23 Desember 2021

9 Jenis Pastry dan Perbedaannya, Jangan Tertukar Lagi Ya!

Beda jenis pastry, beda juga cara dan teknik membuatnya

Moms dan Dads, biasanya pengertian pastry di masyarakat memiliki definisi yang berbeda-beda tergantung dari pemahaman serta pengalaman masing-masing orang.

Tak jarang ada yang mengartikan semua jenis kue termasuk ke dalam pastry namun ada juga yang mengartikan bahwa pastry adalah adonan berlapis-lapis.

Apa Itu Pastry?

Ilustrasi pastry
Foto: Ilustrasi pastry

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Bakingpan, pastry adalah istilah yang bisa berarti banyak hal. Pastry bisa mengacu pada jenis adonan tertentu seperti yang digunakan untuk membuat pai, kue tar, dan quiche.

Pastry juga mengacu pada kategori makanan yang dipanggang, seperti yang Moms dan Dads beli dengan kopi di pagi hari.

Ada banyak jenis adonan pastry dan bahkan lebih banyak jenis pastry jika kalian mempertimbangkan semua variasi regional di seluruh dunia.

Baca Juga: Aneka Resep Kue dari Tepung Beras, Coba Buat Yuk!

Jenis-Jenis Pastry

Ilustrasi membuat pastry
Foto: Ilustrasi membuat pastry

Foto: Orami Photo Stock

Di bawah ini ada beberapa jenis-jenis pastry yang paling umum dan bagaimana mereka digunakan:

1. Flaky Pastry

Yang paling sederhana dari semua adonan pastry adalah flaky pastry digunakan untuk pai manis dan gurih, quiche, sosis roff, dan turnovers.

Ini mendapat manfaat dari sikap lepas tangan karena adonan yang paling rapuh adalah hasil dari potongan mentega seukuran kacang polong dan pekerjaan tangan yang lembut.

Terlalu banyak mengaduk adonan ini akan menghasilkan kue yang keras dan rapuh, yang merupakan hal terakhir yang Moms inginkan dalam pai buatan sendiri.

2. Shortcrust Pastry

Variasi pastry yang jauh lebih mudah dibuat atau bisa dibilang amat sangat mudah yaitu shortcrust pastry tahan banting jika terlalu banyak dikerjakan.

Adonan ini jauh lebih kohesif daripada kue kering, karena sering digunakan sebagai dasar yang kokoh untuk kue tar. Bahkan, adonan ini sangat manis dan kokoh, tidak terlalu berbeda dengan adonan kue shortbread.

Baca Juga: 3+ Resep Cupcake, Bisa Jadi Ide Kue Ulang Tahun Si Kecil

3. Sweet Shortcrust Pastry

Sweet Shortcrust Pastry, yang dikenal oleh orang Prancis sebagai Pate Sucree, sangat cocok untuk kue tar dan pai pencuci mulut. Ini mengikuti resep yang sama seperti kue shortcrust biasa tetapi menambahkan gula dan kuning telur untuk rasa yang lebih manis dan lebih kaya.

4. Puff Pastry

Ini adalah pastry yang dicirikan dengan lemak dan udara yang terperangkap di antara lapisan adonan untuk memberikan hasil akhir yang lembut, berlapis, dan renyah.

Kue yang memakan waktu ini dianggap sebagai pilihan bagi koki kue kering, dan sepadan dengan waktu untuk membuatnya.

Ini sering digunakan untuk kulit pie, sebagai pembungkus daging, serta vol-au-vents, krim tanduk dan mille feuilles.

5. Rough Puff Pastry

Ini adalah persilangan antara kue kering dan puff pastry. Cara membuat adonan ini sedikit merepotkan. Namun, kue kering ini sangat cocok untuk pembuat roti rumahan modern yang tidak ingin berinvestasi dalam kue kering atau puff pastry.

Puff pastry yang kasar bisa berupa dadu, mentega dingin, dan mentega beku yang dicampur dengan tepung, garam, dan air dingin.

Air menyatukan tepung menjadi adonan kaku yang mengandung gumpalan mentega dan jadilah rough puff pastry. Jenis adonan ini biasa digunakan untuk membuat sosis gulung, dan pasties.

Baca Juga: 10+ Kue Tradisional Jepang yang Enak Jadi Pendamping Minum Teh

6. Choux Pastry

Choux pastry, atau pâte choux, terbuat dari tepung, air, mentega, dan telur. Teksturnya kental dan lengket.

Alih-alih menggunakan bahan pengangkat, adonan dikocok bersama di atas kompor hingga membentuk massa yang kental. Proses ini menjebak uap, yang dilepaskan dalam oven, menciptakan kue puff.

Ini menciptakan kulit luar yang renyah dan interior berongga yang dapat diisi dengan berbagai isian dan digunakan untuk kue sus dan profiterol.

7. Filo Pastry

Jenis pastry setipis kertas ini populer dalam pembuatan kue ala Mediterania. Filo Pastry (kadang-kadang ditulis filo) secara tradisional dilapisi dan dibagi-bagi di sekitar isian dan diolesi dengan mentega sebelum dipanggang dalam oven. Biasanya dibuat dengan tepung, air, garam dan sedikit minyak.

Kue phyllo cukup serbaguna dan dapat dilipat, dilapisi, diacak-acak atau digulung menjadi apa pun yang diinginkan hati Anda.

Kreasi gurih yang paling umum dibuat dengan phyllo pastry adalah spanakopita dan tiropita, serta favorit manis seperti baklava.

Baca Juga: 5 Ide Resep Kue Kering Natal, Cantik dan Lezat!

8. Suet Crust Pastry

Kue tradisional Inggris yang digunakan untuk puding kukus atau rebus, pangsit, dan puding roly-poly. Steak dan puding ginjal terkenal dibuat dengan menggunakan suet crust pastry.

Dibuat dengan tepung yang dapat mengembang sendiri, suet parut dan untuk beberapa resep yang lebih ringan, remah roti putih segar, suet crust pastry.harus memiliki tekstur kenyal yang ringan-tapi sangat mengenyangkan.

9. Hot Water Crust Pastry

Dicetak dengan tangan saat hangat dan digunakan untuk daging yang diangkat dan pai buruan (seperti Melton Mowbray Pork Pies yang terkenal) Hot Water Crust Pastry adalah spesialisasi yang kaya dan renyah.

Tepung biasa, garam, kuning telur dan lemak babi direbus dengan air adalah bahan-bahan yang, setelah dicampur, diuleni, dibentuk dan diistirahatkan, dapat digunakan untuk melapisi cetakan pai timah berengsel, atau dicetak di atas stoples selai besar yang ditaburi tepung.

Setelah diatur, adonan diisi, ditutup, disegel dan dihias sebelum dipanggang.

Membuat pastry tidaklah sulit dan dengan memperhatikan beberapa detail penting seperti rasio lemak dan tepung yang benar dan kira-kira setengah dari lemak untuk tepung, penambahan air dengan hati-hati dan perlahan.

Nah sekarang Moms sudah tahu jenis-jenis pastry dan kegunaannya saat memanggang. Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan adalah memilih mana yang akan jadi pilihan. Kue yang sempurna lembut dan pendek atau rapuh.

Pastikan semua bahan dingin sebelum Anda mulai. Ini akan membantu menjaga hasil dari pastry pilihan tetap ringan dan rapuh. Selamat mencoba!

  • https://thewindupspace.com/different-types-of-pastry-and-their-uses/
  • https://crushmag-online.com/different-types-pastry/
  • http://www.learncooking.co.uk/types-pastry.html
  • https://thebakingpan.com/crust-vs-pastry/
  • https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/pastries
  • https://www.masterclass.com/articles/a-guide-to-pastries#the-5-different-types-of-pastry-dough
  • https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/pastry
  • https://atb-bandung.ac.id/berita/istilah-pastry
  • https://www.greatbritishchefs.com/features/history-of-pastry

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb