Kesehatan

KESEHATAN
5 Mei 2020

3 Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag saat Buka Puasa, Catat!!

Jangan disentuh ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di tengah pandemi virus corona (COVID-19), umat muslim di seluruh dunia mulai memasuki bulan Ramadan sebagai tanda masa puasa dimulai.

Siapapun boleh ikut berpuasa, termasuk mereka yang memiliki gangguan lambung atau maag. Bahkan sebagian orang menyatakan bahwa penyakit maagnya membaik selama puasa. Namun bagi penderita maag, asupan minumannya harus lebih diperhatikan selama puasa.

Jika para penderita maag mengonsumsi minuman yang tak tepat, risikonya akan memicu kambuh sakitnya. Tentu jika maag sudah kambuh, itu berarti kita terpaksa membatalkan puasa.

Lalu apa saja minuman yang harus dihindari penderita maag saat puasa?

Baca Juga: Penderita Maag Puasa Ramadan, Amankah?

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

Ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari penderita maag saat sahur maupun buka puasa. Apa saja? Yuk, kita cari tahu, Moms.

1. Kopi

Minuman yang dihindari penderita maag saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Kopi mungkin menjadi minuman wajib hampir semua orang di Indonesia. Minum kopi dipercaya mampu menahan rasa kantuk, sehingga tubuh akan lebih segar dan tidak lesu.

Namun bagi penderita maag menghindari minuman kopi selama puasa adalah wajib. Kafein di dalam kopi dapat memicu gejala penyakit lambung karena dapat merilekskan lingkaran otot di perbatasan esofagus dan lambung (lower esophageal sphincter).

Bagian yang lemah ini dapat menyebabkan aliran balik isi lambung, dan itu menyebabkan refluks asam.

Namun menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, kadar kafein menyebabkan maag masih dalam batas yang minim.

Baca Juga: Maag Saat Puasa, Bagaimana Cara Mengatasinya?

2. Minuman Bersoda

Minuman yang dihindari penderita maag saat puasa

Minuman lainnya yang tentu harus dihindari penderita maag saat puasa adalah minuman bersoda. Jenis minuman bersoda yang mengandung gas akan merangsang pengeluaran asam lambung.

Menurut jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, bahkan jika tidak puasa pun, penghentian konsumsi minuman bersoda umumnya direkomendasikan sebagai bagian dari modifikasi gaya hidup untuk para penderita maag.

3. Minuman dengan Rasa Asam

Minuman yang dihindari penderita maag saat puasa

Foto: simplyrecipes.com

Minuman jenis ini dapat kita temukan pada produk olahan jeruk, lemon, atau jeruk nipis. Sama seperti minuman yang wajib dihindari, minuman bercita rasa asam ini dapat memicu munculnya gejala asam lambung.

Jadi jangan diminum saat sahur atau buka puasa ya, Moms.

Baca Juga: 6 Makanan yang Aman untuk Penderita Maag

Itu dia beberapa jenis minuman yang harus dihindari para penderita maag selama sahur ataupun buka puasa. Konsumsi air putih adalah yang terbaik. Selamat berpuasa, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait