Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jun 25, 2018

Si Kecil Sulit Berinteraksi dengan Temannya, Kenali 7 Tanda Sindrom Asperger pada Balita

Bagikan


Apa Si Kecil selalu terlihat tidak nyaman setiap kali berada diantara orang banyak? Apa dia juga sulit bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya? Moms, kedua hal tadi bisa menjadi tanda awal asperger pada balita, lho.

Berbeda dengan balita introvert yang pendiam dan butuh sedikit waktu untuk bisa akrab dengan orang baru, balita asperger sangat mengalami kesulitan saat berada dalam situasi sosial. Moms, yuk cari tahu lebih banyak tentang berbagai tanda asperger pada balita.

Apa Itu Sindrom Asperger?

Asperger adalah gangguan neurobiologis yang termasuk dalam spektrum autisme, yang ditemukan oleh seorang dokter anak asal Austria bernama Hans Asperger pada tahun 1944.

Balita asperger memang mengalami kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta perkembangan kemampuan kognitif, tapi biasanya justru memperlihatkan kecerdasan serta kemampuan bahasa yang kuat.

Tokoh penting dunia seperti Isaac Newton, Wolfgang Amadeus Mozart, Marie Curie, Picasso, dan Albert Einstein telah membuktikan bahwa penderita asperger bisa hidup secara normal dan berbaur dalam masyarakat. 

Baca Juga : Terapi Lumba-Lumba Untuk Anak Dengan Autisme

Tanda Sindrom Asperger Pada Balita

Meski sudah bisa terlihat sejak bayi, tanda sindrom asperger biasanya akan terlihat semakin jelas saat balita masuk preschool dan mulai bersosialisasi dengan banyak orang. Berikut adalah beberapa tanda yang perlu Moms perhatikan:

1. Komunikasi

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto: romper.com

Balita asperger sebenarnya tidak mengalami kesulitan dalam perkembangan bahasa maupun berbicara, bahkan sering kali menggunakan kosa kata yang lebih rumit ketimbang balita pada umumnya.

Hanya saja, balita asperger biasanya kesulitan mengekspresikan diri dan lebih memilih berbicara tentang satu subjek tanpa mempedulikan respon dari lawan bicaranya.

Baca Juga : 6 Sosok Hebat Anak Penyandang Autisme di Indonesia

2. Sulit Berkonsentrasi dalam Aktivitas Kelompok

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto : happygreylucky.com

Balita asperger biasanya sulit melakukan aktivitas yang membutuhkan perhatian bersama, seperti membaca buku bersama Moms atau berpose bersama untuk foto keluarga.

Baca Juga : Mengenali Gejala Autisme Pada Bayi

3. Sulit Menggunakan Gestur Tubuh

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto : livestrong.com

Meski terlihat sederhana, balita asperger biasanya kesulitan melakukan gestur tubuh sederhana seperti melambaikan tangan atau berjabat tangan. Karena balita asperger tidak menyukai interaksi, dia juga kesulitan melakukan berbagai gestur tubuh yang sering digunakan dalam interaksi sosial.

Baca Juga : 7 Tips Mengasuh Anak dengan Autisme

4. Kurang Komunikasi Non-Verbal

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto : popsugar.com

Moms, sebagian besar balita asperger mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri atau berkomunikasi secara non-verbal. Karena itulah, mereka lebih sering memperlihatkan mimik muka datar, jarang melakukan kontak mata, serta tidak menggunakan sentuhan.

Baca Juga : Mengenali Gejala Autisme Pada Bayi

5. Sangat Sensitif

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto : romper.com

Selain sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, balita asperger juga biasanya sensitif terhadap berbagai jenis tekstur, baik pada kain, makanan, ataupun benda lainnya.

Misalnya, Si Kecil mungkin tidak suka kalau makanannya dipotong dalam bentuk tertentu, ingin memakai kaus kaki dengan posisi tertentu, atau lebih suka tidur dengan selimut berbahan tebal meski cuaca sedang panas.

6. Sangat Fokus Pada Satu Hal

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto : sheknows.com

Setiap balita mungkin memiliki satu topik atau benda yang sangat disukainya, tapi balita asperger akan menunjukkan fokus dan ketertarikan yang jauh lebih mendalam.

Mereka juga sering melakukan gerakan berulang karena sulit memindahkan fokus dari hal yang mereka sangat mereka sukai.

Baca Juga : Benarkah Vaksinasi Campak Jadi Pemicu Autisme Pada Anak?

7. Sulit Menunjukkan Empati

Balita Asperger, Asperger Pada Balita

Foto : alluremedia.com.au

Balita berusia 2 tahun biasanya sudah bisa menunjukkan empati pada perasaan orang lain ya, Moms. Balita asperger mungkin akan terlihat lebih dingin dan cuek, tapi itu karena mereka mengalami kesulitan dalam mengenali perasaan dan emosi orang lain.

Jangan khawatir Moms, balita asperger tetap bisa tumbuh dan berkembang secara normal bila diberikan pendekatan yang sesuai. Apa buah hati kesayangan Moms menunjukkan beberapa tanda yang sudah disebutkan di atas?

(WA)

Sumber : myaspergerschild.com, webmd.com, momjunction.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.