Kesehatan

25 Mei 2021

Sakit Punggung Sebelah Kanan, Begini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sakit punggung sebelah kanan apa penyebabnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms dan Dads pernah merasakan sakit punggung yang hanya terasa di salah satu sisi, misalnya di sebelah kanan? Tenang, gejala sakit punggung sebelah kanan ternyata cukup umum dan bisa diketahui berbagai penyebabnya.

Jika penyebabnya sudah diketahui, Moms dan Dads tinggal melakukan pengobatan dengan tepat.

Sebagian besar orang dewasa akan mengalami sakit punggung dalam satu titik di kehidupan akibat berbagai sebab.

Sakit punggung ini tidak hanya terasa di seluruh punggung atau di tengah, tetapi bisa saja dirasakan hanya di salah satu sisi, misalnya sakit punggung sebelah kanan saja.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari otot yang keseleo hingga merupakan gejala penyakit tertentu. Cara mengobati sakit punggung sebelah kanan juga bisa berbeda, tergantung dari penyebabnya.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit punggung sebelah kanan dan cara mengobatinya.

Baca Juga: Cari Tahu 10 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Berikut Ini

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan

Sakit punggung dapat dirasakan siapa saja. Ada yang rasa sakitnya dapat ditahan dan masih bisa melakukan kegiatan sehari-hari walaupun tidak nyaman.

Namun, ada pula sakit punggung yang terasa amat menusuk dan menyebabkan area tubuh lain terasa lemas, sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasa.

Sebagian penyebab sakit punggung dapat langsung diidentifikasi sendiri, namun sebagian lainnya memerlukan pemeriksaan dan diagnosa lebih lanjut dari ahlinya.

Ketahui beberapa kemungkinan penyebab sakit punggung sebelah kanan berikut ini agar mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

1. Masalah Jaringan di Punggung Sebelah Kanan

Sakit punggung akibat kegiatan sehari hari

Foto: freepik.com

Masalah pada jaringan lunak di punggung, seperti otot, sendi, atau ligamen, adalah penyebab sakit punggung sebelah kanan yang paling umum terjadi. Jaringan lunak yang bermasalah, akan menimbulkan sakit dan kaku di area yang berkaitan.

Pemicunya bisa macam-macam, beberapa yang paling sering, yaitu:

  • Tidur yang pulas, atau badan dalam posisi tidur yang canggung. Ketika tubuh tidak bergerak semalaman, otot pada satu sisi akan kaku dan dapat menyebabkan sakit punggung.
  • Bekerja di depan komputer, tak jarang ketika sedang berkonsentrasi kerja di depan komputer untuk waktu yang lama, Moms dan Dads bisa lupa untuk meregangkan otot dan berakibat sakit punggung di salah satu sisi.
  • Duduk dalam perjalanan panjang, misalnya saat naik pesawat atau kendaraan lainnya tanpa istirahat atau bergerak selama berjam-jam, baik sebagai penumpang maupun menyetir.
  • Keseleo, yang biasanya terjadi karena gerakan mendadak, mengangkat barang berat, atau cedera.

Jika penyebab sakit punggung sebelah kanan terkait dengan otot seperti ini, sakit dapat sembuh dan membaik dengan sendirinya.

Moms dan Dads dapat mengurangi sakit dengan beristirahat, mengompres dengan es atau air hangat, atau meminum obat pereda sakit bila perlu.

2. Spinal Stenosis

Sakit punggung sebelah kanan juga bisa merupakan tanda terjadinya spinal stenosis, kondisi di mana kanal tulang belakang menyempit akibat hernia diskus, osteofit (benjolan tulang), atau obstruksi lainnya.

Selain sakit punggung di sebelah sisi, masalah tulang ini juga dapat menunjukkan gejala lain seperti lemas di area bokong dan kaki, serta rasa sakit yang menjalar dari pinggul hingga kaki.

Baca Juga: 6 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

3. Radiculopathy

Saraf terjepit penyebab sakit punggung sebelah kanan

Foto: freepik.com

Radiculopathy, atau lebih dikenal sebagai saraf terjepit, adalah kondisi inflamasi, kompresi, atau cedera yang berdampak pada akar saraf di tulang belakang. Dampaknya tentu saja menyakitkan dan bisa saja dirasakan di salah satu sisi.

Ada beberapa kemungkinan penyebab saraf terjepit, misalnya hernia diskus, kondisi saat diskus (bantalan tulang) di tulang belakang bergeser.

4. Infeksi

Kemungkinan penyebab sakit punggung sebelah kanan atau di sisi lainnya adalah infeksi di organ lain.

Infeksi pada sumsum tulang belakang, pelvis, atau diskus, mungkin saja menimbulkan gejala berupa sakit punggung sebelah kanan maupun di sisi lain.

5. Tumor

Tumor mungkin menyebabkan sakit punggung sebelah kanan

Foto: freepik.com

Ada kemungkinan sangat kecil bahwa sakit punggung sebelah kanan disebabkan oleh tumor. Ketika tumor tumbuh menekan area sebelah kanan tulang punggung, atau menekan akar saraf di area punggung sebelah kanan, inilah yang menyebabkan rasa sakit muncul.

Tumor yang berada di tulang punggung lalu berkembang menjadi kanker jarang terjadi, biasanya tumor tumbuh mulai dari area tubuh yang lain lalu berkembang ke tulang belakang.

6. Batu Ginjal

Infeksi di ginjal atau terdapat batu ginjal, dapat menyebabkan sakit punggung di sebelah kanan, tepatnya di antara pinggul dengan tulang rusuk bawah. Gejala lain biasanya berupa darah di urin, demam, dan merasa sakit ketika buang air kecil.

Batu ginjal normalnya berukuran sangat kecil, berupa gumpalan mineral yang terbentuk di ginjal. Biasanya batu ginjal ini akan keluar tanpa sakit dengan sendirinya bersama urin.

Yang menjadi masalah adalah batu ginjal yang ukurannya lebih besar dari saluran kencing dan menyebabkan penyumbatan.

Baca Juga: 5 Penyebab Sakit Punggung saat Hamil

Cara Mengobati Sakit Punggung Sebelah Kanan

Setelah mengetahui penyebabnya, cara mengobati sakit punggung yang tepat dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa cara mengobati sakit punggung yang biasanya dilakukan, antara lain:

1. Obat Penahan Sakit

Mengobati sakit punggung

Foto: freepik.com

Cara mengobati sakit punggung yang berkaitan dengan masalah otot atau jaringan dan ringan, biasanya tidak memerlukan banyak penanganan khusus.

Kompres dengan air hangat atau es umumnya cukup untuk meredakan sakitnya. Jika sakitnya masih terasa dan cukup mengganggu aktivitas, obat generik pereda sakit dapat diminum sesuai dosis yang dianjurkan.

Menurut penelitian di tahun 2010 penggunaan kompres es ataupun hangat tidak memiliki perbedaan efek yang signifikan. Pemilihan suhu kompres bergantung pada ketersediaan dan preferensi pasien saja.

Apabila penanganan di rumah tidak kunjung meringankan sakit punggung setelah lebih dari 10 hari, atau sakitnya bertambah parah, Moms dan Dads dapat berkonsultasi ke dokter.

Biasanya dokter akan meresepkan obat pereda sakit yang lebih kuat, disertai obat pelemas otot, dan mungkin obat antiinflamasi.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Tanpa Obat

2. Terapi Fisik

Terapi alternatif juga dapat dipilih bersamaan dengan terapi medis maupun tidak. Walaupun begitu, terapi alternatif ini juga perlu dilakukan oleh ahli yang kompeten.

Beberapa terapi alternatif yang biasanya dipilih untuk mengobati sakit punggung adalah chiropractor, akupuntur, fisioterapi, yoga, atau pijat.

Berdasarkan tinjauan penelitian di tahun 2016, yoga dapat meringankan rasa sakit dan disabilitas, dapat dilakukan secara aman, dan diterima baik oleh partisipan.

Pengobatan alternatif lain seperti akupuntur dan pijat juga dapat membantu dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di punggung, sehingga mempercepat penyembuhan.

3. Tindakan Lanjutan

Konsultasi lanjutan mengenai sakit punggung sebelah kanan

Foto: freepik.com

Ketika sakit punggung tidak kunjung membaik lebih dari sebulan bahkan setelah dilakukan pengobatan oral dan alternatif, Moms dan Dads dapat kembali berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan deteksi dini penyakit-penyakit yang lebih serius.

Biasanya pemeriksaan pertama yang dilakukan adalah rontgen tulang untuk mengetahui apakah ada patah tulang dan pergeseran.

Beberapa cara mengobati sakit punggung ini mungkin memerlukan operasi, misalnya pada kasus sakit punggung akibat tumor, ginjal, atau lain-lain.

Opsi operasi biasanya dilakukan ketika sakit punggung telah memengaruhi fungsi kerja tubuh sehari-hari dan pasien tidak dapat beraktivitas normal.

Baca Juga: 12 Tanda Proses Pembuahan Sedang Terjadi, Salah Satunya Sakit Punggung

Walaupun ada gejala penyakit serius di balik sakit punggung, Moms dan Dads tidak perlu terlalu khawatir karena hal ini jarang terjadi.

Ingat, tidak perlu memaksakan diri, istirahat yang cukup, dan pelajari berbagai latihan gerakan yang dapat meringankan sakit punggung sekaligus mencegahnya kambuh kembali. Semoga sehat selalu, Moms dan Dads!

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324675
  • https://health.clevelandclinic.org/is-it-normal-to-have-one-sided-back-pain/
  • https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/guide-lower-right-back-pain
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20536800/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4878447/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait