Jalan-jalan

17 November 2021

7+ Rekomendasi Wisata di Bandung Barat, Pemandangannya Luar Biasa!

Ingin tempat wisata yang tidak terlalu ramai, mencoba wisata di Bandung Barat bisa menjadi solusi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bosan dengan hiruk pikuk atau wisata Kota Bandung yang itu-itu saja? Tinggal melipir sedikit ke arah Barat, dan Moms akan menemukan banyak tempat wisata di Bandung Barat yang menyajikan udara segar dan keindahan alamnya.

Kabupaten Bandung Barat adalah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, sebagai hasil pemekaran Kabupaten Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat dan timur.

Jika Moms memiliki hobi fotografi, tidak ada salahnya jika sesekali menjajal wisata di Bandung Barat, karena potensi wisata alamnya cukup banyak. Mau bermain ke bukit atau ke hutan pinus? Hampir semua hadir di Bandung Barat.

Moms bisa berkunjung ke salah satu tempat wisatanya sekadar untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan sembari sesekali berselfie ria.

Jarak dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung Barat sekitar 22 km dan bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1 jam via tol menuju Padalarang. Penasaran dengan tempat wisata di Bandung Barat?

Berikut adalah ulasan beberapa tempat wisata di Bandung Barat yang bisa Moms pilih untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

Baca Juga: 17 Tempat Wisata Bandung yang Baru dan Tak Kalah Seru

Tempat Wisata di Bandung Barat

Ada cukup banyak tempat wisata di Bandung Barat. Mulai dari sungai, bukit, danau, hutan, hingga air terjun. Moms bisa memilih salah satu atau salah duanya untuk dikunjungi saat akhir pekan nanti. 

Atau ketika Moms membutuhkan tempat untuk melepas lelah barang sejenak. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Bandung Barat, yang mungkin bisa masuk dalam daftar destinasi wisata Moms nanti.

1. Sungai Cikahuripan

Sungai cikahuripan.jpeg

Foto: Instagram.com/ayodolan

Dalam bahasa Sunda, Cikahuripan berarti air yang membawa kehidupan. Dan air Sungai Cikahuripan memang dipercaya sangat bermanfaat oleh masyarakat sekitar.

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungai nya. Daya tarik dari anak sungai Citarum Purba ini adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip dengan Green Canyon.

Aliran sungai dari Cikahuripan ini tidaklah deras dan cukup dangkal. Dengan kedalaman kurang lebih empat meter. Di tempat ini, Moms bisa menjelajahi aliran sungai di tengah tebing-tebing dan bebatuan.

Rute:

Untuk tiba di Sungai Cikahuripan, Moms bisa melewati jalur menuju Waduk Saguling di Rajamandala. Namun yang perlu Moms ingat, jalan menuju lokasi masih berbatu hingga harus berhati-hati.

Harga Tiket:

Rp10.000 per orang

Rp5.000 untuk parkir motor

Rp20.000 untuk parkir mobil.

2. Taman Lembah Dewata

wisata bandung barat

Foto: sikidang.com

Jika Moms ingin melihat keindahan danau, Moms bisa memilih Taman Lembah Dewata, salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang juga menawarkan keindahan alam. Taman Lembah Dewata merupakan sebuah perbukitan yang terletak di Wisata berkuda Ganesha Equestrian. Tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu Km 3,7, Cibogo, Lembang.

Di Taman Lembah Dewata, Moms bisa menikmati hamparan hijau perbukitan yang dipermanis dengan sebuah danau tadah hujan di bagian tengahnya. Selain itu, terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.

Rute:

Taman Lembah Dewata berada di wisata berkuda Ganesha Equestrian.

Untuk bisa tiba di Taman Lembah Dewata, Moms bisa mengambil rute ke arah utara dari Kota Lembang, menuju Tangkuban Parahu. Sebelum kawasan Cikole, di sebelah kanan anda akan menemukan kawasan Wisata berkuda Ganesha Equestrian

Harga Tiket:

Rp10.000.

Baca Juga: 6 Wisata Bogor Bernuansa Alam yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak

3. Benteng Pasir Ipis

wisata bandung barat

Foto: keluyuran.com

Untuk Moms yang menyukai sejarah, Moms bisa memilih Benteng Pasir Ipis sebagai tempat wisata di Bandung Barat. Di daerah Pasir Ipis, tepatnya di Kampung Pasir Ipis, Rt 05/06, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda yang membentang hampir mencapai 1 km.

Salah satu cagar alam tersebut dibangun sekitar tahun 1891 hingga 1930-an dan bagian tubuh benteng tua itu sudah ditumbuhi lumut, yang akan menambah kesan artistik jika Moms berfoto di sana.

Rute:

Benteng Pasir Ipis terletak di Kampung Pasir Ipis, Desa Jayagiri, Lembang. Untuk bisa sampai ke lokasi, Moms hanya perlu berkendara menuju sebuah rumah makan Mandarin sebelum kawasan Pasar Lembang. Dari sana, Moms bisa bertanya pada warga sekitar. 

Harga Tiket:

Rp10.000 per orang.

4. Bukit Gantole

wisata bandung barat

Foto: bosscha.id

Tahun 2010 lalu, bukit ini dibangun untuk kebutuhan Porda Jabar 2010 dan PON 2016 cabang paralayang. Namun sekarang, selain untuk olahraga, Bukit Gantole dijadikan salah satu destinasi wisata warga Bandung Barat maupun dari sekitar Bandung.

Di tempat ini, Moms menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih sekaligus menikmati pemandangan. Moms bisa menikmati keindahan hutan pinus milik Perhutani, Waduk Saguling, pemandangan Kota Cimahi dan Kota Bandung dari ketinggian.

Jika Moms tertarik melihat langsung para atlet paralayang beraksi, Moms bisa datang ke Bukit Gantole sekitar pukul 07.00 hingga 10.00 WIB.

Rute:

Ada beberapa alternatif jalur yang bisa Moms gunakan untuk tiba di Bukit Gantole. Moms yang berasal dari Kota Bandung atau Jakarta, bisa mengambil jalur menuju Cimareme atau arah Batujajar.

Harga Tiket:

Moms hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir dan foto sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000.

Baca Juga: Selain Rabbit Town, 5 Tempat Wisata Ini Juga Lagi Hits di Bandung

5. Hutan Pinus Pal 16

wisata bandung barat

Foto: klook.com

Pal 16 merupakan kawasan hutan pinus yang letaknya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu. Di tempat ini, Moms bisa bersantai menikmati semilir angin sejuk dan udara segar beraroma pinus.

Meski dulunya hanya sebuah hutan kosong, kini fasilitas di Hutan Pinus Pal 16 cukup lengkap lho Moms. Mulai dari ayunan, tempat makan sederhana, hingga spot untuk memasang hammock. Moms bahkan bisa membawa bekal dan menikmatinya sembari menggelar tikar.

Rute:

Untuk tiba di Hutan Pinus Pal 16, Moms bisa mengambil rute menuju Tangkuban Parahu. Posisinya tepat di pinggir jalan, tepat setelah Grafika Cikole.

Harga Tiket:

Rp5.000

Rp2.000 parkir motor

Rp5.000 parkir mobil.

6. Puncak Eurad

wisata bandung barat

Foto: khatulistiwaupdate.com

Tempat wisata di Bandung Barat lain yang kental dengan nuansa alamnya adalah Puncak Eurad atau Puncak Eurad Pingping, seperti yang kerap disebut warga sekitar.

Tempat wisata yang satu ini memang sedang hits lantaran banyak spot foto yang instagramable. Namun di samping itu, Moms bisa menikmati udara segar khas perbukitan dengan hamparan kebun teh di sekitarnya.  

Selain kerap diburu sebagai tempat berfoto, di Puncak Eurad Moms juga bisa melakukan aktifitas lain seperti bersepeda, hiking, atau bahkan camping.

Rute:

Untuk tiba di Puncak Eurad, Moms bisa berkendara melalui Lembang menuju Pasar Ahad yang kemudian dilanjutkan menuju Cikareumbi.

Harga Tiket:

Rp5.000.

Baca Juga: Info Lengkap Wisata Kawah Ijen, Mulai dari Harga Tiket Hingga Penginapan

7. Air Panas Nagrak

wisata bandung barat

Foto: dakatour.com

Berendam air panas akan terasa nikmat setelah melalui rutinitas panjang yang bikin penat, kan Moms. Jangan khawatir, Moms bisa melakukannya di salah satu tempat wisata di Bandung Barat.

Tepatnya di Air Panas Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang. Sebenarnya, kolam air panas di Nagrak sudah ada sejak lama. Kolam ini merupakan sumber air panas yang berasal dari aliran air belerang Gunung Tangkuban Parahu.

Bentuk kolam di kolam air panas Nagrak tidak seperti di pemandian air panas yang pada umumnya sudah dipatenkan. Kolam air panas Nagrak ini berada tepat di aliran sungai, dan dibendung sehingga Moms dapat berendam di dalamnya. Kapan lagi bisa bersantai di kolam air panas yang kental dengan nuanasa alam?

Rute:

Ada dua rute alternatif yang bisa Moms lewati jika ingin berendam di Air Panas Nagrak. Jika dari Bandung, Moms bisa lewat jalur Ledeng-Cihideung-Patrol menuju Lembang. Moms akan menemukan jalan Nagrak tidak jauh dari pertigaan Patrol menuju Lembang.  

Jika dari arah Cimahi, ambilah jalur Kolonel Masturi menuju Parongpong, kemudian menuju Patrol, dan ambil jalur kiri ke arah Lembang. Jika sudah sampai di Jalan Nagrak, Moms akan mendapatkan petunjuk menuju air panas.

Harga Tiket:

Rp5.000.

8. Curug Ngebul

wisata bandung barat

Foto: merahputih.com

Buat Moms yang ingin mencari tempat wisata di Bandung Barat yang masih belum banyak dijamah banyak orang, Moms bisa memilih Curug Ngebul.

Curug atau air terjun ini hanya dikelola oleh beberapa warga sekitar, hingga fasilitasnya masih minim.

Akan tetapi, jangan khawatir, Moms di tempat ini Moms bisa menikmati pemandangan curug dengan ketinggian sekitar 20 meter, dengan lebar kurang lebih 5 meter.

Air dari Curug Ngebul ini berasal dari salah satu curug yang fenomenal di Bandung Barat, yaitu Curug Malela. Karena, Curug  ini berada di bagian hilir dari Curug Malela, yang aliran airnya berasal dari aliran sungai Cidadap.

Nama Curug Ngebul disematkan karena, air yang jatuh dari menciptakan butiran-butiran embun yang berkumpul hingga menyerupai asap. Hingga akhirnya curug tersebut diberi nama Curug Ngebul.

Rute:

Lokasi Curug Ngebul ada di Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu. Namun karena tempatnya tersembunyi, akses menuju lokasi pun agak sulit karena tidak ada papan petunjuk.

Tapi Moms jika Moms berencana ke Curug Ngebul, Moms bisa mengambil jalur Cililin menuju Gununghalu. Dari sana, Moms bisa mengarahkan kendaraan ke Desa Celak Kidul. Dari sana Moms bisa meminta petunjuk dari warga.

Harga Tiket:

Rp10.000.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Kulon Progo, Ciptakan Memori Indah bersama Keluarga!

Itulah beberapa pilihan wisata di Bandung Barat yang bisa Moms pilih untuk dikunjungi bersama keluarga. Jangan khawatir karena Moms tetap bisa menginap di Kota Bandung, lalu mengunjungi wisata di Bandung Barat yang mungkin tidak banyak diketahui banyak orang tersebut.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait