Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
11 Juli 2022

7+ Titik Akupuntur Tangan, Bisa Meredakan Mual dan Sakit Perut!

Titik akupuntur tangan dianggap dapat membantu menghilangkan beberapa masalah sakit
7+ Titik Akupuntur Tangan, Bisa Meredakan Mual dan Sakit Perut!

Dalam akupresur, titik-titik tekanan dianggap sebagai bagian tubuh yang sangat sensitif. Beberapa orang percaya bahwa dengan memberikan tekanan pada titik tersebut dapat bantu hilangkan rasa sakit seperti titik akupuntur tangan.

Akupresur adalah sejenis pijatan. Hal ini didasarkan pada praktek pengobatan tradisional Cina akupunktur. Dengan akupuntur, Moms dan Dads bisa memberi tekanan pada tempat-tempat tertentu di tubuh. Tempat-tempat ini disebut acupoints

Meskipun penelitian ilmiah lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan manfaat kesehatan yang disebut-sebut, banyak orang beralih ke titik tekanan karena efek sampingnya yang terbatas dan kemampuannya untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan relaksasi.

Titik Akupuntur Tangan

Tangan-Berkeringat-Hero.jpg

Foto: Tangan-Berkeringat-Hero.jpg

Foto ilustrasi titik akupuntur tangan (Sumber: Orami Photo Stock)

Moms dan Dads ada delapan titik akupuntur tangan yang penting. Titik-titik tersebut yaitu:

1. Jantung 7

Titik tekanan jantung 7 dapat ditemukan di lipatan pergelangan tangan. Itu terletak sejajar dengan ruang antara cincin dan jari kelingking.

Ada tulang tepat di sebelah titik tekanan ini. Ahli pijat refleksi mengklaim bahwa menerapkan tekanan lembut ke tempat ini dapat melindungi dari kecemasan, insomnia, jantung berdebar, dan depresi.

Baca Juga: Membantu Promil, Ini Prosedur Akupuntur untuk Kesuburan

2. Usus Halus 3

Titik tekanan usus kecil 3 terletak di bagian luar tangan, tepat di tepinya. Intinya terletak pada depresi tangan tepat di bawah jari kelingking.

Menekan kuat pada titik ini diperkirakan dapat redakan nyeri leher, sakit telinga, dan sakit kepala yang terjadi di bagian belakang kepala Moms dan Dads.

3. Meridian Paru-paru

Moms dan Dads dapat menemukan titik tekanan meridian paru-paru dengan melihat ujung tangan Anda.

Ini berjalan dari ujung ibu jari Anda ke bawah di sepanjang sisi tangan Anda, berakhir tepat di bawah lipatan pergelangan tangan Anda.

Jalankan jari di sepanjang garis ini. Jika Moms dan Dads menemukan tempat yang sakit di sepanjang garis ini, ahli pijat refleksi mengatakan Anda harus memijatnya dengan lembut sampai terasa lebih baik.

Titik akupuntur tangan ini dapat membantu meredakan gejala pilek, seperti menggigil, bersin, pilek, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: 5 Manfaat Akupuntur untuk Kecantikan, Bisa Atasi Keriput!

4. Titik Gerbang Dalam

Titik gerbang bagian dalam dapat ditemukan di tempat khusus di lipatan pergelangan tangan. Ulurkan tangan Moms dan Dads seolah-olah menerima hadiah, dengan pergelangan tangan rapat.

Ambil satu tangan dan rasakan sekitar 3 sentimeter dari tempat pergelangan tangan Anda bersentuhan di tengah.

Ahli pijat refleksi menyarankan kalian memijat titik akupuntur tangan ini dengan kuat dengan ibu jari Anda. Cara ini dapat meningkatkan pencernaan dan meredakan mual atau sakit perut.

5. Titik Gerbang Luar

Titik gerbang luar dapat ditemukan di antara dua tendon di bagian belakang lengan. Letakkan tiga jari dari tangan Anda yang lain di atas pergelangan tangan.

Gunakan jari-jari itu untuk memberikan tekanan kuat pada bagian tangan ini untuk berpotensi meningkatkan sistem kekebalan dengan cepat.

Ahli pijat refleksi juga percaya bahwa memberikan tekanan pada bagian tangan ini dapat memberi Moms dan Dads aliran energi.

6. Titik Pergelangan Tangan 1

Moms dan Dads dapat menemukan titik 1 pergelangan tangan di pergelangan tangan Anda. Jalankan jari ke kelingking ke lipatan pergelangan tangan, jaga agar tetap sejajar dengan jari Anda. Sekarang kalian telah menemukan intinya.

Ahli pijat refleksi mengklaim bahwa menekan kuat titik 1 pergelangan tangan secara teratur dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dengan mengatur emosi Anda.

7. Dasar Titik Jempol

Dasar titik ibu jari terletak di pergelangan tangan. Jalankan satu jari ke bawah ibu jari Anda, ke lipatan pergelangan tangan Anda di dasar ibu jari.

Menerapkan tekanan lembut dan memijat titik ini dengan jari Anda diyakini dapat membantu meringankan masalah pernapasan.

Baca Juga: Amankah Melakukan Akupuntur Saat Hamil?

8. Titik Lembah Tangan

Titik lembah tangan dapat ditemukan di kulit yang kencang antara ibu jari dan jari telunjuk. Ahli pijat refleksi mengklaim bahwa menerapkan sentuhan kuat pada titik tekanan ini dapat membantu mengurangi stres, serta meringankan migrain, sakit gigi, ketegangan bahu, dan nyeri leher.

Tidak ada cukup studi peer-review pada titik-titik tekanan dan efek penyembuhannya untuk menentukan apakah mereka berguna. Sebagian besar bukti berasal dari penelitian tentang pengobatan tradisional dan hasil anekdot.

Seseorang yang ingin mencoba akupresur atau pijat refleksi dapat melakukannya dengan aman. Hampir tidak ada efek samping dari memberikan tekanan pada area ini kecuali untuk rasa sakit sementara yang terlokalisir.

Juga, seseorang harus terus menggunakan perawatan medis yang direkomendasikan dokter ketika mencoba terapi titik tekanan.

Orang yang sebelumnya memiliki pembekuan darah atau memiliki faktor risiko pembekuan darah harus berbicara dengan dokter mereka sebelum menerima akupresur atau pijat.

Ada banyak titik akupuntur, banyak di antaranya merupakan bagian dari rantai titik yang jauh lebih besar yang membentang di lengan. Pendukung akupresur dan refleksiologi percaya bahwa titik-titik ini dapat membantu menyembuhkan bagian tubuh lainnya.

Orang dapat mencoba melakukan akupresur pada diri mereka sendiri atau menggunakan layanan dari praktisi berlisensi yang telah mempelajari titik akupuntur tangan dan memahami cara kerjanya.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324699#do-pressure-points-work
  • https://www.healthline.com/health/hand-pressure-points#How-do-pressure-points-work?
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4624523/

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.