3-12 bulan

23 Juni 2021

Kerap Rewel, Ukkasya Anak Zaskia Sungkar Disebut Mengalami "Wonder Week", Apa Itu?

Kondisi ini biasanya terjadi selama 20 bulan kehidupan pertamanya
placeholder

Foto: instagram.com/zaskiasungkar15

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kebahagiaan tengah meliputi keluarga selebriti Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Pasalnya, semenjak kehadiran sang buah hati, yakni Ukkasya Muhammad Syahki, keduanya pun menikmati peran sebagai orang tua baru.

Namun, perjuangan Zaskia sebagai seorang ibu tidaklah mudah karena baru-baru ini, ia membagikan pengalaman mengasuh baby Ukkasya yang sering kali menangis karena mengalami wonder week.

Wanita berhijab yang akrab disapa dengan sebutan Kia itu juga membagikan potret buah hatinya yang sedang terlelap.

ukkasya alami wonder week.png

Foto: Instagram.com/zaskiasungkar15

"Bobo sampe pake handuk nak, pas mau di mandiin nangis kejer hhi, love you syg semoga besok udh ilang ya wonder week nya," tulis Zaskia pada akun media sosial Instagram.

Lalu, apakah yang sebenarnya disebut dengan wonder week? Apakah semua bayi mengalaminya ya, Moms? Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Cara Menenangkan Bayi Menangis, Moms Wajib Tahu!

Wonder Week pada Bayi

wonder week pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Melansir laman Healthy Way, "Wonder week atau minggu-minggu yang menakjubkan adalah lompatan perkembangan," kata Xaviera Plas, CEO dan co-penulis The Wonder Weeks.

Lompatan perkembangan mental ini dibuat oleh bayi dan anak-anak selama masa pertumbuhan mereka.

"Belum lama ini, kami mengira bayi berkembang secara bertahap. Sekarang, kita tahu bahwa perkembangan terjadi dengan 'lompatan'. Dibutuhkan perubahan otak untuk memungkinkan bayi belajar dan melakukan hal-hal baru," tambahnya.

Penjelasan Xaviera Plas tersebut didasarkan pada penelitian yang dilakukan kedua orang tuanya, yakni Frans Plooij dan Hetty van de Rijt, di mana mereka akhirnya menerbitkan sebuah buku "The Wonder Weeks" versi pertama dalam bahasa Belanda di tahun 1992.

Dalam sebuah penelitian terhadap bayi Catalonia, para peneliti di University of Girona di Spanyol juga menguatkan teori Plooij dan van de Rijt bahwa perkembangan bayi terjadi dalam beberapa lompatan.

Menurut penelitian, ada bukti reorganisasi besar dalam perkembangan psikologis. Reorganisasi ini tampaknya ditandai dengan diskontinuitas, yaitu 'semburan' tiba-tiba atau perubahan pola perilaku pada bayi.

Kesimpulannya, istilah wonder week ini menggambarkan sepuluh perubahan atau lompatan perkembangan bayi yang terjadi selama usia 20 bulan pertama mereka.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Rewel, Ini Penjelasannya

Tanda Bayi Mengalami Wonder Week

tanda bayi mengalami wonder week

Foto: Orami Photo Stock

Xaviera Plas mengatakan bahwa mengetahui bayi yang mengalami wonder week sangatlah mudah. Orang tua hanya perlu mengidentifikasi pola tiga C, yakni Clinging (menempel), Crying (menangis), Cranky (rewel).

Ini adalah saat-saat ketika bayi akan menunjukkan tanda-tanda membutuhkan dukungan dan pengertian ekstra, pola makan dan tidur mungkin berubah, dan Moms juga akan mendapati bahwa mengasuh anak sedikit lebih berat.

Berikut cara yang bisa Moms lakukan ketika Si Kecil mengalami pola tiga C yang menjadi tanda-tanda wonder week:

  • Clinging (menempel)

Jika bayi sedang mengalami wonder week sehingga sangat sering menempel pada ibunya, cara yang dapat Moms lakukan adalah menenangkannya dengan sentuhan.

Misalnya, menggendong atau memeluknya karena bayi menganggap bahwa Moms termasuk bagian dari dirinya.

Selain itu, Moms juga bisa mencoba membungkus (bedong) Si Kecil.

Otak bayi yang belum dewasa mungkin akan mengira bahwa bedongan yang kokoh adalah lengan Moms. Jadi, mereka pun menjadi lebih tenang, merasa hangat, dan Moms bisa melakukan aktivitas lain dengan leluasa.

Baca Juga: 3 Alasan Bayi Rewel saat Tantrum, Moms Wajib Tahu!

  • Crying (menangis)

Semua bayi akan menangis selama wonder week. Beberapa bayi bahkan menangis lebih parah dibandingkan dengan yang lain.

Bayi menangis untuk mengomunikasikan kesusahan mereka dari rasa lapar, haus, ketidaknyamanan, kebosanan, atau perasaan kewalahan, dan setiap sensasi fisik atau emosional yang mereka alami.

Ketika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda wonder week dengan tangisan, Moms bisa langsung mendekapnya lembut, cobalah menyusui mereka, atau gendonglah sambil berjalan santai hingga tangisannya mereda.

  • Cranky (rewel)

Tanda bayi mengalami wonder week lainnya adalah cranky atau lebih rewel dari biasanya.

Fase ini mungkin ditandai dengan tidurnya mudah terganggu, dia mungkin menjadi rewel atau terganggu selama menyusui, dan dia sepertinya tidak bisa memutuskan posisi mana yang paling nyaman, saat Moms mencoba menenangkannya.

Jika demikian, carilah penyebabnya, mungkin dengan memeriksa apakah ASI atau susu formula yang diberikan telah cukup. Cari tahu juga apakah ada sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman.

Segera perbaiki kesalahan yang bisa saja menyebabkan anak Moms rewel agar mereka kembali tenang.

Itulah penjelasan terkait wonder week pada bayi. Meski cukup membuat proses mengasuh menjadi lebih berat, tetapi Moms perlu menikmati prosesnya karena tumbuh kembang bayi terjadi sangat pesat.

Jika Moms merasa sangat kewalahan melewatinya, coba cari dukungan lain dari pasangan atau orang-orang terdekat.

  • https://www.healthyway.com/content/wonder-weeks-are-the-key-to-calming-your-fussy-baby/
  • https://newbaby101.com.au/clinging-crying-cranky-bub-wonder-week/
  • https://www.bellybelly.com.au/baby/understanding-wonder-weeks-clinginess-crankiness-crying/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait