Kesehatan

KESEHATAN
29 April 2019

Sarapan Harus Mencakup 4 Komponen Penting, Apa Saja?

Jangan kurang dari empat komponen zat gizi ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Foto : Shutterstock

Setiap harinya, tubuh memerlukan komponen-komponen zat gizi. Tanpa komponen gizi tersebut, tubuh tidak bisa tumbuh sebagaimana mestinya.

Komponen-komponen zat gizi ini sangat dibutuhkan oleh Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp. A (K), dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan metabolik, mengatakan bahwa ada tujuh komponen zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

“Untuk setiap kali makan, setidaknya harus ada empat komponen zat gizi. Dan protein hewani wajib selalu ada,” ungkap dr Lanang saat ditemui pada konferensi pers Ciptakan Mimpi Bersama Energen, di Sport Hall, CGV Blitz fX, Jakarta, Kamis (21/2).

Sayangnya, kata dr Lanang, masih banyak yang tidak memahami hal tersebut. Masih banyak yang hanya makanan 1-2 komponen saja, misalnya hanya nasi dan ayam. Sehingga, kebutuhan gizinya tidak terpenuhi dengan baik.

Sebenarnya, komponen gizi apa saja yang dibutuhkan Si Kecil untuk bisa tumbuh optimal? Yuk kita simak penjelasan dr Lanang.

1. Karbohidrat

grains

Foto: Bangkokfitness.com

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, seperti bensin untuk mobil. Tubuh mengubah gula sederhana dan pati kompleks menjadi glukosa sehingga memberi energi lebih terhadap sel tubuh. Itu sebabnya karbohidrat wajib ada dalam kandungan nutrisi sarapan. 

Tapi ingat, kelebihan karbohidrat akan menaikkan berat badan. Hal itu terjadi karena karbohidrat berlebih disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

2. Protein

protein foods

Foto: Medicalnewstoday.com

Protein berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Tubuh kita memecah protein menjadi asam amino dan kemudian menyusunnya kembali dalam rangkaian berbeda dan menghasilkan jenis protein apapun yang dibutuhkan.

Ada dua jenis protein yang keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh, yakni protein hewani dan nabati. Dr Lanang mengatakan bahwa setiap harinya, Si Kecil harus mendapatkan jenis protein yang berbeda. Baik dalam nutrisi sarapan maupun makan sepanjang hari.

“Setiap makan, protein hewani harus selalu ada dan berganti-ganti agar anak bisa mendapatkan manfaat dari setiap jenis proteinnya,” tutur dr Lanang.

3. Lemak

fat types raw

Foto: Health.com

Lemak adalah sumber energi kaya yang membantu penyerapan Vitamin A, D, E, dan K. Sumber lemak terbaik adalah avokad, kacang-kacangan, sayur hijau, dan buah-buahan.

Baca Juga: Zat Gizi yang Diperlukan untuk Perkembangan Otak Anak

4. Vitamin

2016 11 25 16583 1480046761. large

Foto: Thejakartapost.com

Vitamin sangat penting untuk metabolisme tubuh dan merawat sel tubuh. Jika karbohidrat merupakan bensin untuk tubuh, vitamin bisa diibaratkan sebagai oli perawatan untuk mobil.

Kekurangan vitamin bisa menyebabkan penyakit mata, anemia, hipertensi, penyakit ginjal, penuaan dini, eczema, kanker, batuk pilek, osteoporosis, dan sakit ketika haid/menstruasi.

Vitamin dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, bayam, apel, tomat, sunflower seed, alpukat, kale, sunflower seeds, buah bit, lemon dan jeruk.

5. Mineral

green beans and pills 1540x939 c

Foto: Nutritionqed.com

Mineral sangat penting untuk pertumbuhan tulang, rambut, kulit, dan sel darah. Mineral juga meningkat fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Makanan kaya kandungan mineral di antaranya adalah kacang-kacangan, seafood, bayam, dan makanan olahan dari susu.

6. Serat Tumbuhan

1548233786

Foto: 1health.id

Serat tumbuhan adalah bagian dari makanan yang tidak dipecah oleh tubuh dan membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan untuk lebih baik.

Serat berguna untuk mencegah konstipasi, ambeien, penyakit hati dan kanker usus besar dengan memproduksi Vitamin K, menjaga kesehatan usus besar, melindungi sel-sel tubuh, dan meningkatkan imunitas

Baca Juga: Yuk, Berikan Gizi Anak Sesuai Usianya

7. Air

istock 5078775151900

Foto: Safewater.org

Sebanyak 65 persen berat tubuh kita merupakan air. Kandungan air dalam tubuh berkurang lewat pencernaan, pernapasan, keringat, dan urin.

Jadi sangat penting untuk mengisi ulang kadar air dalam tubuh kita dengan minum air dan makan sayur buah yang memiliki kandungan air tinggi, seperti mentimun, semangka, dan jeruk.

Itulah komponen-komponen gizi penting yang mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Pastikan Si Kecil mendapatkan minimal empat komponen zat gizi setiap kali makan ya Moms.

(AND/ PAS)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait