Kesehatan

17 Agustus 2018

Sering Mengalami Mata Kedutan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Merokok bisa jadi salah satu penyebabnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya : 

Saya sudah 2 hari kedutan terus menerus seharian kadang sembuh terus mulai lagi, bahaya tidak ya dok?

Saya wanita berusia 26 tahun tapi tidak ada keluhan sakit dll, cuma kedutan saja. Saya risih dok kira-kira kenapa ya dok?

Jawab : 

Kedutan atau istilah medisnya adalah tic atau blefarospasme merupakan kondisi gerakan berulang dari kelopak mata yang dapat berlangsung beberapa menit.

Hal ini dapat dipicu oleh beberapa hal seperti kelelahan, paparan cahaya terang, kurang tidur, stres, iritasi dan konsumsi makanan atau minuman berkafein yang terlalu banyak.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok juga dapat menjadi pemicunya.

Selain itu kedutan juga dapat menjadi tanda adanya gangguan pada saraf terutama pada bagian wajah yang disebabkan tekanan pada saraf yang tidak hanya menyerang bagian mata saja tetapi juga dapat pada satu bagian wajah.

Untuk mengurangi kedutan dapat dilakukan beberapa upaya seperti beristirahat dengan cukup, membatasi konsumsi kafein dan hindari merokok, kompres mata dengan air hangat ketika timbul kedutan.

Jika kedutan tidak juga menghilang atau tetap hilang timbul dalam beberapa hari, kedutan meluas pada bagian wajah lain, dan membuat kelopak mata menjadi sulit membuka, segera periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang sesuai.

Penanganan sendiri dapat diberikan untuk mengurangi keparahan kedutan baik dengan obat-obatan ataupun juga terapi lain seperti terapi nutrisi, suntikan botox, akupuntur dan lainnya.

Dijawab oleh : dr. Ayu Andrian Putri

Sumber : meetdoctor.com

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait