Jalan-jalan

JALAN-JALAN
20 Mei 2019

Nyaman Mudik ke Kampung Halaman bersama Si Kecil

Senangnya akan bertemu dengan kakek dan nenek
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pulang ke kampung halaman alias mudik saat Hari Raya Idul Fitri menjadi sebuah keharusan bagi masyarakat Indonesia. Bagi Moms dan Dads yang mempunyai balita, mudik bisa menjadi sebuah pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Supaya perjalanan mudik Moms dengan Si Kecil tetap aman dan lancar tanpa adanya hambatan, Moms harus melakukan berbagai macam persiapan yang matang.

Apalagi momen mudik ini akan mempertemukan Si Kecil dengan kakek dan neneknya di kampung halaman.

Cari tahu yuk harus Moms persiapkan saat akan mudik ke kampung halaman bersama Si Kecil!

1. Persiapkan Fisik Si Kecil

baby vaccine wide e0e9e5f671aec937d1f5a23c8b3bd1322d3843cb

Tentunya puluhan atau bahkan ratusan kilometer akan ditempuh selama Moms, Dads, dan Si Kecil mudik ke kampung halaman. Terkadang macet yang berjam-jam bahkan berhari-hari pun sering terjadi.

Dengan begini, kondisi fisik Moms, Dads, dan juga Si Kecil harus disiapkan dengan baik. Sebelum pergi mudik, jika Si Kecil sedang melakukan perawatan khusus, sebaiknya bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan rekomendasi obat yang tepat untuk dikonsumsi selama di kampung halaman.

Namun, jika Si Kecil terlihat sehat, Moms juga harus mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatannya. Misalnya obat yang biasa dikonsumsi saat Si Kecil sakit atau vitamin tambahan untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap prima.

Baca Juga: Jangan Sampai Lupa Membawa 3 Peralatan Mandi Bayi Ini Saat Mudik ya, Moms!

2. Menceritakan tentang Mudik

leslie harvey kids with suitcases

Terkadang kemacetan atau lamanya perjalanan mudik ke kampung halaman membuat Si Kecil menjadi mudah bosan. Ketika rasa bosan melanda, Si Kecil bisa rewel dan bahkan menangis karena rasa tidak nyamannya tersebut.

Nah, maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya Moms menceritakan pada Si Kecil tentang perjalanan dan indahnya kampung halaman yang akan dituju. Hal ini bertujuan supaya Si Kecil mempunyai rasa semangat dan penasaran yang tinggi sehingga membuatnya tidak cepat bosan di perjalanan.

3. Membawa Kebutuhan Si Kecil

1420290322000

Tentunya hal yang satu ini harus benar-benar Moms perhatikan saat mudik dengan Si Kecil. Berbagai kebutuhan Si Kecil yang harus dibawa saat mudik, antara lain:

  • Perlengkapan Menyusui
    • Perlengkapan Tidur
    • Popok Sekali Pakai
    • Pakaian
    • Mainan
    • Car Seat

Baca Juga: Kiat Agar Balita Tidak Terlalu Capek dan Sakit Saat Mudik

4. Membawa Makanan

maxresssdefault

Membawa makanan kesukaan Si Kecil adalah salah satu cara untuk mengantisipasi rewelnya Si Kecil selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Moms bisa membawa Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang disimpan di dalam wadah rapat dan tidak berpotensi tumpah.

Selain itu makanan ringan yang biasa Si Kecil makanan juga dapat Moms bawa sebagai pengganjal perutnya saat kelaparan dan bosan di tengah kemacetan yang melanda.

5. Selalu Siap Obat-Obatan

mempersiapkan kotak p3k di rumah hero

Berkaitan dengan poin pertama, obat-obatan menjadi barang yang wajib dibawa saat mudik dengan Si Kecil. Moms bisa menyiapkan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Selain itu, Moms juga bisa membawa minyak penghangat dan losion anti nyamuk di dalam kotak P3K.

Itu dia Moms hal yang harus dipersiapkan ketika akan mudik dengan Si Kecil ke kampung halaman. Apa Moms sudah menyiapkannya? Mudik ke mana nih Moms? Share yuk.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait