Kesehatan Umum

1 Oktober 2021

Mengenal Postur Tubuh yang Baik untuk Segala Usia, Yuk Terapkan!

Tak hanya meningkatkan kepercayaan diri, kesehatan pun jadi lebih optimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Karinta
Disunting oleh Karla Farhana

Moms, melihat seseorang dengan postur tubuh yang baik tentu nyaman, bukan? Apalagi jika Moms, Dads, dan Si Kecil yang memilikinya.

Selama ini, apakah postur tubuh Moms, Dads, dan Si Kecil sudah ideal?

Memiliki postur tubuh yang baik ternyata punya pengaruh positif bagi kesehatan, lho, Moms!

Yuk, cek seperti apa postur tubuh yang seharusnya dimiliki seseorang sesuai tingkatan usianya!

Baca Juga: 6 Manfaat Push Up Tiap Hari, Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Pentingnya Punya Postur Tubuh yang Baik

postur tubuh yang baik

Foto: asterclinic.ae

Melansir dari Medline Plus, postur tubuh yang kurang baik dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh Moms, Dads, bahkan Si Kecil.

Sebaliknya, jika punya postur tubuh yang baik, rasa sakit dan ketegangan pada sendi, otot, maupun tulang belakang bisa berkurang.

Hal ini dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya cedera. Bonusnya, memiliki postur tubuh yang baik bisa membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati, lho!

Ini karena tubuh dapat menggunakan kekuatan otot dengan lebih efisien selama beraktivitas. Nah, Moms, jangan sepelekan bentuk postur tubuh, ya!

Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul bila postur tubuh kurang baik:

Meski tampak sepele, ternyata punya postur tubuh yang baik dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. \

Ini bukan hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga bayi dan anak-anak.

Baca Juga: 7 Obat Nyeri Tulang Alami, Moms Harus Coba

Postur Tubuh yang Baik Sesuai Usia

Bukan isapan jempol semata, punya postur tubuh yang baik tak hanya membuat penampilan lebih enak dilihat.

Di sisi lain, tubuh yang tegak dan tegap juga bisa mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

Moms, perhatikan apakah postur tubuh anggota keluarga sudah sesuai dengan yang seharusnya atau belum.

Berikut postur tubuh yang ideal untuk masing-masing kelompok usia.

Postur Tubuh Balita yang Baik

postur tubuh yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum memasuki usia balita, bayi yang baru lahir sebenarnya sudah mulai menunjukkan postur yang benar. Moms bisa mengamati apakah bayi mengepalkan tangan sembari menekuk sikunya.

Di masa awal setelah kelahiran, Moms bisa memosisikan tubuh bayi agar posturnya baik dengan cara meluruskan kepala, tubuh, pinggul, dan kakinya.

Jika Moms ingin mencegah agar kepala bayi tidak datar, usahakan kepala bayi tidak miring dan bisa dengan mudah bernapas.

Seiring bertambahnya usia, saat Si Kecil memasuki balita, postur tubuh yang baik miliknya juga ikut berkembang. Biasanya, di usia balita ini, tubuh anak sudah jauh lebih berisi.

Alhasil, Moms mungkin melihat perutnya sedikit menjol dengan punggung bagian bawah yang melengkung ke dalam.

Tak perlu khawatir, ini normal, kok. Moms tetap perlu pastikantubuh balita terbiasa tegak sehingga posturnya bisa tampak lebih ramping dan kuat.

Postur Tubuh Anak yang Baik

postur tubuh yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Melewati usia balita dan masuk ke usia anak-anak, postur tubuh yang baik versi Si Kecil juga turut mengalami perkembangan.

Moms, coba perhatikan apakah punggung anak lurus dengan bahunya saat duduk dengan bokong yang berada jauh di belakang kursi?

Posisi duduk seperti ini baik untuk usia anak-anak karena memungkinkan tulang belakang anak membentuk huruf S. Secara rincinya, bagian atas punggung dan bahu melengkung ke depan, sedangkan punggung bawah agak ke dalam.

Moms, memerhatikan postur tubuh yang baik untuk usia anak, terutama saat duduk, dapat membantu memperbaiki postur tubuhnya.

Cara ini sekaligus mengurangi kemungkinan anak mengalami sakit punggung karena tidak menerapkan postur tubuh yang baik.

Sementara saat berdiri, berat tubuh anak sebaiknya dibebankan merata pada pinggul dan kaki. Tak hanya itu, punggung harus lurus dengan bahu dan dagu agak didongakkan.

Mudahnya, mulai dari kepala, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki anak sebaiknya berada dalam satu garis lurus untuk membentuk postur tubuh yang baik.

Postur Tubuh Remaja yang Baik

postur tubuh yang baik

Foto: Beautyarmy.com

Anak remaja biasanya gemar bermain gawai, seperti handphone dan laptop.

Saking serunya bermain gawai, buah hati Moms biasanya tidak sadar kalau postur tubuhnya tidak berada dalam posisi yang benar.

Bukan lagi membungkuk saat duduk, Si Kecil biasanya sampai membungkuk dengan bertumpu pada meja belajarnya saat bermain laptop atau bahkan berbaring sembari mengutak-atik handphone.

Alhasil, postur tubuh yang baik pun jarang atau bahkan tidak diterapkan oleh anak remaja Moms.

Sebaliknya, Moms mungkin melihat Si Kecil membungkuk, menekan dadanya, hingga menekuk lehernya ke depan.

Selain tidak enak dilihat, posisi duduk dan berdiri seperti ini juga tanpa sadar sebenarnya membuat tubuh Si Kecil tidak nyaman.

Selanjutnya, ia mungkin mengalami nyeri di area leher, punggung atas, punggung bawah, hingga bahu.

Bukan itu saja, anak remaja yang tidak menerapkan postur tubuh yang baik juga berisiko mengalami masalah kesehatan.

Seperti sakit kepala, mudah lelah, sistem pencernaan buruk, hingga penyempitan saraf.

Lebih dari itu, postur tubuh yang buruk bisa memicu kecemasan dan depresi, lho!

Nah, Moms bisa latih Si Kecil di usia remaja ini untuk menerapkan postur tubuh yang baik dengan terbiasa duduk dan berdiri tegak.

Tak masalah jika Si Kecil ingin lebih rilek, tetapi usahakan postur tubuhnya tegap dan tidak membungkuk.

Hal ini bertujuan agar bentuk tulangnya tidak melengkung yang berisiko membuat tubuhnya tampak membungkuk.

Postur Tubuh Dewasa yang Baik

postur tubuh yang baik

Foto: Practicalpainmanagement.com

Moms, perlu diingat bahwa postur tubuh yang baik bukan berarti kaku saat duduk maupun berdiri. Moms dan Dads tetap bisa menerapkan postur tubuh rilek tetapi tidak bungkung dengan cara berikut.

  1. Badan tegap lurus.
  2. Kepala agak didongakkan dengan pandangan mata lurus ke depan.
  3. Perut ditahan ke dalam.
  4. Berat badan seimbang dengan bertumpu di kedua kaki.
  5. Lutut lurus.
  6. Tetap rileks dan bernapas seperti biasa.

Sebenarnya, postur tubuh yang baik di setiap usia tidak jauh berbeda. Hanya saja, perbedaan kebiasaan di setiap kelompok usia yang membedakan postur tubuh ideal ini.

Baca Juga: Ini Caranya Memprediksi Tinggi Badan Anak Saat Dewasa Nanti

Tips Menjaga Postur Tubuh yang Baik

Tak semua orang bisa memiliki postur tubuh yang baik dan ideal. Agar tubuh tidak membungkuk sekali pun sedang beraktivitas, berikut beberapa tips yang bisa Moms, Dads, dan Si Kecil lakukan.

  • Saat sedang duduk, punggung sebaiknya bersandar pada sandaran kursi. Lutut juga membentuk sudut tepat dengan kaki menyentuh lantai
  • Usahakan untuk tidak menyilangkan kaki saat duduk karena dapat berakibat buruk pada otot kaki
  • Hindari duduk di sofa atau kursi yang terlalu empuk dalam waktu yang lama
  • Coba gunakan satu bantal penyangga untuk mencegah nyeri leher
  • Jika membawa beban berat di pundak, seperti tas, pastikan beban dipikul oleh kedua bahu

Untuk bisa memiliki postur tubuh yang baik mungkin tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat.

Namun, berlatih menerapkan postur tubuh yang ideal saat duduk, berbaring, hingga berdiri dapat membantu Moms, Dads, dan Si Kecil mendapatkan manfaat kesehatan yang tidak disangka-sangka!

  • https://www.healthdirect.gov.au/how-to-improve-your-posture
  • https://medlineplus.gov/guidetogoodposture.html
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/posture-align-yourself-for-good-health/art-20269950
  • https://www.childrens.com/health-wellness/good-posture-builds-back-strength-now-and-reduces-health-risks-later
  • https://www.mylittlemoppet.com/does-your-baby-have-the-right-posture/
  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/Pages/Physical-Appearance-and-Growth-Your-2-Year-Od.aspx
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait