16 Juni 2022

Viral Secepat Kilat dengan Konten Trending TikTok dan Reels Instagram

Jadi Influencer terkenal dengan ikuti konten yang lagi trending, simak di sini!

Semakin banyaknya influencer baru bermunculan di media sosial dapat menjadi faktor yang memotivasi Moms agar semakin semangat dalam membuat konten, karena semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi influencer. Supaya dapat menarik banyak perhatian pengguna media sosial, diperlukan kreativitas untuk membuat konten sehingga bisa terlihat unik dan berbeda dari influencer atau konten kreator lainnya, dan lebih mudah muncul di halaman explore atau FYP (For You Page). TikTok dan Reels Instagram memanglah dua platform yang berbeda. Tetapi bentuk konten, trend yang sedang terjadi, lagu yang viral, ternyata tidak berbeda jauh. Oleh karena itu, Moms bisa mengaplikasikan tips-tips di bawah ini dalam membuat konten di kedua platform tersebut sekaligus. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Moms gunakan supaya lebih mudah menjangkau audiens yang lebih besar, mendapatkan lebih banyak followers, dan berpotensi menghasilkan konten yang viral.

Cari Video Reels dan TikTok yang Sedang Trend

WhatsApp Image 2022-06-14 at 14.46.52
Foto: WhatsApp Image 2022-06-14 at 14.46.52

Melakukan riset video yang sedang trend bukanlah hal sulit, Moms bisa melihatnya melalui halaman explore pada Instagram untuk melihat ide konten reels yang menarik dan punya potensi viral. Untuk TikTok, Moms bisa memperhatikan isi halaman FYP (For You Page) untuk melihat konten yang akhir-akhir ini sering muncul atau yang selalu memiliki views dan likes dengan jumlah yang sangat banyak.

Gunakan Sound atau Lagu yang Sedang Trend

pexels-karolina-grabowska-4968501
Foto: pexels-karolina-grabowska-4968501

Baca Juga: 3 Tips Penting Mengikuti Trend Media Sosial

Moms bisa mengetahui sound atau lagu yang sedang viral dengan mengunjungi website tokboard.com. Di sini Moms bisa melihat lagu atau sound yang sedang trending di minggu atau bulan ini. Untuk video reels, Moms bisa menggunakan lagu atau sound yang berasal dari TikTok karena bentuk konten dan trend yang masih serupa. Tapi masih ada satu rahasia lagi loh untuk mengetahui sound atau lagu yang sedang viral, khusus untuk platform Reels di Instagram, yaitu dengan memperhatikan logo di bagian pojok kiri bawah. Apabila logo menunjukkan bentuk panah ke atas, tandanya lagu atau sound tersebut sedang banyak digunakan di reels Instagram dan akan meningkatkan engagement video reels tersebut, sebaliknya jika logo hanya berbentuk simbol musik maka lagu tersebut tidak terlalu trending dan tidak berpotensi viral.

Screenshot 2022-06-14 145840
Foto: Screenshot 2022-06-14 145840

Sumber: tokboard.com

WhatsApp Image 2022-06-14 at 15.10.31
Foto: WhatsApp Image 2022-06-14 at 15.10.31

Foto: (kiri) tanda lagu tidak viral, (kanan) tanda lagu yang sedang viral.

Buat Konten Trending dengan Versimu

good-faces-Lv2lW5ImegQ-unsplash
Foto: good-faces-Lv2lW5ImegQ-unsplash

Dalam setiap periode akan selalu ada trend terbaru yang bisa diikuti semua orang, dan konten tersebut memiliki potensi dilihat banyak orang walaupun pengguna tidak memiliki followers yang banyak. Moms bisa loh memanfaatkan trend yang sedang terjadi dengan membuat konten trend versi Moms sendiri, caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa di lihat pada halaman explore dan halaman reels Instagram jika ingin mengetahui trend atau potensi konten reels yang mudah viral. Sedangkan untuk platform TikTok, Moms bisa melihatnya dengan menganalisis halaman FYP. Dari banyaknya referensi yang sudah Moms lihat, buatlah konten yang sesuai dengan branding atau karakteristik Moms di media sosial.

Gunakan Hashtag

20943867
Foto: 20943867

Menggunakan hashtag sangatlah penting, karena selain mempermudah pengguna dalam menemukan konten yang serupa, hashtag juga membantu konten Moms di reach lebih banyak orang atau bahkan punya potensi untuk lebih viral. Hal ini dikarenakan hashtag juga mempengaruhi algoritma dalam platform TikTok dan Instagram. Usahakan untuk menggunakan hashtag yang selalu berkaitan atau sesuai dengan isi dan topik video, karena dengan begitu konten Moms akan lebih mudah ditemukan dan disukai oleh orang-orang dengan minat yang serupa.

Baca Juga: Tips & Tricks Bikin Penampilan Outfit Jadi Makin Kece!

Manfaatkan Fitur Effect dan Filter yang Viral

How-to-search-filter-on-tiktok
Foto: How-to-search-filter-on-tiktok

Salah satu hal keren dari dua aplikasi ini adalah effect dan filter yang beragam. Effect baru yang lucu dan menarik pun selalu muncul setiap harinya, dan mendorong para influencer untuk membuat konten menghibur dengan memanfaatkan effect yang telah tersedia ini. Nah, Moms juga bisa nih buat konten lucu dengan effect yang sedang viral. Ingin buat konten tapi tidak ada waktu untuk menggunakan make up? Tenang saja, Moms juga bisa pakai puluhan filter yang membuat Moms terlihat mulus nan cantik.

Baca Juga: Influencer Yuk Ikuti Tips Untuk Meningkatkan Percaya Diri

Manfaatkan Fitur Stitch, Duet, atau Remix

WhatsApp Image 2022-06-14 at 15.26.06
Foto: WhatsApp Image 2022-06-14 at 15.26.06

Pasti Moms juga sudah sering melihat konten yang muncul di FYP di mana kreator tersebut menggunakan fitur stitch atau duet kan? Nah, fitur satu ini juga bisa menjadi strategi yang bisa Moms manfaatkan untuk membuat konten lebih beragam, apalagi jika menggunakan stitch pada video yang sedang viral, maka video Moms juga akan berpotensi ikut viral dan memiliki engagement yang tinggi. Contoh konten yang bisa dibuat dengan fitur ini, jika Moms suka bernyanyi, maka bisa melakukan duet dengan para penyanyi di TikTok. Jika Moms ingin berbagi pengalaman atau sekedar ingin membuat konten hiburan, maka bisa menggunakan fitur stitch. Tidak ada aturan khusus untuk penggunaan fitur-fitur ini, semua tergantung pada kreativitas Moms dalam membuat konten.

Perlu diingat bahwa konten viral tetap harus memiliki manfaat dan value bagi para penontonnya, jangan membuat konten yang dapat menyinggung pihak tertentu, berdampak negatif, atau konten yang melanggar etika dan moral dalam masyarakat Indonesia.

Jadi Influencer dan Dapat Penghasilan Tanpa Minimum Followers

Moms juga bisa jadi influencer tanpa harus mengumpulkan jumlah followers yang sangat banyak, dan tanpa waktu yang lama. Bayangkan Moms bisa mengurus anak dari rumah namun tetap mendapatkan penghasilan sebagai influencer, dengan jam kerja fleksibel, tanpa perlu jutaan followers, sekaligus mendapatkan produk gratis! IbuSibuk bisa jadi solusi untuk Moms nih!

IbuSibuk adalah platform yang mempertemukan brand dengan influencer, dijamin terpercaya karena sudah memiliki lebih dari 50.000 member Mom Influencer dan bekerja sama dengan ratusan brand. IbuSibuk selalu mengadakan berbagai macam acara atau pelatihan rutin untuk membantu para Moms belajar membuat konten yang menarik, selain itu masih ada banyak giveaway dan bagi-bagi hadiah setiap bulannya untuk para member IbuSibuk. Manfaatkan kesempatan ini sekarang juga, gabung sekarang dengan klik link ini!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb