Resep

26 Juni 2020

Resep S’mores Dip, Cocolan Biskuit yang Manis Lumer

Cara membuatnya sangat mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Cokelat dan marshmallow adalah dua camilan manis favorit anak-anak. Bagaimana kalau keduanya dikombinasikan dengan biskuit ke dalam resep s’mores dip? Wah, Si Kecil pasti doyan!

S’more adalah camilan yang populer di kalangan anak-anak pramuka di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Marshmallow ditusuk dengan tusuk satai lalu dibakar di api unggun. Kemudian, marshmallow panas tadi dan sepotong cokelat dijepit di antara dua buah biskuit. Jadilah camilan sandwich yang manis dan lumer saat dimakan hangat-hangat.

S’more adalah singkatan dari “some more” atau “tambah lagi” dalam Bahasa Inggris. S’more klasik menggunakan graham cracker atau semacam biskuit gandum yang tipis dan manis. Selain di api unggun, s’more juga bisa dibuat menggunakan oven, microwave, atau api dari kompor.

Resep s’more sudah ada sejak tahun 1920-an. Namun, beberapa tahun lalu di kafe-kafe kekinian di Indonesia, variasi baru yakni s’mores dip tampak populer.

Bahan yang digunakan untuk membuat s’mores dip sebenarnya sama dengan s’more biasa, yakni marshmallow, cokelat, dan biskuit. Namun, penyajiannya agak berbeda.

Cokelat diletakkan di dasar wadah tahan panas, lalu bagian atasnya ditutupi marshmallow. Wadah tersebut lalu dipanggang di oven, microwave, atau di atas kompor sampai marshmallow dan cokelatnya meleleh. Kombinasi cokelat dan marshmallow lumer dalam wadah lalu menjadi cocolan biskuit.

Baca Juga: Resep: Churros Saus Cokelat

Cara membuat s’mores dip sangat mudah dan hanya memerlukan tiga bahan. Ini resep s’mores dip yang bisa Moms buat di rumah:

Resep S’mores Dip

Bahan S’mores Dip

  • Chocolate chips atau dark cooking chocolate yang dipotong-potong
  • Marshmallow
  • Biskuit

Cara Membuat

  1. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat Celsius
  2. Di mangkuk tahan panas, tata cokelat sampai menutupi seluruh dasar mangkuk.
  3. Kemudian, tata marshmallow hingga menutupi lapisan cokelat tadi.
  4. Masukkan mangkuk ke oven. Panggang sekitar 5-10 menit.
  5. Keluarkan mangkuk dari oven. Tunggu hingga s’mores dip agak dingin.
  6. Cocol s’mores dip menggunakan biskuit dan nikmati.

Baca Juga: Tak Hanya Cokelat, 4 Makanan Ini Juga Bisa Mengusir Bad Mood

Tips Membuat S’mores Dip

  • Sebaiknya gunakan biskuit yang cenderung hambar atau asin sekalian daripada biskuit manis karena s’mores dip sudah sangat manis.
  • Kalau Moms ingin permukaan marshmallow berwarna kecokelatan, Moms bisa menggunakan oven dengan api atas dan bawah atau memakai blow torch
  • S’mores dip harus dinikmati selagi hangat agar cokelat dan marshmallownya lumer. Kalau sudah dingin, marshmallow akan terasa kenyal dan cokelat kembali mengeras. Namun, hati-hati menyantapnya saat baru keluar dari oven, ya, Moms, karena marshmallow dan cokelatnya bisa jadi sangat panas.
  • Sebaiknya gunakan mangkuk kecil atau sedang saja untuk wadah s’mores dip. Sebab, biasanya makanan yang sangat manis seperti ini kurang enak dimakan banyak-banyak.

Menurut situs allrecipes, per mangkuk s’mores dip mengandung 353 kalori, 11,9 gram lemak, 63,1 gram karbohidrat, 3,9 gram protein, 0 mg kolesterol, dan 228 mg sodium. Dessert ini memang tinggi kandungan gula dari marshmallow, cokelat, dan biskuitnya.

Baca Juga: Makan Cokelat Mengurangi Risiko Stroke? Begini Penjelasannya

Ada beberapa cara untuk mencegah efek buruk s’mores dip untuk kesehatan, yakni:

  • Buat dalam porsi kecil
  • Berbagi bersama beberapa orang
  • Jangan sering-sering menikmatinya
  • Sikat gigi satu jam setelah makan s’mores dip
  • US Department of Agriculture menyarankan mengganti komponen s’mores dengan alternatif yang lebih sehat. Misalnya, marshmallow diganti dengan yoghurt atau cokelat diganti dengan buah-buahan seperti nanas, stroberi, atau pisang yang dipotong kecil-kecil. Cocolan ini tidak perlu dipanaskan seperti s’mores dip biasa.

Bagaimana, Moms, tertarik mempraktikkan resep s’mores dip untuk camilan Si Kecil dan keluarga di rumah?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait