Kesehatan

28 Maret 2020

5 Tanda Bahwa Rambut Kita Butuh Vitamin, Ketahui Sekarang Juga!

Ada banyak masalah rambut yang seharusnya jangan diabaikan.
placeholder

Foto: shutterstock

placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Vitamin tidak hanya dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kecantikan kulit dan rambut.

Karena dilansir oleh medicalnewstoday.com, kekurangan vitamin tertentu bisa menyebabkan rambut rontok.

Para peneliti telah menemukan bahwa asupan vitamin D dan E bisa mendukung pertumbuhan rambut, apalagi jika Moms juga mendapat asupan vitamin B-kompleks.

Namun, belum ada bukti yang menyatakan bahwa vitamin rambut bisa mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat.

Tanda Rambut Butuh Vitamin

Menurut Joshua Zeichner, MD, diretur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City dilansir oleh health.com, vitamin bisa membantu menyediakan folikel rambut untuk aktivitas yang sehat. Sehingga folikel rambut bisa berfungsi sesuai kemampuannya.

Selain itu, vitamin rambut juga bisa membuat rambut lebih sehat dan kuat. Karena itu, perhatikan tanda-tanda rambut sudah membutuhkan vitamin seperti yang dilansir oleh thehealthy.com.

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Ibu Hamil Mengkonsumsi Vitamin E

1. Rambut Kusut

vitamin rambut - rambut kusut.jpg

Foto: shutterstock.com

Rambut kusut termasuk salah satu tanda rambut membutuhkan vitamin rambut.

Rambut kusut terjadi ketika lapisan terluar dari rambut, yang dikenal sebagai kutikula, menjadi rusak dan terbuka. Karena itu, rambut butuh vitamin untuk meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

2. Rambut Rontok

vitamin rambut - rambut rontok.jpg

Foto: shutterstock.com

Genetika tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga rambut rontok dan tidak. Jika Moms mengalami rambut rontok, coba pertimbangkan obat yang sedang dikonsumsi, kadar hormon dan riwayat keluarga.

Dikutip dari jurnal Dermatology and Therapy, rambut rontok bisa diperbaiki oleh gaya hidup sehat. Dalam hal ini suplemen atau vitamin bisa membantu rambut agar tidak rontok dan lebih sehat.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok pada Anak

3. Rambut Kering

vitamin rambut - rambut kering.jpg

Foto: shutterstock.com

Siobhan Quinlan, direktur kreatif, stylist, dan colorist di Art + Autonomy Salon di New York City, menyarankan semua orang untuk mempertimbangkan pemakaian vitamin rambut, terutama ketika rambut kering.

Karena, rambut kering bisa merupakan pertanda bahwa kutikula telah dibuka dan tidak ditutup kembali. Sehingga, kondisi ini menyebabkan rambut terlihat kusam dan kering. Coba gunakan vitamin A dan E untuk mengatasi rambut kering.

4. Rambut Menipis

vitamin rambut - rambut menipis.jpg

Foto: shutterstock.com

Penipisan rambut adalah tanda paling jelas bahwa rambut Moms membutuhkan perawatan atau vitamin. Biasanya, rambut yang sudah melalui berulang kali pewarnaan bisa mengalami penipisan. Moms bisa menggunakan vitamin atau lainnya untuk menghindari penipisan rambut.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Vitamin?

5. Kulit Botak

vitamin rambut - rambut botak.jpg

Foto: shutterstock.com

Banyak faktor yang menyebabkan kebotakan berpola pada rambut wanita atau alopesia androgenik. Adapun faktornya, seperti hormon, berbagai enzim dan penghambat.

Biasanya, masalah ini juga terjadi bersamaan kerontokan rambut. Dalam kasus ini, Dr. Finkelston menyarankan penggunaan vitamin dan menjalani gaya hidup sehat.

Dikutip dari Office of Disease Prevention and Health Promotion, kita juga butuh 2.4 mcg vitamin B-12 setiap hari untuk mengatasi hal ini. Konsultasikan dahulu ke dokter ya, Moms.

Itulah tanda-tanda rambut kita butuh vitamin. Jadi, jangan disepelekan, Moms.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait