Karier & Keuangan

7 Pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan dari Rumah Sambil Mengurus Keluarga

Uang masuk ke kantong sekaligus punya banyak waktu untuk keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Pekerjaan ibu rumah tangga sebagian besar umumnya adalah mengurus keluarga. Dimulai dari menyiapkan keperluan sekolah anak, memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan masih banyak lagi.

Meskipun urusan rumah tangga sudah cukup melelahkan, tak jarang seorang wanita tetap ingin bekerja. Entah karena memang sudah terbiasa bekerja atau sekadar ingin memiliki pemasukan tambahan.

Sayangnya, kebanyakan wanita berpikir bahwa bekerja akan sangat menguras waktu mengurus keluarga. Padahal tak demikian lho, Moms.

Baca Juga: Cara Menyalurkan Passion untuk Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Ada banyak pilihan pekerjaan ibu rumah tangga yang dapat Moms lakukan sembari mengurus keluarga, seperti beberapa pekerjaan berikut:

1. Membuka Usaha Catering

shutterstock 220298206

Foto: Orami Photo Stock

Bila Moms merasa pandai memasak, tak ada salahnya untuk membuka usaha kuliner. Saat ini usaha catering boleh dibilang sebagai jenis usaha yang menjanjikan, mengingat banyaknya acara dan perkantoran yang membutuhkannya.

Moms hanya perlu mengunggah menu masakan ke media sosial dan membuat format pemesanan. Menunya juga bisa disesuaikan dengan kemampuan Moms atau keinginan pelanggan.

Nah, pekerjaan ibu rumah tangga satu ini memungkinkan Moms untuk mengerjakan segala sesuatunya di rumah. Momspun tak perlu kemana-mana, dan dapat sambil mengurus Si Kecil.

Untuk masalah pengantarannya juga Moms kini tidak perlu khawatir. Moms bisa memanfaatkan layanan ojek online agar makanan bisa sampai ke pelanggan tepat waktu.

Baca Juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

2. Penulis Lepas

DSC07151.jpg

Foto: photodune.com

Akan selalu ada ruang bagi Moms yang suka menulis, salah satunya adalah dengan menjadi penulis lepas.

Akan sangat menyenangkan bukan bisa Moms dapat menyalurkan hobi dan menjadikannya profesi di saat yang bersamaan. Ditambah lagi dengan waktu kerja yang sangat fleksibel sehingga dapat dilakukan sembari mengurus anak.

Pekerjaan ibu rumah tangga ini sekarang juga sedang banyak diminati lho, Moms. Dengan mudah, berbagai lowongan pekerjaan penulis lepas bisa Moms temukan di internet.

Lowongan yang dibutuhkan juga berasal dari rubik beragam. Dari tentang lifestyle, parenting, food, bahkan fashion. Jadi Moms bisa leluasa memilih mana yang paling sesuai.

Bagaimana Moms, tertarik mencoba pekerjaan ibu rumah tangga ini?

Baca Juga: Panduan Memerah ASI di Kantor untuk Ibu Bekerja

3. Guru Les Privat

shutterstock 1026173167

Foto: Orami Photo Stock

Nah, kalau jenis pekerjaan ibu rumah tangga yang satu ini tak hanya akan bermanfaat bagi Moms tetapi juga Si Kecil. Bagi Moms yang memiliki kemampuan dalam bidang pendidikan, alangkah baiknya untuk membuka jasa les privat di rumah.

Moms juga dapat sekaligus membangkitkan minat belajar Si Kecil karena dapat mengajaknya duduk dan belajar bersama murid-murid Moms.

Menjadi guru privat saat ini juga sangat mudah. Tidak hanya para murid yang harus datang ke rumah, Moms juga bisa melakukannya secara virtual.

Moms bisa memanfaatkan platform seperti zoom meeting atau google classroom, sehingga les privat dapat dilakukan walau jarak jauh sekalipun.

Baca Juga: Pentingnya Menjadi Partner Guru di Sekolah dalam Mendidik Anak

4. Bisnis Online Shop

istockphoto-1126438362-640x640.jpg

Foto: istock.com

Dunia digital yang kian marak saat ini agaknya sayang bila tak dimanfaatkan. salah satu jenis usaha yang menjanjikan adalah membuka bisnis online shop. Banyak sekali lho hal yang dapat Moms jual melalui media Instagram, facebook dan lain sebagainya.

Selain tak menguras banyak tenaga untuk keluar rumah, pekerjaan ibu rumah tangga satu ini juga mudah sekali dikelola. Moms hanya membutuhkan kreatifitas untuk bersaing dengan para pebisnis online shop lainnya.

Tidak hanya menjual hasil kreatifitas sendiri, Moms yang tidak memiliki banyak waktu dapat mencoba model bisnis dropshipper.

Hanya bermodalkan ponsel untuk memposting dan membalas pesan, metode dropshipping adalah sebuah sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang). Jadi, Moms tidak perlu takut untuk menyiapkan modal awal yang besar.

Selain dropshipper, Moms juga bisa menjadi reseller. Biasanya, Moms hanya perlu mendaftar di brand yang ingin Moms pasarkan sebagai reseller resmi.

Nantinya, Moms akan mendapatkan produk dengan harga khusus yang lebih murah, sehingga keuntungan penjualan sepenuhnya akan menjadi milik Moms. Wah mudah sekali, ya?

Baca Juga: Agar Tidak Bosan di Rumah, Ini 5 Cara Memulai Bisnis Online Shop

5. Make Up Artist

shutterstock 254403793

Foto: Orami Photo Stock

Banyak wanita yang pandai merias wajah, mengapa tak dimanfaatkan untuk menjadi profesi? Saat ini jasa Make Up Artist sangat diminati oleh banyak orang, mengingat banyaknya acara-acara yang mengharuskan seseorang tampil prima.

Moms juga bisa menjadi salah satunya bukan? Pekerjaan ibu rumah tangga ini sangat simple, waktu yang dibutuhkan juga tak banyak karena klien Moms bisa datang ke rumah dan Moms juga bisa mengunjungi mereka yang mana biasanya tak setiap hari.

Dengan demikian, waktu untuk Si Kecil juga akan selalu ada bukan?

Sebagai tambahan, Moms juga bisa membuka kelas make up secara online sehingga hanya perlu menyelenggarakannya dari rumah saja. Ini merupakan pekerjaan ibu rumah tangga yang menjanjikan, karena banyak orang yang penasaran pada teknik make up secara profesional.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makeup Artist Indonesia yang Sedang Hits

6. Blogger

Graphic.jpg

Foto: pinterest.com

Selain menjadi penulis lepas, Moms yang memiliki hobi menulis juga bisa mencoba membuat sebuah blog.

Blogging terasuk pekerjaan ibu rumah tangga yang banyak diminati karena fleksibel dan potensi pendapatannya pun menjanjikan jika ukuran blog sudah besar dan memiliki banyak pengunjung.

Menjadi seorang blogger adalah pekerjaan ibu rumah tangga terbaik bagi Moms yang memiliki bayi karena dapat membantu memperoleh penghasilan pasif. Moms dapat menghasilkan uang dari iklan hanya dari orang-orang yang membaca artikel di blog tersebut.

Moms tidak perlu menjadi penulis yang sangat hebat. Melaui blog, Moms dapat menulis seperti berbicara dengan teman saja. Karena kebanyakan pembaca blog, menyukai gaya tulisan yang simple dengan bahasa sehari-hari.

Menjadi blogger, Moms tidak perlu menunggu jawaban diterima tidaknya di sebuah perusahaan. Moms bisa menentukannya sendiri, sesuai keinginan.

Baca Juga: Suka Kulineran? Ini 4 Tips Wisata Kuliner Dari Food Blogger Hans Danial

7. Bermain Saham

Copy-of-heymamaXhatchXdaphneoz-139-e1553617501427.jpg

Foto: heymama.com

Rekomendasi pekerjaan ibu rumah tangga yang terakhir, Moms dapat melakukan jual beli saham untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dan tak menguras waktu. Sebagai ibu rumah tangga, Moms memiliki waktu untuk menganalisis pasar saham.

Banyak yang berpikir bahwa bermain saham membutuhkan nominal yang besar, nyatanya, tak perlu modal yang terlalu besar dalam jual beli saham jangka pendek atau trading. Mudah sekali bukan, Moms dapat mengurus anak dan melayani keluarga tetapi juga bisa menghasilkan.

Baca Juga: Tips Sukses Memberikan ASI Eksklusif Meski Ibu Bekerja

Apakah Moms tertarik untuk mencoba berbagai pekerjaan ibu rumah tangga tersebut? Yuk Moms, jangan takut untuk mencoba.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait