Home & Living

28 Juni 2021

Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Yuk Lakukan agar Tempat Tinggal Moms Jadi Berkah

Begini caranya agar Moms dan keluarga tetap aman dan senang saat pindah rumah menurut Agama Islam.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Moms dan keluarga yang memiliki rencana untuk menempati rumah baru sebaiknya mengetahui tata cara pindah rumah menurut Islam berikut ini.

Dengan memahami tata cara pindah rumah berdasarkan Alquran dan hadist, maka rumah baru yang akan ditinggali dapat terasa nyaman, aman, dan berkah.

Lalu, bagaimanakah tata cara pindah rumah menurut Islam? Simak selengkapnya, Moms.

Baca Juga: 3+ Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga dalam Islam, Yuk Amalkan!

Tata Cara Pindah Rumah Berdasarkan Agama Islam

Moms dan keluarga mungkin akan pindah ke rumah baru suatu saat, setidaknya sekali seumur hidup. Berikut beberapa tata cara pindah rumah sesuai sunah.

1. Bersyukur pada Allah SWT

tata cara pindah rumah menurut islam - bersyukur

Foto: Orami Photo Stock

Tata cara pindah rumah dalam agama Islam yang pertama dan utama adalah bersyukur atas ridho Allah SWT, karena bersyukur merupakan amal yang paling mulia.

Sesungguhnya Allah sendirilah yang telah memberkati Moms dan keluarga sehingga dapat menikmati rumah baru dan rezeki lainnya dan jika Moms bersyukur, Allah akan meningkatkan keberkahan lebih banyak lagi.

Perintah untuk senantiasana bersyukur kepada Allah SWT terdapat dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

"Dan (ingat) ketika Tuhanmu menyatakan: Jika kamu mengucap syukur, Aku akan memberimu lebih banyak (Berkat-Ku); tetapi jika kamu tidak berterima kasih (yaitu orang-orang kafir), sesungguhnya hukuman-Ku sungguh berat." (QS. Ibrahim 14:7)

Baca Juga: 5+ Tanda Istri Kurang Bersyukur, Naudzubillah Min Dzalik!

2. Mengucapkan Salam dan Membaca Doa

tata cara pindah rumah menurut islam - mengucap salam dan membaca doa.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms dan keluarga ingin menempati tempat tinggal baru, tata cara pindah rumah yang berikutnya, yaitu mengucapkan salam dan membaca doa.

Hal ini dilakukan untuk mencegah setan masuk ke dalam rumah yang dapat membuat suasana rumah tidak nyaman dan keburukan lainnya.

Tak hanya itu, salam dan doa yang dilafalkan saat masuk ke rumah juga bisa mendatangkan kebaikan. Jadi, rumah pun akan terasa nyaman, aman, dan penuh berkah.

Moms dan keluarga hendaknya mengucap salam, "Assalamualaikum warohmatullah wa barokatuh". Ucapan salam tersebut sebaiknya biasa diucapkan ketika masuk ke dalam rumah, baik rumah baru atau yang telah lama ditinggali.

Baca Juga: Sering Pindah Rumah? Ini Tips agar Rumah Baru Nyaman Ditinggali

Rumah sendiri atau ketika berkunjung ke rumah orang lain, meski kondisi rumah ada atau tidak adanya orang di dalam rumah. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

"Maka apabila kamu memasuki suatu rumah dar rumah rumah hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya yang berarti memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik." (QS. An Nuur 24:61)

Sementara itu, doa yang dianjurkan untuk dibacakan pada setiap rumah adalah surah Al-Baqarah agar senantiasa dilindungi oleh Allah, seperti yang telah dijelaskan dalam hadist:

"Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah". (HR. Muslim no. 1860)

Moms dapat membaca surat Al-Baqarah ini sendiri dan langsung dengan Alquran, bisa juga memutarnya menggunakan handphone atau perangkat lainnya.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Keluar Rumah Menurut Islam dan Dunia Medis?

3. Mengucapkan MasyaAllah

tata cara pindah rumah menurut islam - mengucap masyaallah

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms mengagumi rumah baru yang akan ditinggali bersama keluarga, maka hendaknya mengatakan, "Ma sha’ Allaah la quwwata illa Billaah," yang artinya semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.

Tata cara pindah rumah ini dilakukan untuk mencegah bahaya yang bisa saja menimpa hal yang Moms kagumi, sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:

"Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan 'Masya Allah, la quwwata illa billah' (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu." (QS. Al-Kahf 18:39)

Baca Juga: Waspada Penyakit Ain, Astaghfirullah!

4. Syukuran dengan Mengundang Tetangga Sekitar

tata cara pindah rumah menurut islam - undang tetangga dan makan bersama

Foto: Orami Photo Stock

Tata cara pindah rumah lainnya yang sebaiknya Moms terapkan adalah menyelenggarakan syukuran atau walimah dengan mengundang keluarga, sanak saudara, rekan kerja, hingga tetangga sekitar di lingkungan rumah.

Membuat serta menghidangkan makanan, lalu mengajak orang lain untuk datang dan makan di rumah baru merupakan salah satu cara bersyukur kepada Allah SWT.

Hal ini dilakukan untuk mencari keberkahan agar rumah baru yang ditempati dapat terasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Tak hanya itu, acara syukuran juga dapat menyambung tali silaturahmi antar umat Islam.

Bukan tak berdasar, acara syukuran saat pindah rumah ternyata dianjurkan lho, Moms.

Dalam Alquran, Allah SWT berfiman yang artinya, “Mengabdilah kepada Allah dan jangan mempersekutukan sesuatu dengan Dia, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kerabat, anak anak yatim, orang orang miskin, tetangga tetangga terdekat, tetangga tetangga orang yang asing, teman yang di sampingmu, dan orang dalam perjalanan, dan yang menjadi milik tangan ananmu. Allah tidak menyukai orang yang congkak, membanggakan diri.” (QS. Al-Nisa 36:8)

Acara syukuran yang dimaksud tidak perlu mewah, yang penting sesuai dengan kemapuan dan Moms merasa ikhlas.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Islami

5. Berkenalan dengan Tetangga Sekitar

tata cara pindah rumah menurut islam - berkenalan dengan tetangga

Foto: Orami Photo Stock

Ketika berada dalam lingkungan tempat tinggal yang baru, Moms juga dianjurkan untuk berbuat baik kepada tetangga. Jadi, janganlah sungkan untuk berkenalan dengan tetangga sekitar.

Dengan menjaga hubungan bertetangga sebaik mungkin, maka lingkungan masyarakat harmonis pun dapat tercipta. Janganlah sombong kepada tetangga karena merekalah orang terdekat yang akan membantu Moms dan keluarga saat tertimpa musibah.

Jadi, sudah sepatutnya Moms dan keluarga untuk berbuat baik kepada sesama di lingkungan masyarakat.

Sebagaimana yang tertera dalam hadist, "Barang siapa yang kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah memuliakan tetangganya dan barang siapa yang beriman keada Allah dan hari akhir, maka hendaklah berkata yang baik atau kalau tidak dapat berkata yang baik maka hendaklah berdiam saja, yakni jangan malahan berkata yag tidak baik." (H. Bukhari)

Baca Juga: 11+ Keutamaan Membaca Alquran, Salah Satunya Mendapat Kedudukan Tinggi di Surga!

6. Memanjatkan Doa untuk Menghindari Mata Jahat Setan dan Manusia

tata cara pindah rumah menurut islam - berdoa agar terhindar dari mata jahat setan dan manusia

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, Moms dianjurkan untuk memanjatkan doa agar terhindar dari mata jahat yang datangnya dari setan dan manusia.

Caranya, dengan mengucapkan tiga surat terakhir dari Alquran, yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tiga kali setiap pagi dan malam.

Selain itu, Moms juga sebaiknya mengucapkan doa nabi, seperti yang dicatat oleh Bukhari, Tirmidzi, Abu Dawud dan lainnya. Dengan melafalkan bacaan "A`udhu bi kalimaatillahi taammati min kulli shaytaanin wa haamma wa min kulli `aynin laamma" yang artinya, "Aku mencari perlindungan kepada Allah, kata-kata yang paling sempurna dari setiap setan, hal-hal yang merugikan, dan mata yang menuduh."

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Masalah Keuangan Rumah Tangga

7. Perbanyak Membaca Alquran dan Solawat

tata cara pindah rumah menurut islam - mengaji dan solawat

Foto: Orami Photo Stock

Setelah pindah rumah dan menempatinya, setiap umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran dan juga solawat nabi sehingga rumah baru Mom dan keluarga dilimpahi keberkahan.

Rasulullah SAW sendiri yang telah mengajarkan agar setiap muslim memperbanyak solat dan membaca Alquran di dalam rumah atau tempat yang baru ditinggali seperti diriwayatkan dalam hadist berikut:

"Sinarilah rumahmu dengan memperbanyak shalat dan membaca Alquran". (HR. Al Baihaqi)

Itulah tata cara pindah rumah menurut agama Islam yang sebaiknya Moms pahami. Semoga kehidupan rumah tangga Moms senantiasa dilindungi oleh Allah SWT, ya.

  • https://islamqa.info/en/answers/77208/are-there-any-duaas-specifically-for-protecting-a-new-house
  • https://www.farhathashmi.com/articles-section/seerah-and-sunnah/moving-into-a-new-house/
  • https://seekersguidance.org/answers/general-counsel/prophetic-supplication-for-moving-to-a-new-house/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait