Newborn

NEWBORN
6 Januari 2018

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-40

Yuk, mulai ajak bayi untuk banyak berinteraksi dengan orang lain agar tidak menjadi pemalu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Perkembangan Bayi:

Bayi Moms yang dulu ramah dan mudah tersenyum dengan siapa saja sekarang mungkin tampak lebih pemilih. Ia bahkan bisa jadi tampak malu atau takut saat bertemu dengan orang lain –di luar keluarga inti yang biasa ia temui sehari-hari.

Meski misalnya orang yang ditemuinya ini adalah kerabat yang pada bulan-bulan lalu dapat diterimanya dengan baik. Jangan bingung, Moms. Ini tanda bayi Moms semakin pintar.

Ia kini tahu siapa-siapa saja yang betul-betul dapat ia andalkan, mengerti dan memenuhi semua kebutuhannya setiap hari. Ia cemas atau takut, kalau orang lain yang mendekatinya itu tidak bisa memberikan apa yang dia inginkan.

Tips Minggu Ini :

Bantu bayi berinteraksi dengan orang lain dengan menjelaskan pada kerabat atau tamu bahwa bayi Moms akan butuh waktu untuk menerimanya. Jelaskan pada bayi siapa yang ia temui. “Ini Tante Fina, teman Moms, dulu suka gendong kamu, lho!” Gendong atau pangku bayi, lalu duduklah dekat dengan tamu agar bayi punya waktu untuk mengamati. Jangan pernah memaksa atau langsung menyerahkan bayi ke pangkuan orang lain saat bayi belum merasa siap.

Catatan untuk Moms:

Semakin bayi mengerti pentingnya peran Moms dalam hidupnya, ia mungkin akan jadi lebih posesif kepada Moms. Ia tidak ingin Moms pergi atau jadi rewel saat ditinggal ke kantor –meski sebelumnya baik-baik saja.

Untuk mengurangi kecemasannya kehilangan Moms, pastikan Moms tidak pernah pergi diam-diam ya, Moms. Berpamitanlah selalu pada bayi, jelaskan bahwa Moms harus pergi tapi pasti akan kembali. Meninggalkannya diam-diam hanya akan membuat bayi kehilangan kepercayaannya pada Moms dan membuatnya semakin cemas. Saat tiba kembali di rumah, katakan, “Moms sudah pulang! Bila Moms pergi, Moms selalu akan pulang kembali untuk kamu.” Perlahan, ia akan mengerti.

(AK)

Narasumber: dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

Artikel Terkait