Trimester 1

16 Juli 2021

Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Hamil, Benarkah Bisa Menyebabkan Keguguran?

Mitos atau fakta ya? Cek di sini Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Segala sesuatu yang dimakan Moms selama kehamilan mempengaruhi janin dengan cara tertentu. Salah satunya adalah pemberian daun pepaya untuk ibu hamil. Ada yang melarangnya, tapi ada juga yang memperbolehkannya.

Ada anggapan bahwa ibu hamil yang makan daun pepaya dapat meningkatkan risiko keguguran. Benarkah hal tersebut? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Pepaya Jepang

Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

Daun pepaya untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ada keraguan pada Moms yang sedang hamil untuk mengkonsumsi daun ini. Sebab, ada yang mengatakn bahwa pemberian daun pepaya untuk Ibu hamil terkait erat dengan meningkatnya risiko keguguran.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Asian Research Journal of Gynaecology and Obstetrics menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung zat aktif yang dapat menjadi racun bagi rahim. Dengan demikian, harus diperhatikan dalam penggunaannya selama kehamilan.

Namun, penelitian tersebut menggunakan hewan sebagai objek penelitiannya. Sehingga, ini tidak dapat secara otomatis akan memberikan efek yang sama pada manusia. Oleh karena itu, efeknya pada ibu hamil dapat lebih dikonfirmasi dengan penelitian lanjutan.

Saat ini, pepaya adalah salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Buah, biji, dan daunnya sering digunakan dalam berbagai praktik kuliner dan pengobatan tradisional.

Daun pepaya mengandung senyawa tanaman unik yang telah menunjukkan potensi farmakologis yang luas dalam penelitian tabung dan juga hewan.

Meskipun penelitian pada manusia masih kurang, banyak olahan dari daun pepaya, seperti teh, ekstrak, tablet, dan jus, sering digunakan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara.

Karena daun pepaya untuk ibu hamil belum memiliki penelitian khusus, ada baiknya Moms untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan selama kehamilan berikut ini:

1. Awal Kehamilan

Pada bulan-bulan awal kehamilan, janin di dalam kandungan amat peka dan harus dijaga sebaik-baiknya. Bahkan jumlah zat berbahaya sekecil apa pun, seperti lateks, dapat menyebabkan banyak komplikasi.

Pepaya yang mentah mengandung zat lateks, yang dapat menyebabkan kontraksi uterus (rahim). Lateks buah mengandung pepsin sayuran atau 'papain', dalam pepaya, zat ini bertindak seperti prostaglandin (zat endogen atau zat tubuh sendiri) dan oksitosin (hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis otak), yang memicu kontraksi.

Kontraksi uterus yang tidak normal atau tidak wajar pada kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur bayi. Papain juga melemahkan selaput vital janin, membuat kelangsungan hidup janin di perut akan sulit. Karenanya, pada trimester pertama, pepaya mentah harus dihindari ya Moms.

2. Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga atau tiga bulan terakhir kehamilan, pepaya dapat menginduksi persalinan dini dengan menyebabkan kontraksi rahim karena enzim 'papain' ada di dalamnya.

Mengingat komplikasinya, banyak ibu hamil yang memilih untuk menahan diri mengkonsumsi pepaya selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa perdarahan dari tepi plasenta juga dapat disebabkan oleh konsumsi pepaya mentah selama kehamilan.

Selain itu, jika Moms menjadikan daun pepaya sebagai minuman, teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung, dan mulas.

Baca Juga: Masker Pepaya Membuat Wajah Bercahaya

Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

daun pepaya untuk ibu hamil

Foto: Orami PhotoStock

Sebuah jurnal dalam U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa daun pepaya mengandung serat, nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Manfaat daun pepaya untuk ibu hamil lainnya adalah:

1. Mencegah Anemia

Manfaat ibu hamil makan daun pepaya yang lainnya adalah mencegah anemia. Selain mengonsumsi vitamin penambah darah sesuai anjuran dokter, ibu hamil juga bisa mengonsumsi daun pepaya untuk mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil.

Rupanya daun pepaya terkenal mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, sama seperti sayuran berdaun hijau lain. Apalagi, cadangan zat besi pada perempuan hanya 0-300 mg saja. Jadi mengonsumsi daun pepaya bisa jadi cara yang praktis lho Moms.

2. Membentuk Tulang Janin

Manfaat ibu hamil makan daun pepaya yang lainnya adalah membentuk tulang janin. Janin di dalam kandungan banyak bergantung pada tubuh ibu hamil dalam memperoleh asupan nutrisi dan gizi. Salah satunya berupa kebutuhan akan vitamin D yang berperan dalam membentuk tulang janin.

Daun pepaya diketahui sebagai sayuran yang mengandung vitamin D dan kalsium. Kedua zat ini berperan besar dalam mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang janin. Selain itu, ibu yang sedang hamil juga terjaga kekuatan tulangnya.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat ibu hamil makan daun pepaya yang lainnya adalah meningkatkan nafsu makan. Moms yang suka makan tumis daun pepaya, makanan satu ini memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan nafsu makan lho. Apalagi, jika daun pepaya diolah dengan tepat dan bisa mengurangi rasa getirnya.

Ibu hamil bisa menumisnya dengan berbagai bumbu-bumbu sederhana yang sederhana dan ditambahkan bahan makanan favorit sebagai pelengkapnya. Moms juga bisa meremas-remas daun lebih dulu, lalu direbus bersama garam hingga layu. Cocok dijadikan sebagai lalapan lho Moms.

Baca Juga: 17 Manfaat Daun Pepaya untuk Obat Tradisional

4. Dapat Menyeimbangkan Gula Darah

Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah, dilansir BMC Complementary and Alternative Medicine.

Studi pada tikus dengan diabetes telah menemukan ekstrak daun pepaya memiliki antioksidan kuat dan efek penurun gula darah. Ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa efek yang sama atau serupa dapat terjadi pada manusia. Sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mendukung Fungsi Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung, dan mulas. Moms yang sedang hamil juga sering mengalami konstipasi.

Daun pepaya mengandung serat dan senyawa unik yang disebut papain menurut Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine.

Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Bahkan digunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

6. Dapat Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Berbagai olahan daun pepaya sering digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Sebab, daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tanaman dengan potensi manfaat anti-inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E, dilansir Nutriens

Satu studi menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang menderita radang sendi, meski belum ada penelitian lebih lanjut kepada manusia.

7. Mempromosikan Kulit yang Sehat

Daun pepaya sering dikonsumsi dengan dimakan secara langsung atau dioleskan sebagai cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda.

Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati, dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam, dan jerawat.

Selain itu, enzim daun pepaya telah digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, dan satu penelitian menemukan bahwa enzim tersebut meminimalkan munculnya jaringan parut pada kelinci menurut studi Biomedicine and Pharmacotherapy.

Nah, setelah mengatahui banyaknya manfaat daun pepaya untuk ibu hamil ini, berarti mitos tentang daun pepaya menyebabkan keguguran sudah terjawab dong? Asal makan secukupnya saja ya, Moms.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23998013/
  • https://www.journalarjgo.com/index.php/ARJGO/article/view/30101
  • https://www.healthline.com/nutrition/papaya-leaf#6.-May-promote-healthy-skin
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23190471/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23998013/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31315213/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28040601/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait