04 Juni 2022

Wajib Tahu, Trend Influencer Marketing di tahun 2022!

Trend Influencer Marketing di tahun 2022 yang bisa diimplementasikan ke dalam brand Anda. Cari tahu di sini!
Wajib Tahu, Trend Influencer Marketing di tahun 2022!

Strategi marketing semakin beragam dikarenakan kemajuan teknologi. Semakin banyak platform, trend, dan teknik marketing baru yang terus bermunculan untuk menarik perhatian konsumen. Dalam Influencer Marketing ada beberapa strategi dan trend untuk memaksimalkan Influencer Marketing ini. Sebagai pemilik bisnis atau marketer, Anda harus sigap dan terus update mengenai trend yang sedang viral sebagai kesempatan untuk mempromosikan produk Anda.

Konten Influencer dalam Bentuk Video Akan Semakin Meningkat dan Populer

harry-cunningham-1-Osp6CvhXc-unsplash
Foto: harry-cunningham-1-Osp6CvhXc-unsplash

Seiring populernya channel TikTok dan Instagram Reels, influencer mulai berkreasi dengan membuat konten dalam bentuk video pendek. Banyak brand yang melakukan kerja sama dengan influencer dalam membuat konten video untuk meningkatkan brand awareness dan kepercayaan konsumen seperti melalui konten video unboxing dan review. Konten video pendek akan terus memiliki potensi yang besar, karena selain lebih menarik, juga dapat menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan singkat, audiens pun tidak perlu meluangkan waktu yang lama untuk menikmati konten.

User Generated Content (UGC)

sugc
Foto: sugc

User Generated Content adalah konten yang langsung berasal dari customer yang juga dapat dijadikan sebagai konten untuk akun media sosial brand, bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dari audiens. UGC juga bisa Anda jadikan sebagai konten iklan.

Baca Juga: Social Media Campaign, Strategi Cepat Tingkatkan Penjualan

Brand dan Influencer Saling Membangun Hubungan dalam Jangka Panjang

pexels-fauxels-3184291
Foto: pexels-fauxels-3184291

Baca Juga: Langkah Jitu Membuat Marketing Campaign pada Bisnis Anda

Menemukan influencer yang tepat untuk brand bukanlah hal mudah. Brand harus memilih influencer berdasarkan banyak kriteria seperti jenis konten, audiens, followers, engagement rate, value, dan kecocokan dengan brand. Oleh karena itu, akan sangat penting untuk tetap menjalin hubungan yang baik ketika brand menemukan influencer yang tepat dan cocok untuk bisa bekerja sama ke depannya dalam jangka panjang. Ketika influencer menyukai produk brand, influencer kemungkinan berpotensi menjadi customer atau akan merekomendasikan produk secara sukarela. Hubungan jangka panjang ini salah satu contohnya adalah menjadikan influencer sebagai Brand Ambassador.

Program Affiliate

8244
Foto: 8244

Program affiliate bersama influencer adalah salah satu strategi efektif untuk meningkatkan sales Anda. Secara tidak langsung, influencer akan terjun langsung untuk meningkatkan jumlah profit sebuah brand, melalui konten di mana influencer merekomendasikan suatu produk, lalu menuntun audiens untuk melakukan pembelian melalui link yang yang telah disediakan. Brand dapat melacak jumlah penjualan melalui link afiliasi, lalu memberikan bayaran kepada influencer sesuai dengan jumlah produk yang terjual dari link afiliasi tersebut.

Live Streaming Shopping

young-asian-lady-fashion-designer-using-mobile-phone-receiving-purchase-order-show-clothes-live-streaming
Foto: young-asian-lady-fashion-designer-using-mobile-phone-receiving-purchase-order-show-clothes-live-streaming

Menggunakan media live streaming dan bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk adalah cara efektif untuk menunjukkan langsung kepada audiens kelebihan dan cara penggunaan produk. Live Streaming Shopping juga memungkinkan influencer dan audiens berinteraksi lebih dekat secara real time, audiens juga dapat bertanya tentang apapun terkait dengan produk, dan menimbulkan rasa urgensi untuk langsung membeli. Cara ini benar-benar efektif untuk meningkatkan penjualan secara cepat.

Mikro dan Nano Influencer Memberikan Dampak yang Semakin Besar

pexels-ron-lach-8154655
Foto: pexels-ron-lach-8154655

Baca Juga: Kenali Kekurangan dan Kelebihan Nano dan Mega Influencer

Mulai banyak brand yang sadar bahwa memilih influencer dengan jumlah followers yang banyak bukanlah satu-satunya cara yang benar dan efektif. Dalam influencer marketing, konten dan engagement juga merupakan faktor penting. Mikro dan Nano influencer memang memiliki jumlah followers yang lebih sedikit, namun memiliki engagement rate yang tinggi, tarif yang lebih murah, dan audiens yang lebih spesifik. Mikro dan nano influencer juga lebih sering berinteraksi dengan followersnya, sehingga memudahkan untuk mendapatkan kepercayaan audiens.

Menggunakan mikro dan nano influencer akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap UMKM dengan tarif yang masih ramah di kantong. Menggunakan beberapa mikro dan nano influencer juga bisa memberikan efek yang hampir sama dengan menggunakan mega influencer.

Anda bisa mengimplementasikan trend - trend ini dengan IbuSibuk bersama 40.000 Momfluencer lainnya. Yuk, hubungi tim IbuSibuk untuk konsultasi strategi Influencer Marketing yang terbaik untuk brand Anda!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb