Parenting Islami

18 Agustus 2021

7 Surat Penenang Hati dalam Alquran untuk Menghilangkan Rasa Gundah, Insya Allah Manjur!

Ketahui juga amalan yang bisa membuat hati tenang
placeholder

Foto: freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Alquran merupakan pedoman yang paling mulia bagi setiap muslim. Di dalamnya terkandung petunjuk untuk umat Islam, termasuk juga surat penenang hati bagi seseorang yang sedang merasakan kegelisahan atau keragun dalam hidupnya.

Surat dan ayat dalam Alquran dapat menjadi penawar, sebagaimana yang disampaikan Allah SWT dalam firmanNya:

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٞ وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارٗا

"Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS Al Isra: 82)

Dengan rutin membaca Alquran dan mengamalkan isinya, Allah SWT menjanjikan penawar dan rahmat. Dari ratusan surat dan ribuan ayat Alquran, beberapa di antaranya bisa dibaca sebagai surat penenang hati sebagai obatnya.

Baca Juga: Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Benarkah Bisa Membuat Bayi Terlahir Rupawan?

Surat Penenang Hati dalam Alquran

Surat Penenang Hati -1

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa surat penenang hati dalam Alquran, salah satunya yang disampaikan oleh Ir. Abduldaem Al-Kaheel dalam bukunya ‘Al-Qur`an The Healing Book’. Selain itu, dirangkum dari sumber lain, berikut ini adalah surat penenang hati yang bisa dibaca untuk menyembuhkan fisik dan psikis yang sedang tidak tenang.

1. Surat Al-Fatihah

Ini adalah surat pembuka dari kitab suci Alquran. Surat yang memiliki banyak keutamaan atau fadilah ini disebut juga sebagai Ummul Quran. Dengan izin Allah, ini akan menjadi surat penenang hati yang dapat mengobati kegundahan.

Rasulullah SAW bersabda: “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Alquran.” (HR Bukhari dan Muslim)

Surat ini yang selalu dibaca dalam setiap rakaat salat. Jika melakukan salat wajib sebanyak 5 kali sehari, maka setidaknya seseorang telah membaca surat ini sebanyak 17 kali. Untuk menenangkan hati, seseorang bisa membacanya sebanyak 7 kali dengan perlahan dan sungguh-sungguh.

2. Surat Al-Baqarah

Dalam surat Al-Baqarah, terdapat beberapa ayat yang dapat menjadi penenang hati, seperti:

  • Ayat 255 ini banyak disebut sebagao ayat kursi atau ayat sapujagat. Sebab, ayat ini bisa diamalkan sebagai penyembuh, sebagai doa, dan sebagai penenang hati. Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya dari seluruh kejahatan, keburukan, dan penyakit. Ayat ini sangat disarankan untuk dibaca pada saat pagi dan sore hari sebagai dzikir pagi dan petang.
  • Dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah juga direkomendasikan sebagai ayat-ayat untuk menenangkan hati. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah."
  • Ayat 250 juga menjadi ayat dalam surat penenang hati yang bisa dibaca saat resah.

3. Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas

Rasulullah SAW mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang bisa melindungi seorang mukmin melebihi dari ketiga surat ini. Ketika seorang mukmin berlindung kepada Allah SWT dan membaca surat ini, maka Allah SWT akan melindungi dan membentenginya dari berbagai keburukan penyakit.

Surat Al-Ikhlas juga memiliki posisi istimewa, sebab saat membaca surat ini dapat disandingkan dengan membaca sepertiga dari Alquran. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa surat ini mengandung makna tentang sifat tauhid Allah SWT yang tak ada di ayat lainnya.

4. Surat Yasin

Keutamaan membaca Surat Yasin akan membuat hati dan pikiran lebih tentram. Oleh karena itu, surat ini termasuk dalam surat penenang hati yang bisa dibaca saat ingin mencari ketenangan batin.

Usai membaca Surat Yasin, dianjurkan untuk memanjatkan doa berharap agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan, karena waktu terbaik untuk membaca doa adalah setelah membaca Alquran.

Baca Juga: 11 Keutamaan Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Agar Si Kecil jadi Anak Berbakti!

5. Surat Al-Insyirah

Allah SWT memberikan keyakinan pada Nabi Muhammad SAW bahwa dalam kesulitan, akan selalu dibarengi dengan kemudahan. Ini bahkan disebutkan dalam salah satu surat penenang hati dalam Alquran, yakni surat Al-Insyirah.

Surat yang berisi 8 ayat ini turun sebagai pelipur lara bagi Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. Saat itu, beliau sedang menghadapi pertentangan keras dari kaumnya. Dengan turunnya surat ini, Allah SWT melapangkan hatinya yang tadinya sedang sempit karena tertimpa tekanan berat.

إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Al-Insyirah: 6)

6. Surat Yusuf

Di dalam surat ke-12 ini dijelaskan bagaimana Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS mengalami rasa sakit dan penderitaan di dunia, dan bagaimana Allah SWT meninggikan mereka berdua karena kesabarannya.

Misalnya saat Nabi Yaqub AS yang sangat sedih menangis hingga buta karena kehilangan buah hatinya, atau Nabi Yusuf AS yang difitnah menodai perempuan. Sesungguhnya Allah SAW tak pernah meninggalkan hambanya dan selalu memberi ketenangan.

7. Surat Thaha

Surat yang ke-20 di dalam Alquran ini juga berkisah tentang salah satu dari 25 nabi yaitu Nabi Musa. Dikisahkan bagaimana Nabi Musa memohon kemudahan untuk dirinya. Kemudian, Allah SWT telah memberi banyak kemudahan dari sebelum ia menyadarinya.

Bagaimana ia bisa selamat padahal laki-laki, bisa kembali ke ibunya sehingga bisa disusui sampai 2 tahun, hingga diberikan kepercayaan menjadi seorang Nabi pilihan Allah SWT. Meski menjadi Nabi dan mendapat mukjizat, Musa AS juga tetap merasa gentar jika harus melawan Firaun.

Baca Juga: Viral! Gores Mobil Saat Jatuh Naik Sepeda, Bocah Ini Menulis Surat Permintaan Maaf pada Pemiliknya

Amalan yang Dapat Dilakukan Agar Hati Tenang

Surat Penenang Hati -2

Foto: Orami Photo Stock

Selain membaca surat penenang hati beserta ayat-ayatnya, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang saat menghadapi masalah. Misalnya:

1. Bersabar

Dalam menghadapi masalah, usahakan untuk tetap sabar dalam menghadapinya. Sebab, meskipun masalah tersebut terlihat berat membuat hati gelisah dan tidak tenang, Allah SWT selalu menjanjikan jalan keluar bagi setiap masalah yang dihadapi oleh hamba-Nya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah: 153)

2. Mengerjakan Sholat Tahajud

Dengan mengerjakan sholat tahajud, akan membuat jiwa menjadi kuat dan hati menjadi lebih tenang saat menghadapi berbagai cobaan dan permasalahan.

Dalam sebuah hadis, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: “Sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab: ”Shalat Tahajud.” (HR Muslim)

Hadis tersebut mengungkapkan salah satu keutamaan sholat tahajud. Shalat yang dilakukan di tengah malam disaat kebanyakan manusia terlelap dalam tidur, akan menambah kekhusyukan saat mengerjakannya. Maka, ketenangan akan diperoleh saat melaksanakan sholat tahajud.

Baca Juga: Romantis, Coba Tulis Surat Cinta Buat Istri

3. Perbanyak Istigfar dan Dzikir

Dzikir dan istigfar dapat menenangkan hati dan pikiran. Terdapat dua amalan wirid dzikir yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang, pertama dzikir dengan kalimat ‘Hasbunallah wa ni’mal wakiil’, dan yang kedua dzikir dengan kalimat ‘la haula wala quwwata illa billah’.

Selalu mengingat Allah dengan berdzikir akan mendatangkan ketentraman dan kedamaian hati. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’d: 28)

Itulah beberapa surat penenang hati yang bisa meringankan rasa gelisah dan khawatir serta pendapat pertolongan Allah SWT.

  • https://www.sahijab.com/tips/1535-amalan-surat-dan-ayat-alquran-untuk-menenangkan-hati?page=all
  • https://saintif.com/doa-penenang-hati/
  • https://siapgrak.com/apaitu/9joxLg
  • https://www.slideshare.net/AbdulCholiq1/pengobatan-melalui-al-quran
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait