Program Hamil

12 April 2021

Hasil Test Pack Positif, Kenapa Bisa Berubah jadi Negatif?

Ini beberapa penyebabnya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pernahkah Moms melihat hasil test pack positif lalu berubah jadi negatif saat melakukan tes berikutnya? Kenapa ya? Cari tahu jawabannya di sini.

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan tes kehamilan atau test pack. Alat satu ini dapat memberi tahu jika kita sedang hamil. Bagaimana cara kerja tes kehamilan ini?

Tes kehamilan akan mendeteksi kehamilan kita melalui urine atau darah Moms untuk mencari hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tubuh kita akan membuat hormon ini setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Ini biasanya terjadi sekitar 6 hari setelah pembuahan. Tingkat hCG meningkat dengan cepat, dua kali lipat setiap 2 hingga 3 hari. Melihat test pack positif berubah hasil menjadi negatif tentu saja membuat Moms kecewa atau bahkan stres. Terutama bagi Moms yang sudah cukup lama menantikan buah hati.

Apa yang menjadi penyebab test pack positif berubah jadi negatif? Yuk kita cari tahu, Moms.

Baca Juga: Fakta Hormon HCG dalam Kehamilan, Hormon yang Membuat Test Pack Jadi Positif

Penyebab Hasil Test Pack Positif Berubah jadi Negatif

Tetapi kenapa hasil test pack positif bisa berubah menjadi negatif ya, Moms? Simak jawabannya di sini.

1. Keguguran Dini/Kehamilan Kimiawi

Hasil Testpack Sempat Positif, Kenapa Saat Dicek Lagi Negatif? 1

Foto: pexels.com

Penyebab hasil test pack positif berubah jadi negatif yang pertama adalah keguguran dini atau hamil kimiawi. Mengutip VeryWell Family, salah satu penyebab yang cukup jarang terjadi mengapa Moms bisa mendapatkan hasil test pack negatif setelah sempat positif adalah karena keguguran dini atau kehamilan kimiawi.

Apalagi jika sebelumnya Moms sempat merasakan kram perut, perdarahan vagina dan hilangnya gejala kehamilan.

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obstetrics and Gynaecology (BJOG), faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko keguguran dini diantaranya adalah stres, sebelumnya sudah pernah mengalami keguguran, peristiwa traumatis dalam kehamilan, perubahan sikap pasangan, dan berat badan pra-kehamilan yang rendah.

2. Hook Effect

Hasil Testpack Sempat Positif, Kenapa Saat Dicek Lagi Negatif? 2

Foto: freepik.com

Penyebab hasil test pack positif berubah jadi negatif yang selanjutnya adalah hook effect. Sebagaimana dijelaskan Ava Women, hasil tes kehamilan yang tiba-tiba berubah menjadi negatif setelah sempat positif kemungkinan juga bisa disebabkan oleh hook effect.

Di mana seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, hCG dalam tubuh wanita terus meningkat dengan drastis sehingga dapat menyebabkan test pack positif berubah menjadi negatif.

Adapun hal sederhana yang dapat Moms lakukan untuk memastikan bahwa hasil negatif yang didapatkan disebabkan oleh hook effect yaitu:

  • Kumpulkan urin dalam sebuah wadah bersih
  • Encerkan urin tersebut menggunakan air dengan takaran yang sama
  • Lakukan tes kehamilan menggunakan urin yang sudah diencerkan tersebut

Jika Moms mengalami hook effect, maka tes kehamilan akan menunjukkan garis yang lebih gelap.

3. Tidak Segera Membaca Hasil Test Pack

Hasil Testpack Sempat Positif, Kenapa Saat Dicek Lagi Negatif? 3

Foto: freepik.com

Penyebab hasil test pack positif berubah jadi negatif yang selanjutnya adalah tidak segera membaca hasil tes.

Self.com mengungkapkan bahwa jika Moms menggunakan alat tes kehamilan dengan indikator garis, sangat penting untuk segera memeriksa hasilnya sesuai dengan waktu yang dicantumkan pada kemasan.

Karena jika Moms membiarkannya terlalu lama sebelum membaca hasilnya, urin pada alat tes kehamilan tersebut dapat menguap dan membuatnya terlihat seperti menunjukkan dua garis.

“Sering kali orang akan melihat garis penguapan ketika urin mulai menguap dari alat tes kehamilan,” kata Jamil Abdur-Rahman, M.D., seorang spesialis OB/GYN yang berbasis di Illinois kepada Self.

“Penguapan itu mungkin menyebabkan tes terlihat seperti memiliki garis kedua yang samar (terlihat seperti positif), tetapi sebenarnya hanya ada satu garis,” tambahnya.

Baca Juga: Dapat Sebabkan Test Pack Negatif Palsu, Apa Itu Hook Effect?

4. Efek Perawatan Kesuburan

Hasil Testpack Sempat Positif, Kenapa Saat Dicek Lagi Negatif? 4

Foto: pexels.com

Penyebab hasil test pack positif berubah jadi negatif yang selanjutnya adalah efek perawatan kesuburan.

Dikutip dari Shape.com, Mary Jane Minkin, M.D., profesor klinis OB/GYN dan reproduksi di Yale University School of Medicine, mengatakan bahwa perawatan kesuburan juga bisa mengacaukan hasil test pack.

“Beberapa wanita menerima suntikan hormon hCG untuk membantu melepaskan sel telur,” jelas Dr. Minkin. “Dalam hal ini, hCG yang memicu hasil positif kemungkinan berasal dari suntikan hormon itu dan bukan dari kehamilan yang sebenarnya.”

5. Efek Obat-obatan Tertentu yang Sedang Dkonsumsi

Hasil Testpack Sempat Positif, Kenapa Saat Dicek Lagi Negatif? 5

Foto: pexels.com

Penyebab hasil test pack positif berubah jadi negatif yang selanjutnya adalah efek obat-obatan.

Selain perawatan kesuburan, Dr. Minkin juga menyebutkan bahwa obat-obatan tertentu seperti antidepresan dan obat kejang juga dapat membuat test pack menunjukkan hasil positif palsu.

“Obat-obatan tertentu mengikat penanda dalam tes seperti yang dilakukan hormon hCG, membuatnya terlihat seperti positif,” kata Dr. Minkin. Namun, menurutnya ini adalah kasus yang cukup jarang terjadi.

Mengapa Hasil Test Pack Samar?

test pack positif

Foto: Orami Photo Stock

Selain hasil test pack positif berubah jadi negatif, Moms juga mungkin pernah menemui hasil test pack samar.

Munculnya garis samar pada test pack dapat memiliki banyak arti. Hasil test pack satu garis jelas satu garis samar bisa berarti bahwa Moms memang hamil, tetapi bisa juga disebabkan hal lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) di dalam tubuh akan meningkat saat hamil. Peningkatan hormon tersebut dapat terdeteksi melalui darah dan urine. Alat test pack memang dirancang menggunakan sampel urine untuk mendeteksi ada atau tidaknya hormon hCG dalam tubuh.

Jika hormon ini tidak terdeteksi di dalam urine, akan muncul satu garis. Sedangkan jika terdapat hormon hCG di dalam urine, akan muncul dua garis, sekaligus menandakan bahwa kita hamil.

Hanya saja, di sejumlah kasus, test pack satu garis jelas satu garis samar yang muncul pada alat tes kehamilan. Mengapa seperti itu?

Baca Juga: 4 Penyebab Level Hormon HCG Rendah, Pertanda Adanya Masalah!

Penyebab hasil test pack satu garis jelas satu garis samar bisa disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut:

  • Tanda positif hamil, test pack dengan hasil garis kedua yang samar dapat terjadi karena hormon hCG yang dihasilkan masih sangat rendah dan belum bisa terdeteksi sepenuhnya.
  • Sampel urine mengalami penguapan, untuk mengetahui apakah garis samar ini merupakan tanda positif hamil atau akibat penguapan, perhatikan kapan garis kedua tersebut muncul. Jika garis kedua muncul beberapa menit setelah waktu normalnya, besar kemungkinan itu adalah garis akibat penguapan urine.
  • Test pack rusak, bisa jadi garis kedua yang terlihat samar pada test pack dikarenakan adanya kerusakan pada alat tes kehamilan yang digunakan.

Jika Moms tidak yakin dengan hasil yang muncul, Moms dapat mengulang penggunaan test pack kembali dalam kurun waktu 2 atau 3 hari hingga 1 minggu kemudian.

Jika Moms memang hamil, hormon hCG akan meningkat dan dapat memunculkan garis yang lebih jelas. Pastikan juga Moms telah menggunakan test pack dengan benar agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Cara Menggunakan Test Pack

hasi test pack positif

Foto: parenting.firstcry.com

Moms sudah tahu cara membaca test pack dan apa artinya garis-garis yang ditunjukkan dalam alat tersebut. Sekarang belajar cara menggunakan test pack yuk, Moms agar tidak salah.

1. Cek Tanggalan

Cara menggunakan test pack yang pertama yakni mengecek tanggal waktu subur atau tidak.

Lakukan tes kehamilan satu hari setelah waktu menstruasi Moms terlambat. Apa artinya?

Jika Moms sudah menghitung dan akan mendapatkan menstruasi pada hari Rabu, maka Kamis dihitung sebagai terlambat satu hari.

Idealnya, tes kehamilan dilakukan di pagi hari, dengan urine pertama kita hari tersebut.

Hormon kehamilan, jika ada, akan lebih tinggi dari itu, sehingga membuatnya lebih mungkin dideteksi oleh alat tes kehamilan.

Meskipun Moms dapat melakukan banyak tes kehamilan di tengah hari, terutama jika menstruasi terlambat beberapa hari.

2. Baca Petunjuk Penggunaan

Rekomendasi-Test-Pack--Positif-Terbaik.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ini adalah langkah cara membaca test pack yang penting, kecuali Moms pernah mengunakan merek dan jenis tes tertentu ini sebelumnya, bacalah petunjuknya. Jangan sampai Mom salah menggunakannya.

Baca juga tanggal kadaluarsa test pack, karena jika ia sudah terlalu lama hasilnya pun tidak akurat. Ia akan menunjukkan test pack positif berubah jadi negatif ataupun test pack satu garis jelas satu garis samar.

3. Pipis Langsung di Alat atau Menggunakan Cup

Jika telah tahu cara menggunakan test pack, sekarang waktunya untuk melakukan tes.

Jika Moms buang air kecil ke dalam cangkir, ambil cangkir dan pergi. Jika buang air kecil pada alat test pack langsung, ingatlah untuk melepaskan tutup, jika ada.

Coba intip lagi petunjuknya dan perhatikan berapa lama Moms perlu buang air kecil di tongkat dan bagaimana Moms harus menahan tes saat mengambilnya.

Baca Juga: 5 Langkah Agar Tetap Positif Selama Kehamilan

Jika buang air kecil ke dalam cangkir, dan Moms siap untuk mencelupkan strip ke dalamnya, perhatikan berapa lama Moms harus melakukannya. Setelah selesai, sisihkan tes dan cuci tangan kita.

4. Atur Tes dan Atur Timer

gejala-hamil-tapi-test-pack-positif.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sekarang, lihat kembali petunjuk arah dengan cepat dan lihat berapa lama Moms harus menunggu sebelum melihat hasilnya.

Mungkin sekitar 3 menit. Atur timer dan periksa. Sangat menggoda untuk melihat tes berubah warna, tetapi yang akan Moms lakukan hanyalah melalui 1.001 suasana hati dalam 181 detik itu.

Tapi jangan meninggalkan pengujian tanpa menyetel timer ya. Jika Moms melakukannya, mungkin akan membiarkannya terlalu lama.

5. Baca Hasil Test Pack

Apakah pengatur waktu sudah mati? Saatnya membaca hasilnya. Mudah-mudahan, Moms membaca petunjuknya dan tahu seperti apa rupa negatif atau positif itu.

Jika Moms mengikuti tes digital, membaca hasilnya akan mudah. Ini akan menunjukan kata Hami atau Tidak Hamil. Namun jika itu jenis tes yang menunjukkan garis, biasanya akan menunjukkan:

  • Satu garis merah muda berarti negatif
  • Dua garis merah muda berarti positif
  • Tidak ada garis berarti tes tidak berhasil

Garis satu yang berarti negatif tidak hanya untuk menggoda kita. Garis itu juga memberi tahu kita bahwa tes tersebut berfungsi.

Bergantung pada tes mana yang Moms ambil, dua garis merah muda (untuk positif) mungkin sejajar atau mungkin tegak lurus, membuat tanda plus (untuk positif).

Baca Juga: Gejala Hamil Tapi Test Pack Negatif, Bisa Jadi Ini 10 Penyebabnya

Waktu Terbaik Melakukan Test Pack Hamil

Hasil Test Pack Positif, Kenapa Saat Dicek Lagi Negatif?

Foto: Orami Photo Stocks

Tentu test pack positif berubah jadi negatif ataupun samar-samar membuat Moms sulit untuk mengambil keputusan.

Nah dalam mencegah hal seperti itu, ada baiknya memilih waktu terbaik dalam melakukan test pack.

Yuk kita tengok waktu yang tepat dalam melakukan test pack hamil, supaya jelas apakah hasilnya test pack positif atau negatif.

1. Tes di pagi gari

Melakukan test pack hamil yang tepat adalah saat di pagi hari setelah bangun tidur.

Mengutip dalam Wexner Medical Center, melakukan tes kehamilan di pagi hari dianjurkan karena urine pagi pertama biasanya mengandung konsentrasi human chorionic gonadotropin (hCG) tertinggi, yakni hormon kehamilan.

Kabar baiknya adalah bahwa hCG hampir berlipat ganda pada 2 hari pertama awal kehamilan.

Namun, Moms tetap bisa melakukan tes kehamilan di siang hari, atau bahkan di malam hari. Kemungkinan besar akan mendapatkan test pack positif berubah menjadi samar, terutama jika menstruasi tidak terlambat.

Apalagi Moms sudah minum banyak air dan urine terlalu encer.

2. Terlambat menstruasi

Beberapa tes kehamilan dapat digunakan sedini mungkin pada hari pertama setelah menstruasi pertama terlewat pada wanita dengan menstruasi bulanan yang teratur.

Jika mengalami menstruasi yang tidak teratur, Moms dapat melakukan tes 14 hari setelah hubungan seksual. Karena, masa ovulasi tidak dapat ditentukan dengan tepat.

Tes kehamilan mendeteksi hormon HCG yang diproduksi pada awal kehamilan. Produksi hormon ini dimulai secara perlahan dan meningkat seiring pertumbuhan kehamilan. Test pack standar akan mendeteksi tingkat HCG ketika mencapai 20-50 miliunit / mililiter.

Jika melakukan tes terlalu cepat (sebelum melewatkan menstruasi), kadar HCG mungkin tidak cukup tinggi untuk mendeteksi kehamilan dan dapat menyebabkan hasil test pack positif berubah negatif, meskipun sedang benar-benar hamil.

Baca Juga: Seperti Apa Contoh Garis Evaporasi pada Test Pack? Simak Ulasannya Berikut Ini

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan test pack positif berubah jadi negatif dan cara menggunakan test pack dengan baik dan benar.

Guna memastikan penyebab mana yang sesuai dengan kondisi Moms, segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

https://obgyn.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1471-0528.2006.01193.x

https://www.avawomen.com/avaworld/false-negative-pregnancy-test/

https://wexnermedical.osu.edu/blog/best-time-to-take-pregnancy-test

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait