Scroll untuk melanjutkan membaca

RUPA-RUPA
23 Mei 2022

Seni: Definisi, Jenis dan Manfaatnya untuk Aspek Psikologis Manusia

Apakah seni itu?
Seni: Definisi, Jenis dan Manfaatnya untuk Aspek Psikologis Manusia

Saat mendengar kata seni atau artistik, yang langsung tebersit di dalam pikiran adalah bentuk keindahan dan keunikan yang dapat berasal dari suatu benda, desain, atau hal lainnya.

Artistik merupakan aspek yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia sehari-hari.

Dilansir dari Bdkpadang.kemenag.go.id, pada dasarnya setiap individu memiliki aspek kreativitas dan kecerdasannya masing-masing.

Adanya keterampilan artistik dapat memfasilitasi setiap orang untuk menuangkan atau mencurahkan segala kreativitas berdasarkan kehendak pribadi masing-masing.

Baca Juga: Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Otak

Apa Itu Seni?

Apa Itu Seni?

Foto: Apa Itu Seni? (worcesterart.org)

Foto: Orami PHoto Stock

Seni adalah keahlian atau keterampilan membuat karya yang bermutu, seperti tari, lukisan, dan ukiran.

Keterampilan artistik meliputi beragam kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang menampilkan imajinasi, dan gagasan.

Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya, kritik, kajian sejarah, dan estetika.

Terdapat beberapa teori yang beredar mengenai asal mula kata seni, di antaranya adalah:

  • Berasal dari bahasa Melayu Riau, yaitu sonik yang berasal dari kata "so" atau "se" uang memiliki arti "satu", berasal dari bahasa Sanskerta "swa" (satu), yang digabung dengan kata "nik" yang artinya sesuatu yang sangat kecil atau halus.
  • Berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "sani", yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Tas Sekolah Anak Branded yang Awet, Desainnya Lucu dan Keren, Moms!

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Foto: Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Foto: suu.edu

Dari banyak arti keterampilan artistik, dan semakin berkembangnya zaman membuat banyak para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai definisi seni.

Berikut ini definisinya menurut para ahli.

1. Aristoteles

Pengertian seni atau art menurut Aristoteles adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan, dan keterampilan artistik itu adalah meniru alam.

2. Sudarmaji

Menurut Sudarmaji, pengertian art adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan yang menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

3. Alexander Baum Garton

Pengertian art menurut Alexander Baum Garton bahwa seni adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

4. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya.

Keterampilan artistikmerupakan perbuatan manusia yang dapat memengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

5. Hilary Bel

Menurut Hilary Bel, art adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

6. Leo Tolstoy

Menurut Leo Tolstoy, seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan penciptanya.

7. James Murko

Menurut James Murko, seni adalah rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, yang dapat dirasakan oleh indra pendengar (suara), penglihatan (lukis, tari, drama).

Baca Juga: 8 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mencegah Kanker

Manfaat Seni dalam Aspek Psikologis

Manfaat Seni

Foto: Manfaat Seni

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat keterampilan artistik bisa diperoleh siapa saja, baik itu yang hanya sekadar menikmati hasilnya, atau yang menciptakan hasil karya.

Dilansir dari Tate.org.uk, adanya keterampilan artistik dapat mendorong dan meningkatkan ekspresi diri, kreativitas, dan dapat membangun kepercayaan diri.

Lebih lanjut dijelaskan juga bahwa keterampilan artistik dapat bertindak sebagai jalan keluar untuk melepaskan dan meringankan tekanan yang dialami dalam kehidupan sehari-hari dengan cara meningkatkan suasana hati.

Berdasarkan penelitian di American Journal of Public Health, dijelaskan bahwa seseorang yang terlibat dengan kegiatan artistik, baik sebagai pengamat upaya kreatif orang lain atau sebagai pemrakarsa upaya kreatif itu sendiri, dapat meningkatkan suasana hati, emosi, dan keadaan psikologis lainnya.

Maka dari itu, bila sedang menjalani hari yang buruk, terapi menggunakan hasil keterampilan artistik, seperti mendengar musik, menggambar, mewarnai, atau hanya menikmati hasil karya orang lain dapat sangat membantu meringankan stres dan menjaga kesehatan mental.

Jenis-Jenis Seni

Jenis-Jenis Seni

Foto: Jenis-Jenis Seni

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Eden Gallery, berikut beberapa jenis seni yang perlu diketahui.

Seni Rupa

Terdapat beberapa cabang di seni rupa antara lain:

1. Lukis

Seni lukis menjadi jenis keterampilan artistik yang akan muncul dalam pikiran ketika memikirkan tentang karya artistik. Ini merupakan media artistik yang paling umum diajarkan sejak kecil.

Melukis adalah salah satu bentuk ekspresi keterampilan artistik yang menggunakan cat sebagai media utamanya.

Seorang artist yang bekerja dalam bidang ini dikenal sebagai pelukis dan dapat mengembangkan karyanya dengan mengaplikasikan cat warna yang berbeda ke permukaan padat, biasanya kanvas.

Cat yang digunakan umumnya adalah minyak, akrilik, atau cat air.

2. Kriya

Seni kriya merupakan jenis karya seni terapan yang meliputi, keterampilan artistik dalam menciptakan keramik, ukir, tekstil, ataupun kerajinan.

Contoh hasil kerajinan keterampilan ini, yaitu guci, tas anyaman, miniatur, gelas, dan lain-lain.

3. Grafis

Keterampilan grafis adalah cabang keterampilan yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. Contoh hasil karyanya, yaitu stempel, banner, poster, dan sejenisnya.

4. Patung

Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud 3 dimensi. Cara membuatnya dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

Jenis Seni Lainnya

Selain seni rupa yang cukup banyak cabang, ada jenis seni berupa karya tulis, audio, dan gerak yang juga populer.

5. Literatur

Sastra atau literatur mencakup berbagai karya tulis, termasuk puisi, esai, drama, biografi, cerita fiksi, non-fiksi, banyak lagi.

Sastra juga memiliki keterkaitan denga dengan teate, film, musik, dan kata-kata yang diucapkan.

6. Musik

Musik adalah keterampilan menyusun bunyi dan getaran yang dapat didengar dan menghasilkan komposisi musik dengan menggunakan unsur melodi, harmoni, ritme, dan timbre.

Musik dapat menggunakan suara manusia, instrumen, atau keduanya.

7. Tari

Keterampilan tari merupakan suatu gerakan sebagian atau semua bagian tubuh yang biasanya diikuti dengan musik.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam jenis tarian yang berbeda-beda dari setiap daerah, ada tari kipas, tari piring, tari jaipong, dan masih banyak lagi.

8. Pertunjukan

Performing art adalah karya seni yang melibatkan individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu yang melibatkan 4 unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan interaksi dengan penonton.

Biasanya berupa teater, musik, dan tari. Demikian ulasan tentang seni, dari definisi, manfaat untuk psikis, hingga jenisnya.

Apakah Moms dan Si Kecil juga menggemari bidang yang penuh kreativitas ini?

  • https://bdkpadang.kemenag.go.id/berita/pendidikan-seni-sebagai-wahana-pengembangan-kreatifitas-siswa
  • https://www.tate.org.uk/art/talking-point/why-study-art#:~:text=Learning%20through%20and%20about%20the,a%20sense%20of%20individual%20identity.
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2804629/#:~:text=More%20specifically%2C%20there%20is%20evidence,salient%20impact%20on%20important%20physiological
  • https://www.eden-gallery.com/news/7-different-forms-of-art