Program Hamil

2 Juni 2021

4 Rekomendasi RSIA Semarang Ramah Anak dan Moms

Untuk Moms yang berdomisili di Semarang, simak beberapa pilihan RSIA Semarang ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pada sebagian pasangan, kehamilan bisa datang dengan mudah. Sementara itu, ada sebagian pasangan lainnya yang membutuhkan usaha lebih banyak untuk bisa hamil dan memiliki anak.

Seakan belum selesai problema dan dilema untuk bisa hamil, masalah pun seringkali timbul ketika Moms akhirnya hamil, hendak melahirkan, dan memiliki anak berusia di bawah 10 tahun.

Salah satunya adalah memilih dokter kandungan hingga dokter anak yang tepat. Apalagi jika kini Moms dan Dads baru saja pindah tugas ke luar Jakarta, seperti Semarang, Jawa Tengah.

RSIA Semarang Rekomendasi para Moms

Memilih RSIA Semarang yang ramah dengan keluarga seringkali merepotkan. Moms dan Dads perlu menambatkan hati pada Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan khawatir Moms, simak beberapa RSIA Semarang yang menjadi favorit banyak keluarga muda di area Semarang berikut.

1. RSIA Bunda

RSIA-BUNDA.jpg

Foto: bundasemarang.co.id

RSIA Semarang yang menjadi pilihan banyak Moms adalah RSIA Bunda, Semarang.

Berawal dari klinik sederhana di kawasan Semarang Timur, dengan nama Klinik Dr. Ong Jong Soen.

Klinik ini berkembang dari hanya kamar yang melayani pasien umum, menjadi klinik umum yang kemudian juga melayani wanita hamil mulai dari pemeriksaan kehamilan sampai pada persalinannya.

Baca juga: 7 Kesalahan Orang Tua yang Tanpa Disadari Membuat Anak Jadi Nakal dan Manja

Pada tahun 1983, klinik ini berganti kepemilikan ke Yayasan Retnadi. Klinik yang tampak sederhana kemudian menjadi Rumah Sakit Bersalin yang dirancang dan dibangun atas dasar ide awal membuat tempat pelayanan profesional tetapi tetap homey.

Rumah Sakit Bersalin BUNDA ini sempat berganti nama menjadi BUNDA Maternity Hospital yang fokus pelayanannya adalah kesehatan wanita khususnya di bidang Obstetri Ginekologi.

RSIA Semarang ini pun terakreditasi pada tahun 2016 dan berganti nama menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak BUNDA. Di sini, Moms bisa mendapatkan beberapa poliklinik di sini yaitu poliklinik anak, poliklinik kandungan dan kebidanan, dan poliklinik radiologi.

Fasilitasnya pun lengkap seperti farmasi, instalasi laktasi, instalasi menyusui, High Care Unit (HCU), unit perawatan intensif, instalasi bersalin, bunda pilates, bunda parenting class, USG, hingga instalasi rawat inap.

Alamat: Gayamsari, Jl. Brigjend Katamso No.8, Karangturi, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50125

Telepon: 024-8413060

2. RSIA Anugerah Semarang

RSIA-ANUGERAH.jpg

Foto: semaker.id

RSIA Semarang selanjutnya adalah RSIA Anugerah. Dilansir dari laman web-nya, RSIA Anugerah berawal dari Rumah Sakit Bersalin yang berdiri sejak 1983, yang kemudian mulai berkembang menjadi rumah sakit ibu dan anak pada tahun 1989.

Semenjak itu RSIA Anugerah terus berinovasi. Pada tahun 1995, RSIA Anugerah mendirikan unit laparoskopi operasi pertama di Jawa Tengah yang kemudian mempunyai kerjasama dengan Singapura pada tahun 2004.

Tahun 2013 RSlA Anugerah dipercaya oleh BKKBN untuk membuka suatu pelayanan kontrasepsi terpadu dan klinik laktasi. Tahukah Moms?

Saat ini RSIA Anugerah adalah Rumah Sakit yang telah dipercaya oleh Dinas Kesehatan sebagai Rumah Sakit Khusus tipe ”C” dengan fasilitas lengkap dan terakreditasi secara nasional oleh KARS pada 28 Mei 2018.

Agar setiap pasien merasa nyaman, RSIA Anugerah mempunyai kapasitas 25 tempat tidur, High Care Unit Dewasa, High Care Infant dan Pediatric, poliklinik rawat jalan, ruang operasi, ruang persalinan, Instalasi Bedah Sentral, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Radiologi, dan berbagai macam pendukungnya.

Tak hanya itu saja, RSIA Anugerah juga membuka pelayanan tidak hanya pasien khusus melahirkan.

Dokter spesialis lain seperti dokter penyakit dalam, dokter bedah umum, dokter radiologi, Aesthethic Ginekologi, hingga dokter umum yang siap 24 jam melayani kegawatan pasien diluar kehamilan dan penyakit kandungan juga bisa Moms temukan di sini. Lengkap!

Baca juga: Ketahui Jenis Operasi Caesar dan Metode Penutupan Lukanya

Alamat: Kalisari Baru 5 – 7,Semarang , Jawa Tengah 50245

Telepon: (024) 8313543

3. RSIA Hermina Pandanaran

RS Hermina

Foto: herminahospitals.com

RSIA Semarang selanjutnya yang menjadi favorit banyak Moms adalah RSIA Hermina Pandanaran. RS Hermina Pandanaran berdiri pada tahun 2005 dan berlokasi strategis di tengah kota Semarang.

Apa yang menjadi unggulan pelayanan rumah sakit ini? Banyak pasien yang menganggap Echocardiography di RS Hermina Pandanaran sebagai salah satu pelayanan pilihan.

Layanan ini merupakan tes non-invasif yang tidak berbahaya untuk bayi karena menggunakan standar dua dimensi, tiga dimensi dan doppler ultrasound yang dapat memperlihatkan visual jantung.

Di sini, Moms juga bisa menemukan layanan seperti USG 3D/4D, laparoskopi operatif, KTK (Klinik Tumbuh Kembang), gigi spesialistik, PICU (Unit Perawatan Intensif Anak), Endoskopi THT, ICU/NICU (Unit Perawatan Intensif/Unit Perawatan Intensif Neonatal), perina, echocardiography, treadmill, PMO (Personal Maternity Officer), hingga penanganan Wasir / Ambein /haemoroid dengan Metode STAPLER.

Alamat: Jl. Pandanaran No. 24, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telepon: (024) 844 2525/0812179298080

4. RSIA Kusuma Pradja

RSIA Semarang Kusuma Pradja

Foto: rskusuma.co.id

RSIA Semarang selanjutnya adalah RSIA Kusuma Pradja, Semarang yang sebelumnya bernama RSB Kusuma. Awalnya, RSB Kusuma ini resmi dibuka oleh Walikota Semarang pada tanggal 26 November 1994.

Pada tahun 2012 rumah sakit ini pun telah terakreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan mengajukan perubahan nama menjadi RSIA Kusuma Pradja.

RSIA Kusuma Pradja memiliki beberapa pelayanan medis spesialis, seperti spesialis anak, spesialis penyakit dalam, kebidanan, spesialis bedah, spesialis gizi, hingga THT.

Rumah Sakit ini juga didukung dengan layanan penunjang medis seperti : IGD, HCU, farmasi, laktasi, radiologi, Laboratorium Klinik.

RSIA Kusuma Pradja memiliki layanan unggulan dalam memberikan pelayanan inseminasi buatan, persalinan, dan Perinatologi.

Baca juga: Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu? Simak Jawabannya Berikut Ini!

Alamat: Jl. Bugangan No.3-5, Rejosari, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50126

Telepon: (024) 3546355

Itulah beberapa RSIA Semarang yang bisa menjadi opsi Moms dan Dads untuk memeriksakan kesehatan Moms serta Si Kecil.

Sebelum berkunjung, jangan lupa untuk mencari informasi lebih mendalam tentang dokter yang dituju agar sesuai dengan kebutuhan Moms.

  • https://www.herminahospitals.com/id/branch/hermina-pandanaran
  • https://bundasemarang.co.id/sejarah.html
  • http://www.rskusuma.co.id/
  • https://www.rsia-anugerah.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait