Bayi

17 Mei 2020

Rekomendasi Makanan Bayi Sebelum Satu Tahun

Permudah menyiapkan MPASI dengan rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebenarnya tidak ada aturan resmi mengenai makanan apa yang wajib diberikan saat bayi memulai MPASI dan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bayi perlu diperkenalkan dengan satu jenis makanan tertentu sebelum yang lainnya.

Namun dengan banyaknya bahan makanan sehat yang baik untuk diberikan sebagai MPASI bayi, Moms mungkin kerap bingung atau bahkan kehabisan ide mengenai sayur atau buah apa untuk menu MPASI bayi selanjutnya.

Rekomendasi Makanan Bayi Sebelum Satu Tahun

Untuk itu, berikut ini rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun.

1. Usia 6-8 Bulan

1 Usia 6-8 Bulan.jpg

Foto: Pixabay.com

Saat bayi mencapai usia enam bulan, maka ia siap untuk menerima MPASI pertamanya. Rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun di usia ini adalah sereal. Misalnya oatmeal, beras, dan barley.

“Ini bahan mudah untuk latihan makan,” ungkap Dokter anak di Hassenfeld Children’s Hospital, NYU Langone, New York, Lauren Kupersmith, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Moms dapat mencampur sereal dengan lebih banyak susu untuk menciptakan konsistensi yang lebih lembut. Jenis buah yang dapat menjadi pilihan MPASI bayi, antara lain: apel, alpukat, pisang, pear, mangga, hingga peach.

Baca Juga: Asyiknya Membuat Makanan Bayi Sendiri

Sedangkan sayuran yang menjadi rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun adalah labu, zucchini, dan wortel. Jenis makanan lain yang dapat diperkenalkan pada usia ini, antara lain: tahu, yoghurt, dan ayam.

Menurut penelitian dalam jurnal Clinical & Experimental Allergy, bayi yang mengonsumsi yogurt dapat mengurangi risiko kulit eksim dan alergi hingga 70%.

“Semakin rutin memberikan yogurt, maka semakin baik efeknya,” ungkap Dr Julian Crane dari Departemen Medis di University of Otago, Wellington yang juga menjadi bagian peneliti dari Health Research Council ini, seperti dikutip dari otago.ac.nz.

2. Usia 8-10 Bulan

2 Usia 8-10 Bulan.jpg

Foto: Riaan Marais – Pixabay.com

Rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun di usia ini seharusnya sudah lebih bervariasi. Moms dapat mencoba memasukkan pasta, keju, daging, dan telur. “Seluruh telur (bagian kuning dan putihnya) bagus.

Keduanya memiliki kualitas protein yang tinggi. Kuning telur juga kaya akan vitamin dan mineral,” ungkap Profesor Klinis Kedokteran Anak di Albert Einstein College of Medicine, New York City, Keith-Thomas Ayoob, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Tidak perlu takut dengan kadar kolesterol dalam telur, karena kolesterol sendiri diperlukan bayi dalam memaksimalkan perkembangan otaknya. Jenis makanan lain sebagai rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun, antara lain: asparagus, brokoli, ceri, anggur, kiwi, pepaya, mentimun, hingga kembang kol.

Baca Juga: Makanan Apa yang Baik Untuk MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

3. Usia 10-12 Bulan

3 Usia 10-12 Bulan.jpg

Foto: congerdesign – Pixabay.com

Rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun selanjutnya adalah jagung, bayam, stroberi, dan tomat. Di usia 12 bulan, Moms juga mulai dapat memberikan bayi buah sitrus, seperti jeruk.

Namun perhatikan pemberiannya, agar terhindar dari bahaya bayi tersedak. “Sebelum memberikan bayi jeruk, buang semua bijinya dan kupas semua kulit, termasuk bagian serat putihnya, karena bagian tersebut sulit dikunyah dan dapat menyebabkan anak muntah atau tersedak,” ungkap ahli nutrisi di St. Paul, Minnesota sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Susan Moores, seperti dikutip dari babycenter.com.

Baca Juga: Cegah Sembelit Pada Bayi dengan Makanan Kaya Serat

Itulah beberapa tahapan rekomendasi makanan bayi sebelum satu tahun yang dapat mempermudah Moms menyiapkan MPASI untuk bayi.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait