Kesehatan

23 September 2021

7 Pantangan Makanan Penderita Prostat, Hindari!

Apa saja makanan pantangannya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh di kelenjar prostat dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Agar gejalanya tidak kambuh, Dads wajib mengetahui pantangan makanan penderita prostat.

Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk seperti biji kenari pada pria dan menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Umumnya, sel kanker muncul pertama kali di sel-sel bagian luar kelenjar prostat. Pertumbuhannya cenderung sangat lambat dan tidak berpotensi menyebar. Namun, pada beberapa kasus, sel kanker dapat berkembang dengan cepat dan menjalar ke bagian tubuh lain.

Jika Dads terkena kanker prostat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti mengonsumsi makanan. Sebab, jenis makanan tertentu bisa memperparah kondisi kanker.

Lantas, apa saja pantangan makanan penderita prostat? Yuk simak deretannya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Jenis Imunisasi Ibu Hamil serta Waktu yang Tepat untuk Diberikan

Gejala Kanker Prostat

kanker prostat

Foto: Orami Photo Stock

Gejala kanker prostat dapat bervariasi berdasarkan tingkat keparahannya. Awalnya, kebanyakan penderita kanker prostat tidak merasakan gejala sama sekali

Namun, tidak menutup kemungkinan munculnya gejala lanker prostat, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Penurunan kekuatan dalam aliran urin
  • Darah dalam urin
  • Darah dalam air mani
  • Sakit tulang
  • Menurunkan berat badan tanpa mencoba
  • Disfungsi ereksi

Baca Juga: Alergi Kucing: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Perawatannya

Penyebab Kanker Prostat

penyebab kanker prostat

Foto: Orami Photo Stock

Pada dasarnya, penyebab kanker prostat adalah adanya perubahan DNA di sel prostat yang sehat. Akibatnya, sel-sel sehat ini menjadi abnornal dan kemudian tumbuh hingga menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Namun, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab kanker prostat:

  • Usia. Risiko terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini paling umum setelah usia 50 tahun.
  • Keturunan. Jika orang tua, saudara kandung atau anak, telah didiagnosis menderita kanker prostat, risiko Dads terkena mungkin meningkat.
  • Obesitas. Orang yang mengalami obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal. Pada orang gemuk, kanker cenderung menjadi lebih parah.

Baca Juga: 6 Penyebab Telinga Bayi Bau, Jangan Dianggap Sepele!

Pantangan Makanan Penderita Prostat

pantangan makanan penderita prostat

Foto: Orami Photo Stock

Meski gejala kanker prostat bisa datang dan pergi, ada cara untuk mengelola gejala dan mencegah serangan tiba-tiba, terutama dengan menghindari pantangannya. Salah satu pemicu terbesarnya adalah pola makan yang buruk.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa pantangan makanan penderita prostat yang perlu Dads waspadai atau bahkan dihentikan konsumsinya sama sekali:

1. Daging

Pantangan makanan penderita prostat adalah daging yang dimasak terlalu matang.

Risiko ini muncul dari senyawa karsinogen yang dikenal dengan heterocyclic amines (HCA). HCA terbentuk dari proses pemasakan dengan suhu tinggi, seperti dipanggang atau dibakar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan keterkaitan antara konsumsi daging maupun olahan dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Beberapa contohnya, seperti:

Sebagai gantinya, Dads bisa mencari sumber protein lainnya, seperti kalkun, salmon, daging ayam filet, atau tuna.

2. Makanan Kaleng

Deretan pantangan makanan penderita prostat lainnya adalah buah dan sayur kalengan.

Meskipun buah dan sayur meningkatkan kesehatan prostat, karena kandungan likopen yang tinggi, tapi sebaiknya Moms menghindari buah dan sayur yang dikemas dalam kaleng.

Lapisan resin pada kaleng timah mengandung bisphenol-A (BPA), sebuah estrogen sintetis yang dapat larut ke dalam buah dan sayur karena sifatnya asam. BPA sendiri dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Mindi, Mencegah Darah Tinggi hingga Dijadikan Pestisida

3. Susu

Pantangan makanan penderita prostat selanjutnya adalah mengonsumsi produk susu olahan secara berlebihan.

Sebuah penelitian The Journal of Nutrition menemukan bahwa, meminum susu murni bisa memperparah sakit prostat. Begitu pula susu skim dan susu rendah lemak.

Agar terhindar dari risiko yang ada, Dads disarankan untuk membatasi konsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, mentega, serta es krim.

Sebagai alternatif, Dads dapat meminum susu yang terbuat dari bahan kelapa, kacang mete, kedelai, maupun almond. Namun, tetap harus berhati-hati dengan kandungan gula di dalamnya, ya.

4. Popcorn yang Dipanggang di Microwave

Popcorn adalah sumber serat yang baik, namun bila dipanggang di microwave tentu saja menjadi buruk bagi kesehatan dan menjadi salah satu daftar pantangan makanan penderita prostat.

Hal ini karena alat pemanggan modern tersebut mengandung zat kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA).

Akumulasi zat kimia tersebut dalam tubuh manusia juga dikhawatirkan memicu kanker serta menyebabkan infertilitas (ketidaksuburan).

Baca Juga: 22 Cara Seks Tahan Lama untuk Pria Secara Alami, Perhatikan Dads!

5. Makanan Mengandung Gula

Makanan mengandung gula juga menjadi salah satu pantangan makanan penderita prostat. Hal ini karena, makanan yang mengandung gula tambahan seperti permen, kue tart, dan sebagainya dapat memperparah peradangan yang sudah terjadi pada kelenjar prostat.

Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit serius seperti obesitas, hingga penyakit jantung.

Sebagai alternatif, Dads bisa mengonsumsi pemanis alami yang lebih sehat, seperti stevia, gula kelapa, madu, atau sirup maple.

6. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh tidak hanya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tetapi juga kanker prostat.

Melansir Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa, adanya risiko kanker prostat yang muncul dari mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh.

Meski begitu, penelitian menyebutkan bahwa keterkaitan antara lemak jenuh dengan kanker prostat masih bersifat tentatif (belum pasti).

Daftar makanan yang mengandung lemak jenuh, yaitu:

  • daging merah
  • daging unggas
  • produk olahan susu, seperti mentega, keju, dan es krim

7. Telur

Pantangan makanan penderita prostat selanjutnya adalah mengonsumsi telur secara berlebihan.

Sebuah penelitian Cancer Prevention Research menemukan bahwa, pria yang mengonsumsi 2 setengah telur atau lebih per minggu memiliki 81% peningkatan risiko kanker prostat yang mematikan dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi kurang dari setengah telur per minggu.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jakarta untuk Wisata Edukasi

Nah itu dia Dads pantangan makanan penderita prostat. Semoga Dads semakin lebih waspada untuk memilih jenis makanan yang ingin dikonsumsi, ya!

Perlu diingat, mengonsumsi makanan apa pun secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya mengonsumsi makanan dengan porsi yang wajar agar terhindari dari segala risiko yang di ada.

Perlu diingat, mengonsumsi jenis makanan atau minuman apa pun secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi makanan dengan porsi yang wajar supaya Anda terhindar dari risiko yang bisa ditimbulkan.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3232297/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4129658/
  • https://academic.oup.com/jn/article/143/2/189/4615253
  • https://www.who.int/news-room/q-a-detail/cancer-carcinogenicity-of-the-consumption-of-red-meat-and-processed-meat
  • https://www.healthline.com/health/prostate-cancer/foods-to-avoid-for-prostate-health#saturated-fats
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/symptoms-causes/syc-20353087
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait