Program Hamil

PROGRAM HAMIL
25 November 2020

Tes Kehamilan dengan Garam, Apakah Bisa Akurat?

Tes kehamilan dengan garam hanya membutuhkan 3 item lho, menyenangkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tes kehamilan dengan garam, memang bisa? Sebelum mengenal test pack kehamilan, banyak cara yang dilakukan oleh perempuan untuk mengetahui apakah dirinya sedang hamil atau tidak.

Selain memperhatikan perubahan di badan, banyak di antaranya yang mencoba tes kehamilan buatan sendiri, bahkan dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Test pack yang populer saat ini yang banyak tersedia di toko obat dan terbukti dapat mendeteksi kehamilan dengan akurasi tertentu, menurut Journal of Current Medical Research and Opinion pernah tidak disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) hingga baru dibolehkan pada tahun 1976.

Dilansir Mayo Clinic, banyak tes kehamilan yang mengklaim 99 persen akurat. Namun, test pack kehamilan yang bererdar di pasaran berbeda-beda dalam kemampuannya untuk mendiagnosis kehamilan pada perempuan yang baru saja melewatkan menstruasi.

Selain menggunakan test pack, ada salah satu tes DIY yang menarik perhatian, yaitu tes kehamilan dengan menggunakan garam. Banyak yang melakukannya karena telah dipercaya turun temurun, namun ada pula yang menganggap tes tersebut hanya sebagi cara menyenangkan untuk melihat tanda kehamilan.

Baca Juga: Mungkinkah Peluang Hamil Meningkat Setelah Tes HSG

Tes Kehamilan dengan Garam

Tes Kehamilan dengan Garam -1

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya tes kehamilan yang hasilnya bisa dipertanggungjawabkan hanya melalui USG atau test pack kehamilan karena telah melalui serangkaian uji coba.

Tapi jika ingin memasukkan unsur kesenangan saat menebak-nebang hasilnya, seorang perempuan bisa melakukan tes kehamilan dengan garam.

Bahan untuk Melakukan Tes Kehamilan dengan Garam

Menurut informasi yang beredar secara turun temurun, perempuan yang ingin melakukan tes kehamilan dengan menggunakan garam memerlukan beberapa alat dan bahan berikut ini;

  • Satu mangkuk atau cangkir kecil yang bersih dan tidak berpori untuk menampung urin,
  • Satu mangkuk atau cangkir kecil yang bersih dan tidak berpori untuk mencampurkan urin dan garam. Idealnya, gunakan mangkuk atau cangkir bening agar bisa lebih jelas saat melihat hasilnya.
  • Beberapa sendok garam meja. Jenisnya tidak ditentukan karena tidak ada pengaruh khusus.

Cara Tes Kehamilan dengan Garam

  • Masukkan beberapa sendok garam ke dalam mangkuk atau cangkir bening yang disediakan,
  • Masukkan sedikit urine pertama di pagi hari di wadah lain,
  • Selanjutnya, tuangkan urin di dalam wadah yang berisi garam.
  • Tunggu hingga melihat adanya perubahan.

Karena hanya berdasarkan kepercayaan dan tidak semua perempuan yang mencoba melakukan tes kehamilan dengan garam memiliki hasil yang sama, ada beberapa perbedaan mengenai berapa lama waktu menunggu untuk mengetahui hasilnya.

Beberapa sumber mengatakan untuk hanya menunggu beberapa menit saja, sementara yang lain mengatakan untuk menunggunya selama beberapa jam. Namun yang paling popular adalah menunggu perubahan tersebut hingga 8 jam atau lebih.

Waktu Melakukan Tes Kehamilan dengan Garam

Para penggemar tes kehamilan dengan garam mengatakan bahwa perempuan harus melakukan tes di pagi hari, ketika hCG paling terkonsentrasi di dalam urin. Tapi karena garam tidak bisa diandalkan untuk memprediksi keberadaan hormon kehamilan, itu hanya teori belaka.

Faktanya, tidak ada alasan yang tepat untuk mengikuti semua tes, terutama karena tidak dapat mengandalkan hasilnya. Dan hasil yang tidak akurat dapat memengaruhi potensi kehamilan di masa mendatang.

Misalnya, jika tes kehamilan dengan menggunakan garam memberikan hasil negatif yang palsu, seseorang akan mungkin terlambat untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal atau mencari perawatan prenatal rutin sebagai bekal menjelang kehamilan.

Membaca Hasil Tes Kehamilan dengan Garam

Jika melihat diskusi online tentang hasil tes kehamilan dengan garam, mungkin akan terlihat banyak yang melampirkan banyak foto campuran urin dan garam dalam wadah bening yang berbeda-beda. Banyak yang menyertakan foto tersebut dengan pertanyaan seperti, "Apakah ini positif?".

Itu terjadi karena tampaknya tidak ada yang benar-benar yakin dengan apa yang dicari dan cara membedakan yang positif dari yang negatif. Namun ada pula yang berpendapat bahwa mereka melihat adanya perbedaan antara hasil positif dan negatif.

Biasanya, jika tidak ada perubahan berarti hasil tesnya negatif. Dan hasil positif didapatkan saat menemukan bahwa dalam wadah tersebut akan terlihat seperti ‘susu' atau ‘keju’.

Klaimnya adalah bahwa garam bereaksi dengan human chorionic gonadotropin (hCG), hormon yang ada dalam urin (dan darah) perempuan hamil.

Para pendukung tes tersebut mengklaim bahwa jika hamil, garam akan bereaksi dengan hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG), yang memasuki aliran darah dan urin setelah embrio ditanamkan di rahim. Hormon yang sama juga yang terdeteksi dalam test pack yang bisa dibeli di toko obat.

Baca Juga: Test Pack Positif Tetapi Tidak Hamil, Mengapa?

Akurasi Tes Kehamilan dengan Garam

Tes Kehamilan dengan Garam -2

Foto: Orami Photo Stock

Tes kehamilan dengan garam sebenarnya hanya dilakukan untuk bersenang-senang. Ini tidak akurat karena tidak memiliki dukungan medis, dasar ilmiah, atau dukungan dari dokter. Tidak ada alasan untuk percaya bahwa garam akan bereaksi dengan hCG.

Selain itu, tidak ada studi yang dipublikasikan yang mendukung gagasan ini atau tes secara umum. Seseorang mungkin mendapatkan hasil akurat, karena kadang-kadang pasti cocok dengan kenyataan hanya sesuai dengan hukum probabilitas.

Sesuatu pasti terjadi, jadi hasil tesnya tidak sepenuhnya negatif. Tapi terlihat 'cheesy' atau 'milky' juga tidak menggambarkan campuran tersebut secara tepat. Untuk keduanya, campuran lebih bening di bagian bawah dan seiring waktu berkembang menjadi keruh, tampilan gumpalan garam di bagian atas.

Namun tidak ada penjelasan ilmiah tentang cara kerja tes kehamilan dengan garam. Penggemar tes ini mengatakan bahwa hCG akan bereaksi dengan garam, dan menyebabkan campuran urin dan garam mengental atau mengubah teksturnya.

Tetapi tidak ada bukti yang mendukung teori itu, dan tidak ada alasan mengapa garam dan hCG menyebabkan reaksi ini. Jika ada perempuan yang mengatakan bahwa tes tersebut berhasil untuknya, mungkin itu adalah sebuah keberuntungan.

Baca Juga: Perlukah Tes Pemeriksaan Kesehatan Selama Hamil?

Lakukan Ini Jika Muncul Gejala Kehamilan

Tes Kehamilan dengan Garam -3

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun boleh dilakukan untuk bersenang-senang dengan tes kehamilan dengan garam, namun jangan menganggap serius hasil tes kehamilan dengan garam. Untuk memverifikasi kehamilan, selalu lakukan tes kehamilan di rumah dengan test pack yang sebenarnya.

Jika hasilnya positif, tindak lanjuti dengan kunjungan ke dokter untuk memastikan kehamilan. Namun sebelumnya, Menurut Mayo Clinic mengungkapkan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat merasakan gejala kehamilan.

  • Setelah melakukan tes kehamilan di rumah dan hasilnya positif setelah dilakukan beberapa kali, ada baiknya untuk segera mengunjungi klinik kesehatan. Buatlah janji dengan penyedia layanan kesehatan karena bisa jadi membutuhkan tes darah atau tes ultrasound untuk memastikan kehamilan. Semakin cepat kehamilan dipastikan, semakin cepat juga seorang perempuan bisa memulai perawatan pranatal.
  • Jika menemukan kehamilan negatif setelah melakukan tes dan juga jika menstruasi tidak dimulai, ulangi tes dalam beberapa hari atau satu minggu, terutama jika melakukan tes sebelum atau segera setelah menstruasi yang terlewat.
  • Jika terus mendapatkan hasil tes negatif tetapi menstruasi tidak dimulai atau masih berpikir kemungkinan hamil, segera konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang perempuan melewatkan periode menstruasi. Misalnya seperti gangguan tiroid, berat badan rendah, masalah pada ovarium, olahraga berlebihan, dan stres.
  • Jika tidak hamil, penyedia layanan kesehatan akan dapat membantu untuk mengembalikan siklus menstruasi seperti semula.

Setelah mencoba melakukan tes kehamilan dengan garam, jangan lupa untuk segera mengunjungi klinik untuk mendapatkan jawaban pasti.

Artikel Terkait