20 Desember 2022

Trend Livestreaming : Apa Sih Keuntungannya Buat Influencers?

Melakukan livestreaming di media sosial mulai digemari sejalan dengan munculnya fitur Live pada berbagai platform. Manfaatkan livestreaming & simak keuntungannya di sini!

Cover credit: Instagram @corla_2

Berbicara tentang livestreaming, Anda pasti mengetahui akun corla_2 atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bunda Corla. Lewat interaksi yang dibagian melalui siaran langsung, Bunda Corla berhasil menarik perhatian netizen hingga mencapai ratusan ribu penonton. Hal itu membuat Bunda Corla ramai diperbincangkan di jagat dunia maya dan menarik banyak perhatian dengan ciri khasnya saat melakukan livestreaming.

Fitur livestreaming atau siaran langsung kini dapat ditemukan di Instagram, TikTok, hingga e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Dengan hadirnya fitur live, interaksi yang dilakukan terjadi secara real time. Anda dapat memulai percakapan dengan audiens, berbicara langsung kepada mereka dan menjawab pertanyaan mereka secara instan.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan saat livestreaming, mulai dari sekedar bincang santai hingga dilakukan secara profesional dengan menyiapkan properti seperti lighting dan kamera pendukung. Tentu dengan hadirnya fitur live ini seharusnya dapat dimaksimalkan sebagai sarana strategi marketing. Berikut manfaat yang Influencer bisa dapatkan dengan menjalankan livestreaming.

Baca juga: Intip 5 Cara Ampuh Promosikan Bisnis Anda Secara Online!

Meningkatkan Algoritma Performance Akun

Pada platform seperti Facebook dan Instagram, pengguna yang sedang live muncul di bagian atas feed pengikut mereka. Livestreaming akan meningkatkan visibilitas Anda sebagai performance teratas dari hasil siaran langsung yang sedang ditayangkan. Dengan demikian, hal ini tentunya akan membawa & meningkatkan traffic baru karena menarik audiens untuk melihat penayangan livestreaming tersebut.

Mendapatkan Komisi melalui Kolaborasi dengan Brand

Saat melakukan livestreaming, Influencers juga dapat menautkan link referensi penjualan yang berpotensi menguntungkan Anda sebagai promotor produk. Hal ini bertujuan untuk memperoleh komisi dari sistem affiliate yang dijalankan. Contoh yang mulai banyak diterapkan saat ini adalah meletakkan keranjang kuning saat livestreaming seperti Tiktok. Dari produk yang berhasil terjual, Influencers akan mendapatkan komisi dari Brand sesuai kesepakatan kerja sama yang sudah ditentukan.

Baca juga: Rahasia Membangun Branding Bisnis di Media Sosial!

Memberi Kedekatan antara Influencer dengan Audiens

Dengan melakukan livestreaming, membuat audiens Anda akan merasa lebih dekat. Walau terbatas dengan layar, ambience atau suasa yang diciptakan tentunya akan berbeda. Hal ini disebabkan adanya interaksi yang bisa dilakukan antara Influencer dengan audiensnya. Saat melakukan livestreaming, audiens menjadi lebih dari sekadar penonton, karena mereka dapat berpartisipasi dalam streaming melalui live chat atau bentuk komentar reaction yang tersedia pada fitur live. Hal ini dapat memberi kepercayaan lebih dan diharapkan memberi pengaruh yang lebih besar untuk mencapai tujuan pemasaran.

Mengukur Jumlah Target Partisipan

Saat membuat konten pemasaran melalui media foto atau video, jumlah audiens secara real time mungkin sulit diukur. Namun dengan livestreaming, Anda dapat dengan mudah melihat jumlah audiens, seperti seberapa banyak orang yang melakukan pembelian atau mengunjungi situs web produk yang dihasilkan. Hal ini dapat dijadikan data dan tolak ukur untuk menghitung rata-rata audiens sebagai target pemasaran.

Instan dan Mudah Dilakukan

Saat melakukan livestreaming, Anda tidak perlu membuat foto atau video yang harus diedit supaya bisa dijadikan sebagai konten. Anda hanya perlu membuat video iklan yang menarik secara singkat bisa melalui Instagram Story untuk mengajak audiens hadir saat melakukan siaran langsung. Bisa juga dilakukan dengan memberi ajakan info menarik hanya akan disampaikan melalui livestreaming.

Baca juga: Viral Secepat Kilat dengan Konten Trending TikTok dan Reels Instagram

Beberapa keuntungan tadi bisa tentunya bisa Anda dapatkan saat memulai menjadi livestreamer. Manfaatkan secara maksimal fitur siaran langsung dan menjadi bagian dari Mom Influencers dari IbuSibuk untuk mendapatkan keuntungan dengan menjalankan campaign, Klik linknyadi sini!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.