Kesehatan

4 Maret 2021

Sakit Kepala Sebelah Kanan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri yang ditimbulkan bisa disertai gejala lain, termasuk kelelahan dan mual
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Banyak orang mengalami sakit kepala sebalah kanan. Nyeri yang ditimbulkan bisa disertai gejala lain, termasuk kelelahan, mual, dan gangguan penglihatan.

Selain itu sakit kepala sebelah kanan juga bisa menimbulkan rasa sakit di kulit kepala, pangkal tengkorak, leher, gigi dan mata.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hampir 50 persen orang dewasa di seluruh dunia setiap tahun mengalami sakit kepala. Sehingga keluhan ini menjadi masalah kesehatan yang paling umum terjadi.

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang tidur dan juga efek samping dari konsumsi kafein berlebihan.

Baca juga: Ini Penyebab Sakit Kepala pada Bayi, Catat!

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala sebelah kanan

Foto : Orami Photo Stock

Sakit kepala sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari gaya hidup, infeksi, alergi penggunaan obat dan saraf.

1.Gaya Hidup

Sakit kepala paling sering disebabkan oleh gaya hidup. Moms yang sering mengalami stress mugkin akan lebih sering menderita sakit kepala sebelah kanan.

Selanjutnya, Moms yang memiliki aktifitas tinggi dan sering kelelahan juga dapat mengalami sakit kepala sebelah kanan.

Moms yang sering menunda melewatkan makan juga sangat besar kemungkinan mengalami sakit kepala sebelah kanan.

2. Masalah di Leher

Salah posisi tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Pasalnya, jika Moms tidak benar dalam menggunakan bantal saat tidur dapat menyebakan masalah di bagian leher.

Masalah di leher mungkin menjadi salah satu penyebab sakit kepala sebelah kanan tertinggi yang pernah Moms alami.

3. Alergi dan Infeksi

Infeksi sinus dan alergi juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Secara medis infeksi sinus terjadi kerika rongga hidung terinfeksi, bengkak dan meradang.

Sinusitis atau infeksi sinus biasanya disebabkan oleh virus dan sering berlanjut. Dalam beberapa kasus, bakteri, atau jamur, dapat menyebabkan infeksi sinus.

Kondisi lain seperti alergi, polip hidung, dan infeksi gigi juga dapat menyebabkan nyeri dan gejala sinus.

Sakit kepala akibat infeksi sinus adalah akibat dari peradangan, yang menyebabkan tekanan dan nyeri di belakang tulang pipi dan dahi Moms.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Kepala Saat Hamil

4. Pengobatan Berlebihan

Penggunaan obat yang berlebihan untuk mengatasi sakit kepala justru bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Menurut WHO ini adalah gangguan sakit kepala sekunder yang paling umum, dan mempengaruhi hingga 5 persen populasi di dunia.

Sakit kepala akibat penggunaan obat yang berlebihan cenderung menjadi sangat buruk saat bangun tidur.

5. Faktor Neurologis atau Saraf

Berbagai masalah di saraf pusat/ otak dapat menyebabkan nyeri satu sisi. Ada 3 kondisi neurologis yang mungkin menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah kanan:

  • Neuralgia oksipital: Ada dua saraf oksipital di tulang belakang leher bagian atas yang mengalir melalui otot ke kulit kepala. Iritasi pada salah satu saraf ini dapat menyebabkan nyeri menusuk, tersengat, atau kesemutan. Seringkali rasa sakit hanya ada di sebelah kanan.
  • Arteritis temporal: Ini adalah kondisi di mana Moms mengalami peradangan atau kerusakan arteri yang memasok darah ke kepala dan otak. Tekanan ini dapat menyebabkan gejala lain seperti gangguan penglihatan, nyeri bahu atau pinggul, nyeri rahang, dan penurunan berat badan.
  • Neuralgia trigeminal: Ini adalah kondisi kronis yang memengaruhi saraf yang membawa sensasi dari wajah ke otak. Stimulasi sekecil apa pun di wajah bisa memicu sentakan rasa sakit.

6. Trauma

Sakit kepala sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh trauma.

Moms yang pernah mengalami benturan kencang di kepala mungkin akan mengalami kondisi ini.

7. Aneurisma

Aneurisma juga disebut sebagai penyebab sakit kepala sebelah kanan. Kondisi ini terjadi saat dinding arteri melemah dan menyebabkan tonjolan besar yang tidak normal.

Tonjolan ini bisa pecah dan menyebabkan perdarahan internal. Meskipun aneurisma dapat terjadi di bagian mana pun dari tubuh, tetapi paling sering terjadi di otak, aorta, kaki dan limpa. Tidak heran kalau kondisi ini disebut sebagai penyebab terjadinya sakit kepala sebelah kanan.

Berdasarkan jurnal dalam National Heart, Lung, and Blood Insititute menyebutkan sekitar 13.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat disebabkan oleh aneurisma aorta.

8. Tumor

Tumor baik jinak atau ganas juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah kanan.

Namun, untuk mengetahui kondisi ini, Moms perlu memeriksakan diri ke dokter ya. Karena hanya dokter yang bisa mendiagnosa penyebab sakit kepala sebelah kanan.

Baca juga: Ini Penyebab Anak Sakit Kepala, Yuk Cari Tahu!

Jenis Sakit Kepala Sebelah Kanan

sakit kepala karena kelelahan

Foto: Orami Photo Stock

Ada berbagai jenis sakit kepala dengan penyebab dan gejala yang berbeda. Mengetahui jenis sakit kepala yang Moms derita dapat membantu dokter mendiagnosis penyebabnya lebih cepat.

1.Sakit Kepala Tegang

Moms yang pernah merasa nyeri di bagian kepala hingga ke bahu dan leher merupakan tandan sakit kepala tegang. Jenis sakit kepala ini paling umum terjadi di seluruh dunia.

Jurnal Harvard Health Publishing menjelaskan hampir 75 persen orang dewasa mengalami sakit kepala tegang. Kondisi ini bisa mempengaruhi seluruh kepala atau hanya di satu sisi.

2. Migrain

Migrain dapat terjadi di satu atau kedua sisi kepala saja Moms. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sensitivitas cahaya dan suara, mual dan muntah, penglihatan kabur, atau paresthesia.

Saat mengalami kondisi ini, Moms akan merasakan sensasi berdenyut yang sangat parah. Bahkan Moms tidak bisa melakukan kegiatan saat mengalami kondisi ini.

Sebelum atau selama migrain, beberapa orang akan mengalami "aura", yang paling sering bersifat visual. Aura dapat memiliki gejala positif atau negatif. Gejala positif terjadi karena aktivasi sistem saraf pusat.

Contoh gejala positif yang terjadi sebelum mengalami migrain antara lain, gangguan penglihatan seperti penglihatan zigzag atau kilatan cahay, masalah pendengaran seperti tinnitus atau suara, gejala somatosensori seperti rasa terbakar atau nyeri dan kelainan motorik seperti gerakan menyentak atau berulang.

Sementara gejala negatif yang ditimbulkan sebelum Moms mengalami migrain dimanifestasikan sebagai hilangnya fungsi indera, seperti kehilangan penglihatan, kehilangan pendengaran, atau kelumpuhan.

3. Sakit Kepala Klaster

Sakit kepala klaster seringkali menyakitkan dan hanya melibatkan satu sisi kepala.

Moms yang mengalami kondisi sakit kepala sebelah kanan ini mungkin juga mengalami kegelisahan, kulit pucat atau kemerahan pada mata, dan hidung meler di sisi wajah sebelah kanan.

Saat mengalami sakit kepala klaser Moms akan merasa nyeri hebat, terutama sakit mata yang hanya melibatkan satu mata dan menjalar ke area leher, wajah, kepala, dan bahu.

4. Sakit Kepala Kronis

Sakit kepala kronis terjadi 15 hari atau lebih dalam sebulan. Bisa jadi sakit kepala tegang atau migrain kronis. Jurnal Current Pain and Headache Reports migrain kronis hanya dialami oleh 1,3 persen wanita dan 0,5 persen pria di Amerika.

Perlu diingat Moms, sakit kepala atau migrain kronis bukanlah masalah sepele.

Jika mengalami hal ini, sebaiknya Moms segera menghubungi dokter karena bisa jadi, kondisi ini merupakan gejala penyakit serius. Sehingga dokter bisa memberikan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Perbedaan Sakit Kepala dan Migrain pada Anak

Cara Mendiagnosa Sakit Kepala Sebelah Kanan

cara mengatasi sakit kepala

Foto: Orami Photo Stock

Dalam beberapa kasus, sakit kepala sebelah kanan bisa menjadi gejala penyakit berbahaya.

Walaupun hal ini jarang terjadi, tetapi sebaiknya Moms segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami sakit kepala setelah trauma atau disertai dengan gejala seperti demam, leher kaku, lelah, kehilangan penglihatan, penglihatan berbayang, susah berbicara, sakit disekitar pelipis dan mengalami sakit ketika bergerak atau saat batuk.

Moms juga sebaiknya mengunjungi dokter jika mengalami sakit kepala hebat secara tiba-tiba ketika tidur, karena kondisi ini bisa menjadi gejala dari suatu penyakit yang lebih parah.

Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan menanyakan tentang riwayat kesehatan Moms dan gejala apa pun yang mungkin dialami. Dokter juga akan memberikan beberapa pertanyaan antara lain,

  • Kapan rasa sakit itu mulai?
  • Gejala lain apa yang Moms alami?
  • Apakah sakit kepala merupakan gejala pertama?
  • Seberapa sering Moms mengalami sakit kepala? Apakah itu kejadian sehari-hari?
  • Apakah Moms memiliki riwayat keluarga sakit kepala, migrain, atau kondisi terkait lainnya?
  • Apakah Moms memperhatikan pemicu yang jelas?

Dokter juga mungkin akan melakukan tes berbeda sebelum melakukan diagnosa terhadap penyakit Moms. Tes yang mungkin akan dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Tes darah, untuk mencari infeksi pada sumsum tulang belakang atau otak, racun, atau masalah pembuluh darah
  • CT scan kranial, untuk mendapatkan gambaran penampang otak Moms. Tes ini dapat membantu mendiagnosis infeksi, tumor, pendarahan di otak Moms, dan kerusakan otak.
  • Pemindaian MRI kepala, untuk menampilkan gambar rinci pembuluh darah dan otak Moms termasuk kelainan pada otak dan sistem saraf, pendarahan di otak, stroke, masalah dengan pembuluh darah, dan infeksi.

Baca juga: 5 Gejala Tak Biasa Migrain pada Anak, Bukan Cuma Sakit Kepala!

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

tidur cukup

Foto: Orami Photo Stock

Sakit kepala sebelah kanan dapat diatasi dengan pengobatan rumahan lho Moms. Berikut cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan dengan pengobatan rumahan.

1.Kompres dengan Handuk Panas atau Dingin

Moms dapat mengatasi sakit kepala sebelah kanan dengan mengompres bagian belakang leher dengan handuk panas atau dingin.

Lakukan seperti Moms sedang mengompres anak ketika demam.

2. Hindari Makanan Pemicu

Makanan juga bisa memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan.

Jadi, saat mengalami kondisi ini, Moms sebaiknya menghindari makanan yang memicu sakit kepala seperti alkohol, kafein dan MSG.

3. Minum Banyak Air Putih

Dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Penting untuk Moms minum air putih dengan cukup sehingga tubuh tetap selalu terhidrasi dan terhindar dari sakit kepala.

4. Cukup Tidur

Tidur yang cukup juga bisa membantu Moms terhindar dari sakit kepala, karena salah satu penyebab sakit kepala sebalah kanan adalah waktu tidur yang kurang.

Baca juga: Benarkah Seks Dapat Redakan Sakit Kepala?

5. Jangan Terlalu Kencang Menguncir Rambut

Melonggarkan ikatan rambut juga bisa mengatasi sakit kepala sebalah kanan. Moms juga perlu mengindari ikatan rambut saat tidur agar aliran darah di kepala berjalan baik dan Moms terhindar dari sakit kepala.

6. Memijat Leher dan Kepala

Moms juga melakukan pijatan di bagian otot leher dan bahu yang tegang. Dengan begitu, sakit kepala sebelah kanan akan hilang Moms.

7. Jauhi Tempat Bising dan Berbau

Menjauh dari cahaya terang atau berkedip, suara keras, dan bau menyengat

8. Perbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki postur tubuh saat sedang bekerja seperti tidak terlalu sering membungkuk juga bisa mengatasi sakit kepala sebelah kanan. Karena ketegangan otot karena salah posisi duduk dapat menyebabkan sakit kepala.

9. Mandir Air Hangat

Moms yang sedang mengalami sakit kepala sebelah kanan, pastikan mandi dengan air hangat ya. Moms juga bisa keramas agar kepala Moms lebih ringan saat tersiram air hangat.

Baca juga: Serba-serbi Tentang Sakit Kepala pada Anak

10. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Konsumsi obat penghilang rasa sakit OTC, tetapi hindari penggunaan yang berlebihan karena dapat memicu sakit kepala berulang.

11. Latihan Pernapasan

Melakukan latihan pernapasan untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi stres dan kecemasan

12. Gunakan Aroma Terapi

Menggunakan aromaterapi, minyak essensial seperti minyak kayu putih, lavender, atau peppermint untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

Baca juga: Gejala COVID-19 pada Anak yang Umum, Termasuk Kelelahan dan Sakit Kepala

Moms demikian penjelasan mengenai sakit kepala sebelah kanan dan cara mengatasi. Semoga bermanfaat ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait