15 Februari 2024

Gerakan Squat Thrust: Teknik, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Bisa bantu menurunkan berat badan juga, nih Moms!

Gerakan latihan squat thrust merupakan suatu latihan tubuh yang tidak perlu menggunakan peralatan apapun.

Banyak yang menganggap bahwa latihan ini sama seperti dengan gerakan burpee .

Padahal keduanya memiliki perbedaan. Squat thrust lebih berfokus untuk melatih tubuh bagian bawah.

Sedangkan burpee sendiri membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas, karena gerakan ini mencakup gerakan push-up.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Tawon Selain Menghangatkan, Sudah Tahu?

Apa Itu Squat Thrust?

Gerakan Squat Thrust
Foto: Gerakan Squat Thrust (Istockphoto.com)

Squat Thrust adalah suatu gerakan latihan fisik yang melibatkan kombinasi gerakan squat (jongkok) dan push-up (senam lantai).

Gerakan ini dapat melibatkan otot-otot tubuh bagian bawah seperti paha, kaki, serta otot-otot tubuh bagian atas seperti lengan dan dada.

Squat thrust sering digunakan dalam program latihan kebugaran dan dapat membantu meningkatkan kekuatan, kekuatan inti, dan kardiovaskular.

Baca Juga: Fakta tentang Kista Payudara, Apa Bedanya dengan Tumor?

Cara Melakukan Squat Thrust

Gerakan Squat Thrust (Gympion.com)
Foto: Gerakan Squat Thrust (Gympion.com)

Untuk melakukan squat thrust, mulailah dengan melakukan 2-3 set dengan 12 hingga 20 repetisi.

Tentukan jumlah set dan repetisi berdasarkan kemampuan tubuh Moms, ya.

  1. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, dengan lutut yang sedikit menekuk.
  2. Beralih ke posisi jongkok dan kedua telapak tangan menempel dengan lantai. 
  3. Posisikan kaki ke arah belakang sampai tubuh berada di posisi plank.
  4. Majukan kaki hingga kembali ke posisi jongkok
  5. Angkat badan untuk kembali ke posisi semula.

Jika diperhatikan, gerakan ini memang cukup sederhana, namun melakukan repetisi gerakan secara signifikan dan rutin dapat menghasilkan tubuh yang lebih sehat.

Selain itu, selalu ingat bahwa jika melakukan repetisi gerakan ini, pastikan tubuh siap menoleransinya.

Baca Juga: Cara Mengatur Jam Digital, Jangan Sampai Keliru Moms

Manfaat Squat Thrust

Gerakan Squat Thrust
Foto: Gerakan Squat Thrust (id.pinterest.com/livestrong.com)

Squat thrust tidak memerlukan peralatan apapun, menjadikannya sebagai latihan yang bagus untuk dilakukan di rumah.

Namun untuk Moms yang menginginkan tantangan tambahan, gerakan ini bisa dilakukan sambil memegang sepasang dumbell selama latihan.

Seperti halnya gerakan olahraga lain, squat thrust juga memiliki manfaat kesehatan secara fisik.

Melansir dari Master Class, berikut deretan manfaatnya.

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Setiap latihan kardio memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja kardiovaskular, begitu juga dengan squat thrust.

Gerakan ini akan meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa lebih banyak darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar tersebar di seluruh tubuh.

2. Membentuk Otot

Squat thrust adalah latihan seluruh tubuh namun lebih berfokus ke area bawah tubuh.

Rutin melakukan gerakan ini dapat membangun otot tubuh, terutama otot-otot tubuh bagian bawah, seperti paha belakang, paha depan, dan glutes.

3. Menurunkan Berat Badan

Tentu saja, gerakan ini juga membantu penurunan berat badan menjadi lebih cepat.

Squat thrust termasuk dalam High-intensity interval training (HIIT) atau olahraga interval intensitas tinggi.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal, latihan interval intensitas tinggi dapat mengurangi persentase lemak tubuh hingga 28,5%.

Bagi Moms yang suka jogging di tempat terbuka, melakukan gerakan ini setelah selesai berjogging dapat memberi hasil olahraga yang luar biasa.

Saat jogging, tubuh akan membakar kalori selama waktu itu juga, dengan menambahkan squat thrust di akhir kegiatan olahraga, tubuh akan mengalami tingkat metabolisme yang lebih tinggi, dan pembentukan otot yang lebih baik.

Baca Juga: Olahraga Anggar: Sejarah, Teknik Dasar Permainan, hingga Jenis Pedang yang Digunakan

Variasi Gerakan Squat Thrust

Variasi Gerakan Squat Thrust (Gympion.com)
Foto: Variasi Gerakan Squat Thrust (Gympion.com)

Jika Moms telah bosan melakukan gerakan squat thrust setiap hari, bisa mencoba beberapa variasi lain dari gerakan ini untuk mendapatkan manfaat yang sama, atau bahkan lebih baik.

Melakukan gerakan variasi bukan berarti akan diminta untuk melakukan jenis gerakan yang sangat berbeda.

Hal yang perlu Moms perlu lakukan hanyalah melakukan atau menambahkn satu perubahan gerakan.

Untuk pemula, disarankan agar menggunakan dumbell yang ringan terlebih dahulu.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb