Jalan-jalan

29 September 2021

9+ Tempat Wisata di Sukabumi dengan Pemandangan Menakjubkan

Selain urusan kuliner, ada juga beberapa tempat wisata alam di Sukabumi yang bisa Moms dan Dads kunjungi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sukabumi adalah sebuah wilayah di Jawa Barat, yang memiliki sejuta pesona. Namun, tak banyak yang tahu tentang tempat wisata di Sukabumi atau bisa dibilang masih banyak yang tersembunyi dari masyarakat luar wilayah.

Dilansir dari website Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa, tetapi Kota Sukabumi adalah salah satu kota terkecil di Provinsi Jawa Barat.

Wilayah Sukabumi sudah dihuni sejak abad ke-9 Masehi. Saat penjajahan Belanda, Karesidenan Priangan membawahi kota ini melalui pembentukan Kepatihan Tjikole, yang menjadi asal mula kota Sukabumi. Kemudian, awal abad ke-20, secara administratif Sukabumi dibagi menjadi Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi

Dikenal dengan kekayaan alam yang indah, tempat wisata di Sukabumi banyak bersinggungan dengan pantai di sisi selatan dan pegunungan di sisi utara. Dibanding penasaran, berikut ini tempat wisata di Sukabumi:

1. Jembatan Situ Gunung

Situ Gunung

Foto: Instagram/Situ Gunung Suspension

Moms dan Dads, tempat wisata di Sukabumi terbaru sekaligus tengah hits pada 2021 ini serta incaran para pelancong adalah Jembatan Situ Gunung. Pada tahun 2019, tempat wisata hits Sukabumi ini berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Tempat wisata di Sukabumi ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan ketinggiannya berada di 107 meter dari permukaan tanah. Namun, tak perlu khawatir karena keamanan dan keselamatan juga dipastikan bagi para pengunjung.

Sebelum, masuk ke area jembatan, para petugas akan memasangkan sabuk pengaman pada para pengunjung. Sabuk ini nantinya akan dikatikan pada ram di tepi jembatan agar Moms dan Dads bisa berdiri seimbang jika sewaktu-waktu terjadi guncangan atau angina kencang.

Moms dan Dads juga bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari jembatan tersebut. Selain itu bisa juga dicoba mendatangi danau Situ Gunung, pemandangan Gunung Gede Pangrango, restoran De’ Balcone Resto, bahkan area glamping yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Sukabumi terbaru serta hits.

Ketika membawa Si Kecil, Moms dan Dads tak perlu khawatir karena ada juga resort yang mengusung tema back to nature, serta menawarkan pengalaman menginap di hotel seperti tree house unik.

Selain itu, tempat wisata di Sukbumi ini juga menawarkan adanya fasilitas glamping. Lalu, Moms dan Dads juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di theme park seluas 12 hektar milik Sparks Forest Adventure ini. Pilihannya ada beragam, mulai dari berenang dan main air di Waterpark, naik sky bike atau mencoba flying fox di Outbond Area, hingga berwisata di Bird Park & Animals Feeding.

Baca Juga: 10 Wisata Temanggung yang Asik untuk Dikunjungi bersama Keluarga

2. Santa Sea Waterpark

Santa Sea Water Park

Foto: Instagram/Santa Sea Waterpark

Sudah pasti tempat wisata di Sukabumi Kota ini menjadi destinasi yang digemari oleh anak-anak. Moms dan Dads bisa menikmati aktivitas renang dengan fasilitas yang menarik seperti seluncuran ekstrim, kolam ombak, ember tumpah, mandi bisa dan sebagaimana fasilitas tempat wisata air pada umumnya.

Kalian juga dapat berjalan-jalan mengelilingi taman yang berada di dalam kawasan ini yang telah didekorasi dengan berbagai tema seperti Forest Jungle dengan koleksi wisata satwa khas Indonesia dan American Cowboy dengna tema yang bernuansa koboi dan indian.

3. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh

Foto: Instagram/Ciletuh

Geopark Ciletuh yang menjadi tempat wisata di Sukabumi diumumkan sebagai Global Geopark yang baru. Kawasan ini telah memiliki luas sekitar 128.000 hektar dan mencakup 74 desa. Walaupun luas kawasan ini sangatlah terawat dari segi alam dan kebersihannya.

Sebaiknya, kalian menyiapkan waktu yang cukup luang untuk dapat mengeksplor kawasan ini karena tempat wisata di Sukabumi ini sangatlah beragam. Beberapa diantaranya ialah Vihara Dewi Kwan Im, Puncak Darma, Curug Awang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Moms Kunjungi Bersama Keluarga

4. Masjid Agung Sukabumi

Masjid Agung Sukabumi

Foto: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Masjid satu ini letaknya sangat strategis sebab dekat dengan Jalan Ahmad Yani dan Odeon. Tempatnya cukup luas, fasilitas toilet yang bersih dan terawat serta tempat sholatnya juga bersih serta menjadi tempat wisata di Sukabumi dekat stasiun yang bisa dijangkau.

Bisa dikatakan masjid Agung ini salah satu kebanggaan warga Sukabumi. Di sekitar masjid banyak jajanan atau tempat makan sebab lokasi masjid memang berada di samping Alun-Alun Sukabumi.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi!

5. Rumah Fantasi

Rumah Fantasi

Foto: Wisata Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi Kota selanjutnya adalah Rumah Fantasi. Objek wisata di Sukabumi Kota ini didirikan pada tahun 2018. Ada banyak permainan yang bisa Moms, Dads, serta Si Kecil coba, loh.

Rumah fantasi ini berada di Ruko Bounty Blok G&H – Maxone Hotel Jalan Siliwangi No. 90, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Banyak sekali spot-spot keren di tempat ini yang bisa jadi objek untuk berfoto.

6. Curug Cikaso

Curug Cikaso

Foto: Instagram/ Explore Ciletuh

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat juga menyarankan tempat wisata di Sukabumi selanjutnya yaitu curug Cikaso atau air terjun Cikaso ini adalah salah satu air terjun yang sangat populer di Sukabumi.

Aliran air terjun di curug Cikaso sangat deras, jadi pastikan anda membawa baju ganti saat berlibur kesini untuk jaga-jaga, di Sukabumi sendiri ada masih banyak air terjun lainnya yang tidak kalah keren seperti air terjun cingangsa dan air terjun luhur.

Baca Juga: Terbaru, 12 Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

7. Gua Buniayu

Gua Buniayu

Foto: Instagram/ Bangaswi

Bagi Moms dan Dads yang menyukai kesenangan alam dan wisata adrenalin, maka anda harus mencoba datang ke goa Buniayu yang terletak di desa Kerta Angsana, hanya sekitar 150 km dari Jakarta, wisata goa Buniayu menawarkan wisata alam yang seru, untuk caving kita membutuhkan waktu sekitar 5 jam, jadi persiapkan fisik anda sebelum berniat berpetualang ke gua ini ya.

8. Desa Ciptagelar

Desa Ciptagelar

Foto: Bappeda

Kampung Ciptagelar atau disebut juga dengan nama kampung Kasepuhan Ciptagelar merupakan kampung adat yang unik terletak di Sukabumi, Kampung Ciptagelar sendiri berada di wilayah kampung Sukamulya, kampung Sirnaresmi, kecamatan Cisolok, Kampung Ciptagelar memiliki ciri khas dan tradisi yang masih dipegang teguh penduduk desa dengan ketat.

9. Kawah Ratu

Kawah Ratu

Foto: Halimunsalak.org

Kawah Ratu adalah kawah aktif yang terletak di lereng salak, untuk sampai di lokasi kawah kita harus mendaki dengan waktu tempuh sekitar tiga jam, lokasi ini sangat cocok bagi anda pecinta alam dan pendaki.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jakarta untuk Wisata Edukasi

10. Caldera Adventure di River Resort Citarik

Caldera Adventure di River Resort Citarik

Foto: Instagram/Caldera

Tempat wisata Sukabumi terbaru lainnya yaitu Caldera Adventure di River Resort Citarik. Moms dan dads yang berjiwa petualang dan suka olahraga menantang. Caldera Adventure di River Resort Citarik menyediakan aneka kegiatan outdoor seru, seperti arung jeram atau rafting di Sungai Citarik dan flying fox.

Terdapat beberapa lintasan rafting yang bisa dicoba, mulai dari lintasan sepanjang 1 km untuk pemula, hingga lintasan 5 km dan 9 km untuk pengalaman lebih mendebarkan. Kalian mengajak keluarga, teman, atau rekan kerja dan menghabiskan waktu bersama sambil beraktivitas seru di sini.

Setelah mengetahui tempat wisata di Sukabumi, kira-kira mana yang mau dimasukkan ke dalam agenda liburan Moms dan Dads?

  • https://www.traveloka.com/id-id/activities/article/sukabumi-103916
  • https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g297714-Activities-a_allAttractions.true-Sukabumi_West_Java_Java.html
  • https://allindonesiatourism.com/attraction/west-java/things-to-do-in-sukabumi
  • http://disparbud.jabarprov.go.id/wisata/stcontent.php?id=182&lang=en
  • https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1371
  • https://portal.sukabumikota.go.id/page/48/?s=wisata+sukabumi
  • https://sukabumikab.go.id/web/b/3635.asp
  • https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1371
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait