3-12 bulan

3-12 BULAN
17 Desember 2020

7+ Rekomendasi Push Walker untuk Si Kecil yang Sedang Belajar Jalan

Sebagai alat bantu berjalan untuk bayi, push walker punya beragam jenis dan aksesoris
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sepertinya, baru kemaren Moms memeluk bayi mungil dalam pelukan. Namun kini, Si Kecil semakin besar, bergerak, merangkak, dan bahkan bersiap untuk berdiri sendiri. Ternyata, bayi mungil Moms kini ingin belajar berjalan sendiri. Time flies ya Moms.

Saat memikirkan apa yang akan diberikan untuk Si Kecil di untuk ulang tahun pertamanya, Moms bisa mempertimbangkan untuk memberikannya baby walker.

Alat ini akan membantu bayi melangkahkan kakinya, dan biasanya didesain dengan banyak mainan yang bisa dimainkan oleh bayi.

Ada beberapa hal yang bisa Moms gunakan sebagai pertimbangan saat akan membeli push walker untuk Si Kecil.

Baca Juga: 4 Latihan Mudah Untuk Si Kecil Yang Baru Belajar Berjalan

Waktu yang Tepat Membelikan Push Walker

Saat bayi mendekati usia satu tahun, biasanya Si Kecil belajar berdiri sendiri dan menggapai-gapai dan merayap di furnitur sebagai caranya untuk melangkahkan kakinya. Beberapa bayi bahkan mungkin sudah mulai belajar berjalan sebelum berusia 1 tahun.

Kondisi bayi yang berbeda-beda tentunya akan memiliki perkembangan masing-masing, Si Kecil memiliki kecepatan perkembangan tersendiri. Rentang usia untuk sebagian besar bayi untuk belajar berjalan adalah antara 6 bulan hingga 3 tahun.

Ada juga yang mengatakan bahwa kemampuan berjalan pada bayi tergantung pada kemampuan fisiknya. Jadi, Moms bisa mempertimbangkan untuk membeli push walker saat melihat bayi dapat menyeimbangkan dirinya sendiri dan menarik ke posisi berdiri secara mandiri.

Tips Membeli Push Walker

Ada banyak pilihan push walker yang beredar di pasaran. Sebelum memilih, ada baiknya Moms mempertimbangkan hal-hal ini;

  • Seberapa aktif bayi? Beberapa alat bantu jalan mungkin lebih cocok untuk bayi yang baru bisa duduk dan berdiri sendiri. Push walker biasanya lebih menarik bagi bayi ang mulai lancar melangkahkan kakinya.
  • Apa jenis lantai di rumah? Berat dan bahan push walker biasanya dapat bekerja lebih baik pada karpet, lantai kayu keras, atau ubin.
  • Apakah sering bepergian? Beberapa push walker bisa dilipat untuk memudahkan Moms mengangkutnya saat bepergian. Ada juga jenis lain yang berukuran besar dan lebih mudah disimpan di ruang bermain.
  • Berapa anggaran yang dimiliki? Ini bisa disesuaikan dengan budget yang Moms miliki, karena banyak jenis push walker yang tersedia di pasaran.
  • Fitur apa yang dimiliki? Beberapa push walker memiliki desain yang cukup sederhana, tapi ada juga yang menawarkan opsi keselamatan tambahan, seperti karet dan roda pengunci. Jenis lainnya memiliki banyak lampu dan musik yang terang, sementara yang lain lebih tenang dan terbuat dari kayu.
  • Berapa tinggi dan lebarnya? Moms tentu tidak ingin bayi terlalu tinggi atau pendek.
  • Bagaimana kekokohannya? Pastikan push walker tidak rusak saat bayi mendorongnya.
  • Bagimana kontrol kecepatannya? Dapatkah roda dikencangkan atau dilonggarkan untuk mengubah kecepatan saat bayi tumbuh menjadi mainan dorong? Apa ada remnya?

Ini adalah beberapa pertimbangan sebelum membeli push walker dan tidak lagi melirik baby walker. Sebab, American Academy of Pediatrics (AAP) melaporkan bahwa ribuan bayi terluka setiap tahun saat menggunakan baby walker yang memiliki tempat duduk bayi di dalam dan memiliki empat roda di alasnya.

Selain itu, studi tahun 2019 dari Global Pediatric Health menemukan bahwa baby walker yang berposisi duduk memiliki efek samping lain karena memengaruhi postur dan pola gaya berjalan pada bayi yang belajar berjalan, dan dapat menghalangi transisi dari duduk ke berjalan sendiri.

Baca Juga: Flat Feet Pada Bayi, Benarkah Sebabkan Bayi Terlambat Berjalan?

Rekomendasi Push Walker untuk Bayi

Push walker memang termasuk alat bantu berjalan yang hampir sama dengan baby walker. Hanya saja, push walker akan membuat kaki si Kecil bertumpu langsung di tanah dan membuat otot kaki bayi terlatih untuk berjalan secara mandiri.

Ada banyak push walker yang bisa didapatkan dengan harga dan model yang bervariasi. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Fisher-Price Brilliant Basics Corn Popper

8 Push Walker -1.jpg

Foto: Mattel.com

Ini bisa menjadi pilihan push walker yang sederhana. Memiliki desain yang simple, cocok bagi Moms yang senang bepergian karena mudah untuk membawanya. Pegangan yang panjang juga akan memudahkan Si Kecil untuk memegang dan membantunya berjalan.

Walaupun tidak dilengkapi banyak mainan, push walker ini tetap memiliki fungsi yang baik untuk membantu Si Kecil belajar berjalan, dan juga hemat ruang karena bisa disimpan di mana saja.

2. iPlay, iLearn Push Walker

Menginginkan push walker yang multifungsi? iPlay bisa menjadi solusinya. Sebab, produk ini fungsi memiliki fungsi 3 in 1. Selain menjadi push walker, bisa juga dijadikan sebagai meja dan juga mainan untuk Si Kecil.

Pada bagian depannya, terdapat berbagai tombol yang menarik yang bisa digunakan bermain untuk Si Kecil. Saat ditekan, tombol tersebut akan menghasilkan suara-suara untuk merangsang keterampilan pendengaran si Kecil. Push walker yang satu ini cocok bagi Moms yang menyukai kepraktisan.

3. Melissa & Doug Chomp & Clack Alligator Push Toy

8 Push Walker -3.jpg

Foto: Melissaanddough.com

Bagi Moms yang ingin membeli push walker berbahan kayu, produk ini bisa dipilih. Produk ini terbuat dari kayu yang kokoh, namun tetap ringan saat digunakan. Selain itu, penggunaan kayu yang halus juga tetap nyaman saat dipegang oleh Si Kecil.

Jika bayi mulai lelah belajar berjalan, terdapat mainan tiga ekor buaya terbuat dari kayu di bagian depan yang bisa dimainkan. Mulut buaya tersebut akan terbuka dan tertutup saat anak melangkah dengan mendorong push walker ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Edukatif Untuk Anak 4-5 Tahun

4. Pumpee Happy Musical Walker

Pumpee Happy Musical Walker bisa membantu melatih si Kecil berjalan sendiri. Dilengkapi dengan pegangan dan roda yang kuat, ini akan memudahkan Si Kecil untuk bergerak. Idealnya, produk ini digunakan untuk Si Kecil yang sudah berusia 9 bulan ke atas.

Memilik mainan edukatif, produk ini juga membantu perkembangan sistem motorik si Kecil. Sehingga selain lancar berjalan, keterampilan lainnya pun akan ikut berkembang.

5. Vtech Baby Walker

8 Push Walker -5.jpg

Foto: Amazon.com

Merek lain yang juga menawarkan fitur menarik adalah Vtech Baby Walker. Terdapat tambahan berupa mainan angka, huruf dan berbagai bentuk lainnya dengan warna berbeda-beda. Ada pula mainan unik berupa telepon yang bisa dimainkan dengan suara-suara yang menarik.

Memiliki desain yang menarik, kokoh dan pegangannya luas, Si Kecil akan lebih leluasa saat mendorongnya dan punya banyak opsi mainan di depan. Baby push walker ini cocok untuk menumbuhkan keterampilannya dan melatih otot-ototnya.

6. Pumpee Happy Musical Walker

Harga Pumpee Baby Walker relatif terjangkau dan tersedia di berbagai e-commerce lokal. Secara kualitas tidak usah diragukan, karena material yang digunakan adalah bahan plastik yang kokoh namun juga tetap ramah lingkungan.

Mom juga tidak perlu mengkhawatirkan keamanannya, sebab terdapat silikon anti-slip pada roda untuk mengontrol kecepatan push walker ini. Fitur unggulannya adalah instrumen musik yang bisa melatih pengenalan suara dan juga banyak mainan edukasi lainnya.

7. Ford F150 Baby Walker

8 Push Walker -7.jpg

Foto: Pinterest.com

Dengan push walker ini, Si Kecil mungkin akan jadi yang paling keren di antara anak-anak lain. Sebab, ini adalah satu-satunya baby walker yang memiliki dua mode sekaligus, yaitu sit-in dan push-behind dengan tiga bentuk berbeda.

Ford F150 sangat mudah dilipat dan dibentuk sesuai keinginan. Terdapat pula fitur suara-suara yang khas, hingga simulasi roda kemudi dan pemindah gigi. Si Kecil pasti senang dan seolah menjadi pengemudi andal saat berada di dalamnya.

8. Learn & Giggle Push Walker

Memiliki fitur karet anti-slip pada rodanya, produk ini akan menjadi pilihan bagi Moms yang mementingkan keamanan sebagai prioritas. Karena, push walker tidak akan berjalan terlalu kencang saat Si Kecil menggunakannya.

Terbuat dari plastik BPA free yang aman untuk Si Kecil, produk ini juga memiliki banyak mainan untuk aktivitas bayi yang dapat merangsang berbagai keterampilan. Misalnya mainan piano kecil, papan tulis kecil, cermin dari bahan plastik, ponsel, boneka, dan sebagainya.

Jangan lupa, Moms juga harus mengawasi Si Kecil saat bermain bersama push walkernya agar keamanannya lebih terjaga dan akan menjadi momen yang bagus bagi Moms dan bayi.

Artikel Terkait