tidak mencapai janin karena obat kumur tersebut dikeluarkan, tetapi para ahli masih mewaspadai hal itu. Alkohol bisa mengiritasi gusi dan tidak punya efek menguntungkan," terang Dr. Paul.

Sebagai pilihan alternatif, Moms dapat membuat obat kumur dengan mencampur air dan soda kue untuk menggunakan obat kumur saat hamil yang lebih aman.

"Bisa juga berkumur dengan secangkir air yang mengandung satu sendok teh soda kue setelah muntah, juga dapat membantu mencegah erosi enamel," ungkap Dr. Paul.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Flossing, Bermanfaat untuk Kesehatan Giginya!

Jika Moms memiliki penyakit gusi parah, beberapa dokter gigi meresepkan obat kumur yang mengandung antimikroba klorheksidin.

Tetapi, menggunakan obat kumur saat hamil dengan produk ini umumnya digunakan hanya dalam kasus-kasus serius dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari karena cenderung menodai gigi.

Moms bisa berkonsultasi dengan dokter gigi tentang produk obat kumur yang direkomendasikan, sehingga Moms dapat menggunakan obat kumur saat hamil yang membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait