3-5 tahun

3-5 TAHUN
7 Mei 2020

3 Tips agar Anak Fokus Belajar di Rumah, Yuk Coba!

Ruangan yang mendukung akan membantu anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hanya dalam hitungan bulan, virus corona (COVID-19) sukses memaksa hampir semua orang mengubah aktivitas kesehariannya.

Gedung perkantoran terpaksa di tutup dan karyawannya harus bekerja di rumah. Begitu pula dengan sekolah, tutup dan anak-anak harus belajar online di rumah. Tujuan pemberlakuan ini hanya satu, yaitu menekan penyebaran COVID-19.

Sayangnya, bagi sebagian anak belajar di rumah mungkin akan mengganggu fokusnya karena terlalu banyak gangguan. Baik itu karena kehadiran orang tua, sehingga anak menjadi lebih manja, atau karena acara TV favoritnya yang sedang tayang.

Bagaimana orang tua bisa membantu anak tetap fokus belajar di rumah?

Baca Juga: 4 Latihan Mudah Untuk Si Kecil Yang Baru Belajar Berjalan

Tips Agar Anak Fokus Belajar di Rumah

Peran orang tua sangat penting agar anak bisa fokus belajar di rumah selama pandemi. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Beri Ruangan yang Mendukung

anak fokus belajar

Foto: Orami Photo Stock

Tugas orang tua adalah memastikan jadwal harian anak tetap berjalan dengan konsisten dan disiplin.

“Misalnya pada hari sekolah, agar anak tetap bangun tidur sesuai dengan jadwal sekolah yang biasa ia jalani, termasuk memulai belajar secara virtual, sama seperti jam sekolahnya,” jelas Jane Cindy Linardi, Psikolog RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Mengutip UNICEF USA, tetaplah pada rutinitas yang ada atau buat yang baru. Bangun di pagi hari pada waktu yang biasa: mandi, berpakaian, sarapan.

Saat Si Kecil belajar, penting bagi orangtua untuk membuat setting ruangan yang mendukung. Usahakan anak belajar di kamar yang tenang, jauh dari sumber suara TV, radio, maupun alat elektronik lainnya. Dengan begitu, fokus belajar anak akan terjaga.

Baca Juga: Yuk Pahami Cara Belajar Anak Berdasarkan Zodiak

Buatlah aturan juga bahwa selama anak belajar online di rumah, anak tidak diperkenankan menonton TV atau bermain gawai. Hal tersebut dapat dilakukan pada saat jam belajar sudah usai.

2. Sediakan Kebutuhan Belajar Anak

anak fokus belajar

Foto: education.gov.gy

Anak-anak akan lebih fokus ketika mereka memiliki lingkungan belajar yang terorganisir dengan baik, di mana semua yang dibutuhkan ada pada tempatnya dan mudah dijangkau.

Misalnya, jika anak terbiasa belajar di meja yang penuh dengan buku, koran, mainan, dan pena serta pensil yang berserakan, ajari dia untuk menjaga barang-barangnya tetap rapi. Simpan alat tulis dalam wadah dan buang barang yang tidak diperlukan.

3. Selingi Belajar dengan Bermain

anak fokus belajar

Foto: youngparents.com.sg

Biarkan dia memilih kegiatannya sendiri di antara waktu belajarnya. Si Kecil bisa selingi waktu belajar dengan bermain atau mendengarkan musik setelah dia berkonsentrasi untuk periode yang disepakati.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

Menetapkan jadwal seperti ini, akan membuat anak fokus belajar saat ia harus fokus. Cara ini juga bisa membantu mengisi ulang keterampilan konsentrasinya.

Setelah dia bermain untuk waktu yang cukup, bawa anak kembali ke kegiatan belajar untuk waktu yang ditentukan.

Dengan beberapa cara sederhana di atas, Moms sudah bisa membantu Si Kecil untuk fokus belajar ketika diharuskan. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait