Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
15 Agustus 2020

Ketahui 5 Cara Agar Hubungan Awet dan Tahan Lama

Hubungan langgeng dan awet butuh usaha dan keinginan masing-masing pihak agar dapat terwujud
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Amelia Puteri

Membina hubungan tahan lama membutuhkan dedikasi untuk dapat bertahan dalam berbagai rintangan.

Direktur Penelitian dan Pendidikan di The Glendon Association, Lisa Firestone, Ph.D. menyebutkan dalam artikelnya di Psychalive, bahwa seiring dengan berjalannya waktu, perasaan kita bisa saja berubah.

Untuk itu, tak heran jika mau membuat hubungan langgeng, dibutuhkan usaha ekstra dari Moms dan Dads. Ketahui seperti apa cara agar hubungan awet dengan pasangan berikut ini.

Cara Agar Hubungan Awet dengan Pasangan

Bagi kebanyakan pasangan, sulit bagi mereka mendeskripsikan bagaimana seharusnya tipikal dari hubungan yang baik.

Lantas, seperti apa rahasia atau cara agar hubungan awet dan bisa bertahan lama? Cek di bawah ini ya, Moms.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Mengancam Pernikahan

1. Saling Percaya

hubungan langgeng 1.jpeg

Foto: pexels.com

Kepercayaan adalah kunci utama dari membina hubungan antar sesama, termasuk juga dengan pasangan.

Berdasarkan Survei Indikator Hubungan pada tahun 2011 yang diterbitkan Relationship Australia Inc, salah satu dari empat alasan utama perpecahan dalam rumah tangga ialah minimnya kepercayaan.

Moms dan pasangan harus bisa memupuk rasa percaya terlebih dahulu karena hal tersebut adalah pondasi dasar dari sebuah hubungan. Tanpanya, hubungan rumah tangga bisa rusak karena perasaan negatif termasuk rasa cemburu, posesif, dan berakhir dengan kekerasan.

2. Saling Memahami dan Mendukung

hubungan langgeng 2.jpeg

Foto: pexels.com

Ada ungkapan yang mengatakan kalau cinta berarti harus menerima apa adanya. Ini menjadi kunci penting sebagai cara agar hubungan awet.

Pada dasarnya, memang benar bahwa membina hubungan berarti Moms dan pasangan harus saling menerima kepribadian masing-masing. Hal ini berhubungan dengan empati dan melihat segala sesuatunya berdasarkan perspektif orang lain.

Di samping itu, setelah satu sama lain saling percaya, masing-masing pasangan pun harus saling mendukung. Misalnya dalam perihal karier atau impiannya. Meski ada saatnya kesalahan dibuat, setidaknya Moms atau pasangan belajar dari hal tersebut.

Baca Juga: Catat, Begini Tanda Hubungan Suami Istri yang Tidak Sehat

3. Hargai Privasi Masing-masing

hubungan langgeng 3.jpeg

Foto: unsplash.com

Perkembangan teknologi membuat kita lebih mudah untuk melacak keberadaan pasangan hanya dengan pesan singkat. Namun, menghargai dan memberi waktu sendiri atau me-time bagi pasangan nyatanya dapat membuat hubungan langgeng.

Mengutip Psychology Today, hubungan yang sehat dilandasi rasa percaya satu sama lain. Untuk itu, ada baiknya sediakan waktu dan privasi masing-masing sebagai cara agar hubungan awet ya, Moms.

4. Berkompromi

hubungan langgeng 4.jpeg

Foto: pexels.com

Di tengah kehidupan yang serba individualis seperti sekarang, hubungan langgeng juga harus dipupuk dengan ajakan berkompromi. Ini juga tak kalah penting sebagai cara agar hubungan awet.

Masing-masing pasangan seharusnya tidak egois dan mampu berkompromi. Hal ini berarti kita mengerti perspektif, pikiran, dan perasaan pasangan.

Tetapi, pastikan Moms juga menyeimbangkan kebutuhan pasangan dengan diri sendiri. Carilah bentuk kompromi yang saling menguntungkan satu sama lain. Tidak ada salahnya untuk berdebat bahkan mengeluarkan opini agree to disagree asal diskusi yang dilakukan ‘sehat’.

Baca Juga: 7 Cara Mempererat Keintiman Hubungan Pernikahan, Bukan Hanya Seks!

5. Banyak Berikan Sentuhan Fisik

hubungan langgeng 5.jpg

Foto: freepik.com

Sentuhan fisik adalah salah satu bahasa cinta. Sehingga, menjadi lumrah kalau pasangan dengan hubungan langgeng sering berpegangan tangan, berpelukan, bahkan berciuman.

Hal ini dianggap wajar karena terkadang kasih sayang tidak hanya perlu diucapkan tapi juga dilakukan lewat tindakan. Karenanya, ini menjadi cara agar hubungan awet yang tak kalah penting.

Ketika pasangan mulai tinggal bersama, akan banyak sentuhan fisik yang dilakukan satu sama lain sehingga membuat hubungan tersebut terasa sangat spesial dan tidak mudah goyah.

Sentuhan fisik juga bisa memperkuat chemistry dan keintiman antara dua belah pihak.

Pada akhirnya, hubungan yang langgeng bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit. Kunci hubungan tahan lama adalah dengan menjalani hubungan itu sendiri dan membiarkan kedua belah pihak sama-sama berkembang.

Artikel Terkait